TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Anak Bisa Mengalami Overdosis Vitamin C?

Kelebihan vitamin C dapat menimbulkan gejala penyakit yang perlu mama ketahui

Freepik/Yaoinlove

Untuk menunjang tumbuh-kembangnya, anak memerlukan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Dari makanan, anak bisa mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C.

Vitamin C terkenal karena perannya dalam hal memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Hal ini dikarenakan vitamin C mengandung antioksidan yang cukup tinggi. 

Meskipun penting, tetapi jangan sampai konsumsi vitamin C berlebihan ya, Ma. Konsumsi vitamin C berlebihan atau overdosis bisa berdampak terhadap kesehatan an. 

Berikut ini Popmama.com merangkum informasi apa akibatnya apabila anak overdosis vitamin C, dilansir dari Livestrong:
 

1. Berapakah dosis vitamin C yang dibutuhkan anak?

Freepik/pch.vector

Untuk anak usia 1-3 tahun membutuhkan vitamin C sebanyak 15 mg per hari. Sementara anak usia 4-8 tahun memerlukan vitamin C sebanyak 25 mg per hari. Anak-anak usia menjelang remaja, yaitu 9-13 tahun, membutuhkan 45 mg per hari.

Kebutuhan vitamin C ini bisa dipenuhi dari berbagai makanan, misalnya buah-buahan, seperti jeruk, brokoli, strawberry, atau pun tomat.

2. Seberapa banyak dosis maksimal vitamin C yang dapat ditoleransi anak?

Freepik

Kecuali dianjurkan dokter untuk konsumsi tambahan suplemen vitamin C, anak yang sehat tidak boleh melebihi dosis maksimal yang dapat ditoleransi usianya. 

Dosis maksimal untuk anak usia 1-3 tahun adalah 400 mg per hari. Sementara anak usia 4-8 tahun adalah 650 mg per hari, dan anak usia 9-13 tahun adalah 1.200 mg per hari. 

3. Mungkinkah anak mengalami overdosis vitamin C?

Freepik/Beavera

Meskipun kecil kemungkinannya, seorang anak bisa mengalami overdosis vitamin C jika ia mengonsumsi vitamin C dalam jumlah 'megadosis'. Dianggap 'megadosis' jika konsumsi suplemen vitamin C anak melebihi batas maksimal yang dapat ditoleransi anak.

Overdosis vitamin C dapat menyebabkan gejala penyakit meskipun tidak beracun dan tidak memerlukan perawatan darurat. Dalam kebanyakan kasus, mama tak perlu khawatir anak mengalami kelebihan dosis vitamin C karena tubuh tidak menyimpan kelebihan vitamin tersebut. Kelebihan dosis vitamin C akan dikeluarkan melalui air seni.

4. Komplikasi yang terjadi akibat overdosis vitamin C

Freepik/9nong

Overdosis vitamin C dapat menyebabkan komplikasi pada anak. Sebagian besar kasus membuat anak merasa tidak nyaman, akan tetapi kondisi ini tidak akan membahayakan anak secara serius.

Efek samping yang mungkin timbul antara lain:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Mulas
  • Kram perut
  • Sakit kepala
  • Insomnia

Overdosis vitamin C juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal pada anak.

5. Akibat jika kekurangan vitamin C

Freepik/prostooleh

Kelebihan tidak baik, begitu pula jika anak mengalami kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C menyebabkan anak:

  • Mudah memar
  • Kulit dan rambut kering
  • Mimisan dan perdarahan
  • Gusi meradang
  • Sistem kekebalan tubuh yang melembah
  • Penyembuhan luka yang lambat.

Oleh karena itu, penting memastikan anak mendapatkan asupan vitamin C yang sesuai dengan usianya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan tambahan vitamin C berupa suplemen ya, Ma.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

The Latest