TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sinopsis Serial A+, Pertemanan Siswa Jenius Bongkar Kejahatan Sekolah

Ceritanya diangkat dari kisah pribadi sang pengarang yang resah soal tekanan pendidikan di Indonesia

Instagram.com/livyrenata

Serial A+ merupakan tayangan remaja yang diproduksi oleh Falcon Pictures dan disutradarai oleh Fajar Bustomi. Secara garis besar serial ini menceritakan tentang pertemanan siswa jenius yang berani melawan sistem sekolahnya yang rusak. 

Salah satu fakta menarik dari serial ini adalah diangkat dari novel laris karya Ananda Putri. Sang pembuat cerita juga menuliskannya berdasarkan kisah pribadi soal keresahan tekanan pendidikan di Indonesia.

Kali ini Popmama.com sudah merangkum dengan lengkap terkait fakta dan sinopsis serial A+ secara lebih detail. 

Disimak, yuk!

Sinopsis serial A+

Youtube.com/Prime Video Indonesia

Serial A+ menceritakan tentang kisah siswa dan siswi jenius dan berani yang bersekolah di Bina Indonesia. Re Dirgantara, Aurora Calista, Kenan Aditua, Adinda Aletheia, dan Kalypso Digantari menjadi siswa dan siswi yang bersaing merebutkan peringkat pertama di sekolah. 

Namun, pada akhirnya mereka mengesampingkan persaingan tersebut demi bahu membahu mengungkapkan kebenaran soal sekolah mereka yang bermasalah. Lima murid jenius tersebut mengungkapkan mengenai keringanan biaya SPP berdasarkan peringkat murid. 

Kebijakan tersebut memicu konflik di kalangan para murid dan akibatnya salah seorang murid bunuh diri. Tragedi tersebut membuat kelima siswa tersebut membuat perlawanan menghadapi para petinggi Bina Indonesia. 

Kira-kira bagaimana strategi mereka untuk menghadapi para petinggi sekolahnya tersebut?

1. Adaptasi dari novel laris karya Ananda Putri

Instagram.com/_anndptr

Serial A+ diadaptasi dari novel laris karya Ananda Putri. Awalnya ia menulis cerita tersebut melalui akun Wattpad @chocowister dengan judul yang sama. 

Ia mengungkap bahwa kisah ini diambil dari keresahan pribadinya sebagai seorang pelajar soal tekanan pendidikan di Indonesia. Sebagai siswi, ia pernah merasakan bagaimana harus mendapatkan validasi dari hal-hal akademis saat sekolah. 

Cerita ini ia tuangkan dengan tujuan agar orang-orang bisa aware dengan isu tersebut.

2. Serial pertama sutradara Fajar Bustomi

Instagram.com/fajarbustomi

Tayangan remaja ini menjadi serial pertama yang digarap oleh sutradara Fajar Bustomi, setelah sebelumnya sukses dengan film Dilan. Alasannya tertarik dengan kisah A+ karena merupakan kisah remaja yang tak biasa. 

Karakter yang ada pada serial tersebut memiliki kepintaran di atas rata-rata dan mereka dengan berani mengungkap keburukan sekolah yang menyiksa para muridnya. 

Serial ini menjadi tantangan tersendiri bagi Fajar karena ia membuat setiap episodenya sebagai cerita yang sulit tertebak. 

3. Pertemanan yang kompak antar murid demi melawan sistem pendidikan sekolahnya yang buruk

Youtube.com/Prime Video Indonesia

Lima siswa dan siswi jenius dalam serial A+ diperankan oleh sejumlah aktor muda, antara lain Antonio Blanco Jr, Aisha Nurra, Rey Bong, Ziva Magnolya, dan Livy Renata. 

Penonton akan melihat pertemanan mereka yang cukup berani dalam berjuang melawan sistem pendidikan di sekolahnya yang manipulatif dan rusak. 

Untuk sukses dalam mendapatkan chemistry sebagai teman, aktor dan aktris juga berusaha membangun keakraban selama proses syuting berlangsung, dengan cara sering melakukan keseruan bersama. 

4. Mengandung sejumlah pesan positif untuk anak muda

Instagram.com/nurradatau

Bertemakan tayangan coming of age, serial A+ juga mengandung sejumlah pesan pendidikan yang bisa dipetik oleh para penontonnya, khususnya pada mereka yang baru melewati transisi dari remaja ke dewasa.

Poin utamanya, di zaman dengan teknologi yang serba canggih ini para anak muda dianjurkan untuk berani speak up ketika berada di dalam sistem yang salah. 

5. Diperankan oleh aktor dan aktris muda berbakat

Youtube.com/Prime Video Indonesia

Serial A+ menjadi tayangan perdana yang memperlihatkan chemistry persahabatan Nurra Datau, Antonio Blanco Jr, Ziva Magnolya, Rey Bong, Livy Renata, dan Aliando Syarief. Sekelompok aktris dan aktor tersebut belum pernah tampil bersama dalam serial mana pun. 

Selain itu, ada juga pemain pendukung seperti Atiqah Hasiholan, Verdi Solaiman, Iqbal Pakula, dan masih banyak lagi. 

6. Penonton akan melihat sisi baru para pemeran

Instagram.com/antonioblancojr

Kelima pemeran utama akan memerankan karakter yang beragam dan jenius. Mereka mengaku harus mengeluarkan sisi baru dari diri mereka sesuai karakter yang mereka perankan. 

Rey Bong sendiri menegaskan bahwa sekitar delapan puluh persen karakter para pemain bertolak belakang dengan aslinya. Ziva Magnolya sendiri menyetujui pernyataan rekannya tersebut. 

7. Tayang dengan 6 episode sekaligus

Instagram.com/antonioblancojr

Serial A+ tayang di platform Prime Video pada Kamis, 25 Mei 2023 dan dikemas menjadi 6 episode.

Para penonton tak akan dibuat penasaran dengan serial yang menegangkan dan penuh emosi ini, karena serial A+ tayang dalam 6 episode sekaligus. 

Itulah fakta dan sinopsis serial A+, pertemanan siswa jenius melawan sekolah yang menarik untuk jadi tontonan di waktu luang. Jangan sampai ketinggalan, ya.

Baca juga:

The Latest