5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Bahan kimia soda api bisa membantu menghancurkan penyebab WC mampet

Pixabay/IDanielWaleczek

WC mampet menjadi permasalahan rumah tangga yang kerap mengganggu. Pasalnya, masalah ini bisa membuat penghuni rumah tidak nyaman karena aroma busuk yang berasal dari WC mampet.

Ada beragam cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah WC mampet tanpa bantuan jasa sedot WC. Salah satu bahan yang bisa digunakan ialah soda api.

Soda api merupakan nama pasaran dari bahan kimia Sodium hidroksida atau Natrium hidroksida (NaOH). Soda api bereaksi dengan membentuk gelembung-gelembung yang bisa menghancurkan penyumbat organik.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara mengatasi WC mampet dengan soda api. Yuk Ma, disimak!

1. Perhatikan keselamatan diri

Pexels/Matilda Wormwood

Soda api merupakan bahan kimia yang bersifat reaktif. Oleh karena itu, penting untuk mengatur keselamatan diri saat menggunakan soda api sebagai bahan untuk mengatasi WC mampet.

Gunakan perlengkapan seperti sarung tangan karet, pelindung mata, dan masker. Selain itu, buka pintu dan/atau jendela kamar mandi agar aroma dari soda api tidak memenuhi keseluruhan ruang kamar mandi.

2. Pastikan air WC sudah surut

Unsplash/Giorgio Trovato

Langkah selanjutnya setelah keselamatan diri sudah terjaga ialah memastikan air di dalam WC dalam kondisi surut atau tidak terlalu penuh, apalagi meluap.

Apabila air di lubang WC masih penuh, tunggu beberapa saat hingga air surut dan kembali seperti seharusnya.

3. Tuang soda api ke lubang WC

Freepik/freepik

Saat air sudah surut, tuangkan soda api sebanyak setengah cangkir ke dalam lubang WC mampet dengan menggunakan penyendok berbahan plastik.

Tekstur soda api sendiri ialah padat dan mudah larut dalam air, sehingga ia tidak akan mengendap di dalam saluran pembuangan.

4. Biarkan selama beberapa saat

Unsplash/Giorgio Trovato

Setelah menuangkan soda api ke lubang WC, diamkan selama sekitar 10-15 menit. Perlu diingat juga untuk jangan menambahkan air selama itu agar soda api dapat bereaksi.

Dalam tahap ini akan terdengar suara desisan, kemudian diikuti panas dan gelembung-gelembung yang muncul sebagai reaksi soda api.

5. Siram dengan air yang cukup

housegrail.com

Periksa apakah saluran WC masih mampet dengan menuangkan atau menyiram air ke dalamnya. Jangan menggunakan air panas untuk ini. Gunakan air biasa yang ada di kamar mandi.

Apabila WC dirasa masih agak tersumbat, tuangkan kembali soda api dengan takaran yang lebih banyak daripada sebelumnya. Setelah itu, biarkan lebih lama sekitar 8 jam lebih.

Itulah beberapa cara mengatasi WC mampet dengan soda api. Mama bisa mendapatkan bahan soda api di toko bahan-bahan kimia atau toko bangunan, ya. 

Baca juga:

The Latest