TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mau Pindahan? Ini 5 Tata Cara Pindah Rumah yang Baik menurut Islam

Lakukanlah kelima tata cara berikut agar rumahmu berkah!

Pexels/cottonbro

Seperti halnya tata cara pindah rumah dalam berbagai kepercayaan, Islam juga turut memiliki panduannya sendiri. Panduan ini tidak hanya hadir sebagai sebagai sebuah ritual semata, melainkan juga sebagai sebuah sikap tenggang rasa dengan sesama manusia.

Tujuannya tidak hanya agar rumah berkah dan tentram, tetapi juga agar kehidupan bertetangga terjalin rukun sebagaimana yang diajarkan dalam Islam.

Nah, untuk kamu yang ingin pindah rumah, berikut Popmama.com telah merangkum kelima tata cara pindah rumah yang baik menurut Islam. Jangan lupa untuk mempraktikannya, ya!

1. Mengadakan pengajian sebagai cara bersyukur pada Allah SWT 

Freepik

Pada dasarnya, rumah adalah sebuah anugerah dari Allah SWT, oleh karena itu kita wajib mensyukurinya.

“Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika  kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” 

(QS. Ibrahim: 7)

Sesuai dengan ayat di atas, rasa syukur menjadi hal paling utama yang perlu kita lakukan, apalagi ketika mendapatkan tambahan nikmat. Bentuk rasa syukur ketika menempati rumah baru bisa diwujudkan dengan bermacam cara.

Salah satu yang paling lazim yaitu dengan mengadakan acara syukuran sekaligus pengajian bersama tetangga sekitar.

2. Bersilaturahmi dengan tetangga sekitar

Freepik/Rawpixel-com

Selanjutnya, jangan lupa untuk bersilaturahmi dengan tetangga sekitar apabila kamu baru pindah rumah. Dalam Islam, peran tetangga disebut sebagai orang terdekat layaknya keluarga sendiri.

Merekalah orang yang bisa membantu kita paling pertama ketika kita mengalami musibah. Keutamaan bersilaturahmi dengan tetangga sekitar ini tertera dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abi Hurairah.

“Demi Allah Tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman. Ditanyakan kepada Rasul: Siapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda: Orang yang tetangganya tidak merasa aman karena gangguannya,” 

(HR. Ahmad, Al-Bukhari)

3. Membersihkan rumah ketika baru pindah

professionalhomesearch.com

Kebersihan adalah bagian yang sangat penting dalam Islam. Rumah yang bersih bisa menjadi berkah bagi penghuninya baik dalam keseharian maupun dalam urusan beribadah. Apalagi sebuah rumah baru, tentu harus dibersihkan terlebih dahulu agar nyaman ditempati.

“Agama Islam adalah agama yang bersih dan suci. Karena itu kamu harus menjaga kebersihan. Maka sesunggguhnya tidak akan masuk surga kecuali hanya orang orang yang suci,” 

(HR. Al-Baihaqi)

4. Tak memajang benda-benda yang bersifat syirik

Pixabay/pjes

Islam sangat mengharamkan segala bentuk perbuatan syirik dan menggolongkannya ke dalam sebuah dosa besar. Perbuatan syirik ini bisa berwujud berbagai hal baik yang kecil ataupun yang besar.

Di dalam kehidupan sehari-hari di rumah, perbuatan syirik juga bisa muncul dalam bentuk barang-barang pajangan rumah seperti patung atau gambar bernyawa. Keduanya adalah contoh barang yang dilarang disimpan di rumah karena mengandung unsur syirik.

Rasulullah bersabda:

“Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya ada patung,” 

(HR. Bukhari dan muslim)

5. Memperbanyak ibadah untuk menghiasi rumah baru

Freepik/free picture

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menerangkan dengan jelas pentingnya ibadah untuk menghiasi rumah. 

“Sinarilah rumahmu dengan memperbanyak shalat dan membaca Al Qur’an,” 

(HR. Al-Baihaqi)

Amalan ibadah tersebut bisa berupa salat dan juga memperbanyak bacaan Al-Qur'an. Jika ingin rumah baru diberkahi, maka pastikan setelah pindah rumah, kamu dan keluarga memperbanyak ibadah di rumah.

Nah, itulah kelima tata cara pindah rumah menurut Islam. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktikan, ya!

Baca juga:

The Latest