TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ciri-Ciri Anak Tidak Cocok Susu Formula

Dari gatal sampai muntah, inilah ciri-ciri anak tidak cocok susu formula yang perlu diketahui

Unsplash/Rainier Ridao

Susu formula diberikan pada anak sebagai penunjang gizi anak. Namun, dalam perjalanannya, mencari susu formula yang cocok untuk anak memang tidak mudah.

Orangtua harus  jeli melihat seperti apa ciri-ciri anak tidak cocok susu formula dan perlu segera mencari susu formula penggantinya. 

Berikut ini Popmama.com merangkum ciri-ciri anak tidak cocok susu formula, dilansir dari Baby Center:

1. Muntah

Freepik/wirestock

Berbeda dengan gumoh, muntah disebabkan karena perut anak yang tidak kuat terhadap susu formula yang diberikan. Muntah akut frekuensinya sering dan berlangsung selama lebih dari beberapa hari setelah susu formula yang baru diberikan. 

2. Rewel

Freepik/Cookie_studio

Setelah minum susu formula apakah si Kecil rewel? Jika ya, mama perlu waspada karena bisa jadi si Kecil mengalami intoleransi susu formula yang menyebabkan ketidaknyamanan pada perutnya.

3. Kenaikan berat badan lambat

Freepik.com

Apabila dalam jangka waktu tertentu setelah minum susu formula kenaikan berat badan si Kecil lambat atau tidak ada kenaikan berat badan sama sekali, kemungkinan susu formula yang dikonsumsi anak tidak cocok. Segera konsultasikan dengan dokter anak apabila si Kecil tidak mengalami penambahan berat badan ya, Ma.

4. Mengalami alergi

Freepik/Reanas

Adalah hal yang cukup umum jika bayi dan balita mengalami gatal-gatal dan kulit kering. Namun, apabila si Kecil menampakkan gejala alergi pada saat pertama kali mengonsumsi susu formula, sebaiknya segera hentikan pemberiannya ya, Ma. Gejala alergi susu yang biasanya dijumpai adalah ruam kulit dan eksim.

5. Sembelit

freepik.com/napatcha

Ciri-ciri anak tidak cocok susu formula yang seringkali terjadi adalah anak mengalami sembelit yang cukup parah. Ketidakcocokan ini terlihat dari tinja yang keras sehingga anak harus mengejan dengan sekuat tenaga, serta kram perut.

6. Diare

Freepik/Kwanchaiudom

Saat pertama kali minum susu formula dan anak mengalami diare, bisa jadi susu formula bukanlah satu-satunya penyebab. Namun apabila setelah beberapa kali minum susu formula dan anak selalu diare, kemungkinan anak tidak cocok susu formula.

7. Feses bercampur darah dan lendir

Freepik/Ruslan_ivantsov

Alergi susu formula tidak dapat disepelekan begitu saja apabila feses anak bercampur dengan darah dan lendir setelah mengkonsumsinya. Ini bisa disebabkan karena alergi terhadap susu sapi yang terkandung di dalam susu formula. Kondisi ini perlu segera ditangani.

8. Perut kembung

Freepik/Tisiple

Perut kembung bukanlah suatu indikasi penyakit yang serius. Namun hal ini bisa membuat anak tidak nyaman, bahkan menyakitkan. 

Perut kembung saat minum susu formula bisa disebabkan karena berbagai faktor. Misalnya karena terlalu banyak udara yang masuk ke dalam perut saat anak minum susu dari botol atau pun sensitif terhadap bahan yang terkandung dalam susu formula.

Itulah ciri-ciri anak tidak cocok susu formula yang penting diketahui orangtua. Apabila anak mama mengalami salah satu atau lebih ciri-ciri di atas, segera konsultasikan dengan dokter anak agar dokter anak dapat memberikan saran alternatif susu formula yang sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

The Latest