7 Jenis Karpet Bulu untuk Buat Rumah Lebih Nyaman

Masing-masing jenis karpet bulu memiliki karakteristik dan perawatan yang berbeda

myhouseofcarpets.com

Lantai adalah komponen yang pasti ada di setiap rumah. Umumnya, orang-orang menutupi lantai mereka dengan keramik yang cenderung mudah didapatkan, dipasang, dan dibersihkan.

Namun selain dengan keramik, Mama bisa melapisi lantai rumah Mama dengan karpet lho! Salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah karpet bulu. Material ini memiliki permukaan yang halus dan empuk, menjadikannya nyaman untuk dipijak ataupun sebagai alas duduk.

Karpet bulu sendiri memiliki banyak jenis. Setiap jenisnya memiliki karakteristik dan perawatan yang berbeda-beda. Yuk, kenali jenis-jenisnya agar Mama dapat memilih karpet bulu yang tepat untuk rumah Mama!

1. Karpet wol sebagai karpet bulu favorit

amazon.com

Jika bicara karpet bulu yang menjadi favorit banyak orang, karpet wol adalah jawabannya. Karpet ini memiliki tekstur yang tebal, empuk, dan hangat. Oleh karena itu, karpet ini sangat cocok digunakan di kamar tidur ataupun ruang keluarga.

Jika Mama memiliki anak balita, ia pasti akan semakin nyaman bermain di atas karpet ini. Karpet wol juga memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah kotor lho, Ma.

Ia tidak perlu dibersihkan setiap hari. Cukup menggunakan jasa cuci dry cleaning setiap enam bulan sekali.

2. Karpet sutra untuk tampilan rumah yang lebih eksklusif

pepperfry.com

Jika Mama memiliki budget lebih dan menomorsatukan keindahan, karpet sutra adalah karpet yang cocok bagi Mama. Pembuatan karpet ini membutuhkan waktu yang lama dan proses yang sulit. Memilikinya di rumah pasti akan membuat rumah Mama lebih indah dan eksklusif.

Namun, kelebihan karpet sutra tidak terletak di penampilannya saja. Karpet ini juga sangat nyaman digunakan karena memiliki tekstur yang lembut dan sejuk. Ia juga dapat meredam suara dan menyerap sinar ultraviolet yang masuk ke rumah.

Jika Mama ingin membeli karpet ini, pertimbangkan perawatannya juga ya, Ma. Pasalnya, karpet ini tidak boleh dicuci sembarangan agar lebih tahan lama.

3. Karpet bulu viscose memiliki kualitas sutra namun dengan harga terjangkau

plushrugs.com

Karpet viscose adalah karpet sintesis yang memiliki tampilan dan tekstur yang menyerupai sutra. Oleh karenanya, karpet ini akan membuat rumah Mama nyaman sekaligus terlihat cantik!

Karpet ini pun sangat cocok bagi Mama yang memiliki budget terbatas. Harganya tidak semahal sutra namun tetap memiliki kualitas yang dibutuhkan.

4. Karpet polypropylene yang mudah dibersihkan

alicdn.com

Karpet polypropylene adalah karpet bulu sintesis yang memiliki harga terjangkau. Karpet ini sangat cocok bagi Mama yang memiliki anak balita di rumah.

Pasalnya, ia mudah dibersihkan dan cepat kering ketika terkena air. Jadi, Mama tidak perlu khawatir jika anak menumpahkan noda.

Namun, ia juga memiliki kelemahan. Warna karpet ini mudah luntur seiring berjalannya waktu. Benang yang terdapat pada karpet juga mudah lepas dan membuatnya kurang indah dipandang.

5. Karpet nilon yang sangat kuat

euronics.co.in

Karpet nilon termasuk karpet sintesis dengan daya tahan yang sangat kuat. Serat karpet ini tidak mudah lepas, warnanya pun cukup awet meski sudah digunakan beberapa tahun.

Dengan daya tahan tersebut, karpet ini dapat digunakan untuk berbagai ruangan. Ia juga mudah dibersihkan sehingga Mama tidak perlu khawatir jika menggunakannya di dapur.

Karpet ini juga memiliki harga yang terjangkau lho, Ma!

6. Karpet loop pile untuk lorong rumah

wixstatic.com

Karpet loop pile terbuat dari gabungan wol, nilon, dan polypropylene, menjadikannya nyaman serta tahan lama. Ia cocok digunakan di ruangan yang banyak dilalui orang karena tidak mudah rusak serta mampu menyamarkan bekas telapak kaki.

Namun jika Mama memelihara anjing atau kucing di rumah, jangan gunakan karpet ini ya, Ma. Kuku hewan peliharaan dapat tersangkut di karpet sehingga karpet cepat rusak.

7. Karpet saxony yang sangat lembut

carpetright.co.uk

Karpet saxony terbuat dari benang rajutan dengan tekstur berpilin yang terlihat indah dan elegan. Bulu-bulu panjang di karpet ini pun mudah diratakan kembali. Jadi Mama tidak perlu khawatir apabila banyak orang berlalu-lalang di atasnya.

Apalagi, karpet ini memiliki tekstur yang paling lembut diantara jenis karpet lainnya. Oleh karena itu, karpet ini sangat cocok ditempatkan di kamar tidur, ruang keluarga, ataupun ruang bermain anak.

Itulah tujuh jenis karpet bulu yang akan membuat rumah Mama lebih nyaman. Pilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan Mama ya.

Baca juga:

The Latest