Benarkah Susu Bear Brand Bisa Cegah Covid-19? Ini Kata Dokter

Ketahui nilai gizi dari susu steril Bear Brand yuk, Ma

Netle.co.id

Semakin banyaknya peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia membuat panic buying kembali dialami oleh sejumlah masyarakat. Mulai dari membeli obat-obatan, vitamin, hingga susu.

Seperti video viral yang ramai dibagikan di media sosial, video tersebut memperlihatkan sejumlah orang tengah berlari dan berebut membeli satu krat susu merek Bear Brand ke dalam keranjang belanjaan mereka.

Dalam video tersebut, masyarakat diduga melakukan panic buying setelah kebijakan PPKM Darurat diberlakukan oleh pemerintah. Selain itu, susu Bear Brand atau sering disebut susu beruang juga dianggap dapat menjaga kesehatan sebagai pencegahan virus Covid-19.

Gizipedia Indonesia sebagai platfom base Nutrisionis dan Dietisein yang dikelola olah para ahli baru-baru ini membagikan penjelasan terkait kandungan pada susu beruang yang ramai disebut sebagai susu pencegah Covid-19.

Dilansir dari akun Instagram @gizipedia.id, berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya.

1. Benarkah bisa mencegah Covid-19?

Pixabay/Couleur

Melalui penjelasannya, gizipedia menjelaskan bahwa nilai gizi pada susu beruang sama seperti susu sapi pada umumnya. Di mana mengandung lemak (jenuh dan kolesterol), protein, karbohidrat, serta natrium.

Sehingga disebutkan bahwa dilihat dari nilai gizi, tidak ada hal yang membuat susu beruang ini lebih unggul dari susu sapi lain pada umumnya.

Lantas, mengapa susu beruang disebut sebagai susu yang bisa membantu menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19?

Pertama, susu beruang dikemas dalam bentuk botol kaleng yang lebih 'eksklusif' dan berbeda dari kemasan susu sapi lainnya yang terbuat dari karton. Kemudian, susu beruang melewati proses sterilisasi yang dihubungkan dengan penanganan Covid-19.

2. Susu steril dan Covid-19

Freepik/yanalya

Sebagai susu steril, susu beruang melewati pemanasan yang jauh lebih lama dibanding jenis susu UHT atau susu pasteurisasi lainnya.

Dalam penjelasan yang dibagikan gizipedia, disebutkan bahwa susu sapi pada umumnya mengandung growth factors, imunoglobulin (Igs), laktoperoksidase, lisozim, laktoferin, sitokin, vitamin, peptida, dan oligosakarida yang semua itu memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Apakah Igs pada susu steril paling baik untuk membentuk imun tubuh? Gizipedia menegaskan bahwa tidak demikian. Sebab imunoglobulin terbaik terdapat pada kolostrum (200g/L) atau pada ASI. Di mana ASI lebih dapat meningkatkan imun, bahkan antibodi spesifik SARS-CoV-2 juga sudah ditemukan pada ASI.

Jadi, disimpulkan oleh gizipedia bahwa manfaat susu beruang maupun susu sapi lainnya bagi kesehatan sudah terbukti sejak dahulu kala.

Tak hanya itu, gizipedia juga memaparkan penelitian Bovine Coronavirus Immune Milk (BIM) terkait efektifitas susu dalam melawan Covid-19 masih dibutuhkan penelitian yang sangat panjang. Sehingga tidak bisa disebutkan bahwa susu jenis tertentu dapat dijadikan pencegahan virus Covid-19. 

3. Tanggapan dokter terkait susu Bear Brand

Freepik/jcomp

Tak hanya para ahli gizi yang tergabung dalam gizipedia saja yang menyuarakan viralnya susu beruang diburu masyarakat, dr. Diana Suganda, SpGK, selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik pada Instagram pribadinya juga menyuarakan hal serupa.

Dalam unggahan singkat yang dibagikannya melalui Instagram Story, dr. Diana memaparkan jumlah kalori pada susu steril Bear Brand dan susu sapi UHT lainnya, yang mana kandungan kalori dalam kedua jenis susu sapi tersebut tidaklah berbeda jauh.

"Ingat, susu memang sebagai salah satu sumber bahan makanan. Tapi pastikan makanan utama kamu dulu, sudah lengkap belum sesuai prinsip gizi seimbang, sudah sesuai belum komposisinya? Nggak ada satu bahan makanan atau minuman yang bisa menyembuhkan ya. Pliiiiissss be smart gaes!" tulis dr. Diana menjelaskan.

4. Rekomendasi susu sapi steril lainnya

Tokopedia.com

Susu Bear Brand saat ini memang mengalami kelangkaan akibat panic buying yang dilakukan sejumlah masyarakat.

Namun, penjelasan di atas sudah membuktikan bahwa semua susu sapi sama bermanfaatnya untuk kesehatan tubuh, Ma.

Nah, jika Mama dan keluarga tengah mencari susu sapi steril lainnya selain Bear Brand, berikut alternatif pilihan yang bisa Mama pilih. Di antaranya:

  1. Susu steril Tujuh Kurma. Sama seperti susu steril Bear Brand, susu Tujuh Kurma juga menjadi susu sapi yang telah melewati sterilisasi dan dikemas dalam bentuk kaleng. Tak hanya itu, adanya tambahan buah kurma pilihan pada susu ini juga menjadi daya tarik tersendiri sebagai susu yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari dan menjaga kesehatan.
  2. Susu steril Indomilk. Susu segar dengan pilihan rasa ini menjadi susu yang cocok diberikan untuk kalangan anak dan remaja. Tak hanya rasanya yang lezat dan menyegarkan, susu steril Indomilk yang dikemas dalam bentuk botol ini diperkaya dengan kandungan vitamin D, E, A, B2 dan B6, serta sumber fosfor dan kalsium yang cocok untuk memenuhu nutrisi anak mama di rumah.
  3. Susu steril Asia Panda. Susu sapi steril lainnya yang bisa jadi pilihan adalah Asia Panda. Susu ini juga menjadi susu steril yang terbuat dari susu sapi segar tanpa bahan pengawet dan bahan pewarna sintetik lainnya. Kandungan kolin, potassium, kalsium, magnesium, phosporus, dan selenium pada susu Asia Panda juga mampu memenuhi nutrisi harian dalam menjaga kesehatan tubuh keluarga di rumah.

Itulah beberapa susu sapi steril selain Bear Brand yang bisa dijadikan pilihan untuk Mama dan keluarga di rumah. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bersama bahwa manfaat susu sapi umumnya sama, Ma. Bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian dan menjaga kesehatan tubuh.

Sementara untuk efektifitas susu Bear Brand sebagai pencegahan Covid-19, hingga saat ini masih diperlukan adanya penelitian panjang untuk membuktikannya. Produsennya sendiri pun bahkan tidak pernah memberikan klaim tersebut.

Jadi, tetap tenang dan tidak perlu panic buying ya, Ma. Stay safe and healthy!

Baca juga:

The Latest