TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Diidap oleh Tjahjo Kumolo, Kenali 5 Gejala Infeksi Paru-Paru

Diidap oleh Tjahjo Kumolo, ini lima gejala infeksi paru-paru yang dialami individu

tjahjokumolo.id

Kabar duka datang dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Dikabarkan mennggal dunia di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat, pada Jumat, (1/7/2022) pukul 11 pagi.

Ia menghembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan infeksi paru-paru. Terkait kabar tersebut, ada lima gejala infeksi paru-paru yang perlu dipahami. Apa saja?

Simak selengkapnya yangPopmama.com rangkum dari Idntimes.

1. Penyebab infeksi paru-paru

unsplash.com/@cdc

Dilansir dari Healthline, ada tiga jenis paru-paru yang sering terjadi. Mulai dari pneumonia (radang paru-paru), bronkitis (radang cabang tenggorok), dan bronkiolitis (radang bronkiolitis).

Tiga jenis paru-paru ini bisa terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Penyebab bronkitis yang paling umum adalah:

  • Virus: influenza atau respiratory syncytial virus (RSV).
  • Bakteri: M. Pneumoniae, C. pneumoniae, dan B. pertussis. 

2. Batuk dengan dahak kental

unsplash.com/towfiqu999999

Pada umumnya batuk merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk membuang dahak yang tercipta dari inflamasi pada saluran pernapasan dan paru-paru. Namun, dalam kasus yang parah, dahak bisa bercampur dengan darah.

Meski gejala lain sudah membaik, biasanya batuk terus-menerus selama beberapa minggu. Pada kasus pasien bronkitis dan pneumonia, biasanya batuk disertai dengan dahak kental. Warnanya bisa bening, putih, hijau, dan kuning keabu-abuan.

3. Nyeri dada

Pexels/cottonbro

Pasien dengan infeksi paru-paru juga bisa mengalami gejala nyeri dada. Nyeri dada ini sering digambarkan tajam atau seperti ditusuk-tusuk. Biasanya ini dirasakan saat batuk atau menarik napas panjang.

Selain itu, nyeri dada ini juga bisa menyebar ke punggung, tepatnya punggung bagian tengah hingga atas.

4. Demam

unsplash.com/weenail

Demam adalah gejala yang umum ketika pasien mulai mengalami sakit. Sebab demam merupakan bentuk perlawanan tubuh terhadap infeksi.

Akan tetapi, saat mengalami infeksi paru-paru seseorang bisa mengalam demam hingga suhu di atas 40 derajat Celcius.

Selain itu, demam tinggi juga disertai dengan beberapa gejala. Mulai dari berkeringat deras, panas dingin, nyeri otot, dehidrasi, sakit kepala, dan lunglai.

5. Nyeri di sekujur tubuh

istockphoto.com

Tidak hanya Covid-19 yang menyebabkan nyeri di sekujur tubuh, individu dengan infeksi paru-paru juga bisa merasakan hal yang sama. Gejala ini dikenal sebagai myalgia.

Menurut UCLA Health, nyeri ini sebenarnya tanda bahwa tubuh sedang memerangi penyakit. Pasien dengan infeksi paru-paru juga bisa berpotensi mengalami peradangan pada otot hingga sekujur tubuh merasa nyeri.

6. Sesak napas

istockphoto.com/Voronaman

Karena paru-paru mengalami infeksi, tidak aneh jika napas juga bisa mengganggu. Pasien dengan infeksi paru-paru umumnya mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas.

Jika gejala ini muncul, sebaiknya jangan panik dan segera mencari pertolongan ke medis terdekat.

Berikut lima gejala infeksi paru-paru yang dialami oleh Tjahjo Kumolo. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, dan jagalah selalu kesehatan keluarga kamu.

Baca juga:

Supaya keluarga sehat, beli produknya di sini

The Latest