TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips agar Si Kecil Berhenti Menelan Pasta Gigi

Si Kecil sering menelan pasta gigi ketika sedang gosok gigi? Coba tips ini supaya tidak terjadi lagi

mamanatural.com

Sering kali, anak-anak yang baru belajar menggosok gigi sendiri suka menjilat atau menelan pasta gigi yang digunakannya. Bahkan kadang anak yang sudah lebih besar juga masih suka seperti itu. Biasanya karena rasa pasta gigi memiliki rasa buah-buahan yang manis.

Memang pasta gigi anak-anak dibuat dengan memiliki beragam rasa, ada rasa jeruk, anggur, pisang, stoberi, dan lain-lain. Hal itu, supaya anak-anak tertarik dan mau untuk menggosok gigi. Tapi pada kenyataannya, mereka suka makanan manis sehingga ditelannya.

Bahan-bahan kimia dalam pasta gigi meskipun dikatakan aman, namun jika ditelan terus-menerus akan ada efek samping yang bisa dialami si Kecil, seperti diare, muntah, lemas dan lain-lain. Mama tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Berikut ini Popmama.com berikan tips agar si Kecil berhenti menelan pasta gigi.

1. Ganti pasta gigi rasa dengan yang tidak ada rasa

biome.com.au

Jika Mama memakai pasta gigi dengan rasa buah yang cukup manis untuk si Kecil, coba ganti dengan yang tidak memiliki rasa enak atau tanpa rasa sama sekali. Sering kali si Kecil suka menjilat atau menelan pasta gigi karena rasanya. Sebisa mungkin hindari pemicunya.

Beberapa pasta gigi yang ramah anak-anak, seperti yang alami dan organik atau memiliki rasa mint dan rasa lain yang mungkin tidak cukup enak untuk ditelan. Dengan demikian, si Kecil berhenti menelan pasta gigi secara perlahan.

2. Letakkan pasta gigi di tempat yang tidak bisa dijangkau anak

yaoota.com

Di mana Mama menyimpan pasta gigi? Apabila masih menaruhnya di tempat yang rendah dan bisa dijangkau si Kecil, segera pindahkan ke tempat lebih tinggi.

Dengan cara ini, si Kecil tidak bisa mengambil pasta gigi dan mengeluarkannya sendiri dalam jumlah besar seolah itu benar-benar kudapan manis. Perlahan-lahan bisa membantu si Kecil berhenti menelan pasta gigi.

3. Bantu terapkan pasta gigi pada sikat gigi anak

Freepik

Untuk membantu si Kecil berhenti menelan pasta gigi atau setidaknya perlahan berkurang, Mama bisa terapkan pasta gigi pada sikat gigi si Kecil sehingga sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Pasta gigi yang diterapkan hanya sedikit atau seukuran kacang polong. Setidaknya jika masih ditelan, membuat jumlahnya berkurang daripada si Kecil yang menerapkan pasta gigi sendiri.

4. Menggosok gigi bersama agar si Kecil meniru

ladydentistanchorage.com

Anak-anak, pada dasarnya meniru kebiasaan orang dewasa. Mama bisa menggosok gigi bersama si Kecil. Beri contoh bagaimana cara menggosok gigi yang baik lalu berkumur dan muntahkan sisa-sisa pasta gigi di mulut. Pantau apakah si Kecil mengikuti Mama.

Bisa juga dengan menjadikannya permainan mengeluarkan pasta gigi, siapa yang paling banyak keluar hingga tak tersisa, itu yang menang. Jika konsisten mengikuti cara Mama, besar kemungkinan si Kecil berhenti menelan pasta gigi.

5. Menggosok gigi sambil menonton video lagu gosok gigi

bostonglobe.com

Buat waktu menggosok gigi si Kecil jadi menyenangkan, salah satunya dengan menonton video lagu gosok gigi. Ada anak yang baru tergerak ketika melihat yang ia sukai. Lagu-lagu gosok gigi untuk anak-anak cukup membantu mereka gosok gigi dengan baik.

Tidak ada menelan pasta gigi di video lagu gosok gigi sehingga anak tidak akan mengikutinya. Si Kecil pun akan terbiasa gosok gigi dengan cara yang sesuai dan berhenti menelan pasta gigi.

Itulah cara agar anak berhenti menelan pasta gisi saat mandi dan menjelang tidur yang bisa Mama coba. Semoga si Kecil bisa segera berhenti dari kebiasaan ini ya, Ma.

Baca juga:

The Latest