TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Strategi dan Upaya Mengembangkan Ekonomi Kreatif

Apa saja sih cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi?

Pexels/Pixabay

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional adalah dengan mengembangkan ekonomi kreatif.

Apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif?

Ekonomi kreatif adalah konsep berkembang yang dibangun di atas interaksi antara kreativitas manusia dengan ide-ide dan kekayaan intelektual, serta pengetahuan dan teknologi. Demikian definisi yang dilansir dari United Nations Conference on Trade and Development.

Sebagai seorang pelajar, anak perlu memahami tentang ekonomi kreatif dan juga strategi yang dilakukan dalam upaya mengembangkan ekonomi kreatif oleh pemerintah.

Berikut Popmama.com sediakan informasinya.

1. Melakukan kerja sama dengan lembaga keuangan

Pexels/Ivan Babydov

Guna mempercepat pertumbuhan industri kreatif, harus ada kemudahan akses dana pembangunan.

Selain itu industri kreatif memerlukan dana untuk melakukan pemasaran dan promosi, serta mengikuti pertumbuhan pasar domestik dan internasional.

Maka dari itu, perlu adanya kerja sama antara industri dengan lembaga keuangan seperti bank daerah, bank nasional, BUMN, dan juga koperasi.

2. Membuat roadmap industri kreatif

Pexels/Malte Luk

Sebelumnya, mari kita berkenalan dengan roadmapDalam dunia bisnis dan ekonomi, roadmap adalah dokumen berisi gambaran besar saat akan melaksanakan program kegiatan. Dokumen harus ditulis secara jelas dan rinci.

Tujuannya adalah sebagai kerangka kerja bagi seluruh tim untuk menciptakan rencana di masa depan.

Nah, untuk mengembangkan industri kreatif perlu adanya roadmap yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan juga kalangan swasta.

3. Membuat program yang komprehensif

Pexels/Eva Bronzini

Pemerintah harus melakukan pengarahan atau pengayaan terhadap para pelaku ekonomi kreatif.

Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat program pelatihan bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memberi pemahaman dan pendidikan tentang industri tersebut. Seperti misalnya, pengetahuan terkait pemasaran, pengembangan teknologi, manajemen finansial, dan lainnya.

4. Memberi perlindungan hukum bagi industri kreatif

Pexels/Nataliya Vaitkevich

Ketika menjalankan sebuah industri, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah dengan memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya-karya industri kreatif.

Sebagai contoh, karya yang dapat dilindungi oleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah buku, tulisan, koreografi tari, drama, karya seni rupa, lagu/musik, dan bangunan arsitektur.

Pemberian hak paten pun dapat dilakukan terhadap penemuan baru, merek suatu produk atau jasa, desain industri, dan rahasia perdagangan.

5. Mengembangkan database ekonomi kreatif

Pexels/Alesia Kozik

Untuk menyajikan semua informasi yang berkaitan dengan pelaku usaha ekonomi kreatif, perlu adanya pengembangan database dan portal Indonesia Kreatif. Database ini dapat diakses oleh pengguna.

Sistem informasi ini memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan serta ketepatan bagi pengguna saat mengakses informasi yang diinginkan terkait pelaku ekonomi kreatif.

6. Meningkatkan jangkauan pemasaran

Pexels/Pixabay

Selain itu, pemerintah dapat meningkatkan jangkauan dan efektivitas pemasaran. Hal ini perlu dilakukan sebab banyak potensi ekonomi kreatif yang berkualitas di dalam dan luar negeri.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Pemasaran melalui gerai atau outlet
  2. Pemasaran melalui distributor dan agen
  3. Pemasaran melalui promotor terkenal
  4. Promosi dan branding

Itu tadi 6 strategi dan upaya mengembangkan ekonomi kreatif. Semoga membantu menambah wawasan anak.

Baca juga:

The Latest