TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mandi Air Hujan Baik untuk Kesehatan atau Tidak? Ini Kata Ahli

Mandi air hujan baik untuk kesehatan atau tidak ya?

unsplash.com/@synkevych

Banyak yang bilang tidak baik bila mandi hujan-hujanan, sebab itu akan beresiko bagi kesehatan, salah satunya demam. Tapi, meski hujan-hujanan sering dilakukan oleh anak kecil, ternyata hujan tidak selalu berdampak buruk.

Memang, mandi air hujan bisa bikin jatuh sakit. Tetapi, mandi air hujan baik atau tidak ya buat kesehatan?

Lebih lanjut, ini telah diungkap oleh Dokter Kulit dan Ahli Bedah Transplatasi Rambut SkinQure Clinic, Dr. BL Jangid. Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Secara psikologis, mandi hujan bisa membuat suasana hati nyaman

unsplash.com/@geetanjalkhanna

Dr. Jangid mengatakan, mandi hujan di luar rumah dapat memberikan rasa nyaman. Hal itu diungkap dari sisi psikologis.

Meski demikian, bagi orang yang tinggal di daerah yang rentan akan polusi udara dan zat kimia beracun, air hujan juga bisa menimbulkan resiko.

“Oleh karena itu, sebagian besar air hujan yang didapat bersifat asam, kotor, dan terkontaminasi,” ungkapnya.

2. Tapi kalau sudah mandi air hujan, ini yang harus dilakukan

istockphoto.com/diamonddogs

Memang air hujan yang terkontaminasi bisa menyebabkan risiko bagi kesehatan. Hanya saja, Dr. Jangid mengatakan perlu lakukan tindakan bila sudah mandi hujan-hujanan. 

“Jika kamu berencana ingin mandi hujan atau menikmati mandi di tengah hujan, ingatlah untuk mandi air hangat setelah tiba di rumah,” ungkap Dr. Jangid.

Selain itu, gunakan pembersih wajah untuk menghilangkan permukaan kulit setelah mandi hujan-hujanan. Dan jangan lupa oleskan kondisioner setelah keramas untuk menjaga kelembapan rambut agar lebih halus, kenyal, dan berkilau.

Pastikan juga kamu sudah mengeringkan tubuh sebelum mengenakan pakaian agar terhindar dari infeksi.

3. Dampak buruk mandi hujan bisa menginfeksi kulit

pexels.com/@anntarazevich

Dr. Jangid mengatakan, jika seorang punya kulit yang sensitif saat mandi hujan, perlu ambil tindakan ekstra agar tidak merusak kulit.

“Banyak yang percaya bahwa mandi hujan dapat membantu mengatasi ketombe, biang keringat, dan juga jerawat di tubuh. Faktanya, jumlah polutan tinggi dalam air memungkinkan timbul jerawat lebih parah, infeksi kulit, dan erupsi kulit,” terangnya.

4. Dampak mandi hujan juga bisa merusak rambut

pexels.com/@chetanvlad

Lebih lanjut, mandi hujan-hujanan juga tidak selalu menyehatkan rambut. Tetapi, tingkat pH yang tinggi dalam air dapat menyebabkan membengkak dan merusak kutikula, serta menyebabkan rambut kering dan kasar.

Selain itu, mandi hujan juga rentan adanya kutu yang menyebar cepat selama musim hujan. Hal itu dikarenakan adanya kelembapan yang meningkat.

5. Meski berdampak buruk, mandi hujan bisa melatih fisik dan motorik

pexels.com/@johndetochka

Meski berdampak buruk bagi kulit dan rambut, mandi hujan juga punya sisi positifnya. Salah satunya yakni melatih fisik dan juga motorik. Daya gerak dari aktivitas ini akan menstimulasi kemampuan fisik motoriknya agar berkembang optimal.

Dengan begitu, mandi hujan dapat melatih kecerdasan serta meningkatkan logika berpikir bagi seseorang.

Demikianlah dampak kesehatan dari aktivitas mandi hujan-hujanan. Bagaimana menurutmu, mandi air hujan sehat atau justru sebaliknya?

Baca juga:

The Latest