TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mudah Menanam Sayur Kailan di Rumah

Selain tinggi nutrisi, cara menanam sayur kailan juga mudah lho, Ma

mnn.com/Kailan

Kailan adalah jenis sayuran penuh nutrisi yang bisa dimasak dengan cara ditumis dan menghasilkan makanan yang enak.

Sayuran dengan nama latin rasisica oleracea ini kaya akan kandungan vitamin, kalsium, luthein, serat, mineral dan protein serta nutrisi lainnya. Warna hijau sayuran ini mengandung vitamin A, C, E dan K yang sangat tinggi daripada jenis sayuran lainnya.

Kailan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan lho, Ma. Mulai dari mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh hingga sebagai antioksidan yang berperan sebagai mencegah pembentukan sel kanker.

Untuk mendukung agar keluarga tetap sehat dan ternutrisi sayuran hijau maka kailan ini bisa jadi bahan utama menu masakan di rumah.

Tentunya Mama akan lebih mudah mengolah berbagai jenis masakan sayur kailan jika memiliki tanaman hijau ini sendiri. Selain praktis, Mama juga bisa membuat makanan dari sayur kailan kapan saja hanya tinggal memanennya.

Berikut Popmama.com merangkum cara mudah menanam sayur kailan di rumah secara lebih detail. 

1. Bagaimana kailan bisa tumbuh subur di rumah?

Pexels/Lisa Fotios Cara Kailan tumbuh subur ketika ditanam di rumah

Kailan adalah jenis sayur yang bisa tumbuh di semua jenis tanah, baik jenis tanah biasa, tanah liat hingga tanah gambut. Selain itu, tanaman hijau ini bisa ditanam di pekarangan rumah ataupun di dalam pot.

Namun, kailan akan bertumbuh sangat baik jika ditanam pada tanah dengan kandungan pH 6-6.5 dan memiliki temperatur 15-20 derajat celcius.

2. Lakukan penyemaian biji kailan

Pexels/Markus Spiske

Sebelum Mama menanam kailan di pot atau pekarangan rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyemai benih atau biji kailan hingga tumbuh tunas.

Caranya yakni siapkan wadah penyemaian yakni bisa berupa nampan, tray, kaleng bekas dan sebagainya. Jangan lupa untuk bagian bawah tempat semainya diberi lubang untuk sirkulasi air ya, Ma. Sehari sebelum disemai, isi wadah dengan media semai sebanyak 3/4 dengan komposisi tanah, pasir/sekam dan kompos yakni 1:1: 1.

Jika media semai berupa tanah pekarangan atau nampan maka beri jarak 5 cm untuk setiap bibit. Namun, jika media semainya adalah kaleng atau tempat kecil maka taburkan biji kailan yang diberi jarak sama dan merata. Bibit yang sudah berumur 7-8 hari dapat dipindahkan ke polybag. Setelah bibit mencapai umur 12 hari, maka bibit siap dipindahkan ke lahan tanam yang lebih luas.

Oh ya Ma, jangan lupa letakkan media semainya ini di bawah matahari langsung. Pastikan juga medianya tidak terlalu kering ataupun terlalu basah ya.

3. Siapkan media tanam

Pexels/Kenneth Carpina

Untuk menanam sayur kailan tidak perlu pekarangan luas lho, Ma. Bahkan pot atau polybag pun bisa menjadi tempat tanam untuk sayuran hijau ini. Tentunya, Mama harus menyiapkan tanah yang subur dan gembur.

Tanah harus bersih dari batu, kerikil, gulma dan akar rumput terlebih dahulu. Campurkan tanah tersebut dengan pupuk dengan komposisi 1:1.

4. Cara menanam kailan di pot

Unsplash/Jed Owen

Selanjutnya yakni bagaimana cara menanam kailan di rumah. Ternyata untuk menanam kailan tidak perlu lahan luas lho, karena kailan ini bisa tumbuh di pot juga.

Ketika Mama sudah menyemai bibitnya maka selanjutnya yakni harus memindahkannya ke pot atau polybag.

Caranya isi opot atau polybag dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Lubangi sedikit, dan tanam tunas kailan hasil penyemaian di polybag. Sebaiknya Mama melakukan penanaman ini di sore hari ya.

5. Rawat hingga kailan bisa dipanen

theguardian.com

Langkah terakhir cara menanam kailan di rumah yakni jangan lupa untuk selalu merawatnya. Mama perlu menyirami kailan ini dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Ketika 2 minggu setelah penanaman, bisa ditambahkan pupuk ketika tanaman kailan tidak bertumbuh signifikan. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan rumput liar di sekitar Kailan agar tidak mencuri nutrisi dalam media tanam.

Sayur kailan ini bisa dipanen ketika umurnya 7-8 minggu dari waktu tanam. Untuk memanennya sendiri sangat mudah yakni hanya perlu mencabut tanaman sampai akarnya.

Oh ya Ma, kailan ini enak dikonsumsi dengan berbagai cara baik direbus atau diolah menjadi sop. Untuk Mama yang gemar menumis sayuran juga bisa menggunakan kailan ini sebagai bahan bakunya lho.

Itu dia cara menanam kailan dengan mudah di rumah. Dengan menanam kailan sendiri, Mama bisa mendapatkan sayuran segar dan sehat dengan mudah sekarang!

Baca juga:

Yuk cari inspirasinya di sini

The Latest