TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Obat Demam untuk Ibu Menyusui, Jangan Salah Pilih!

Mama bisa atasi demam saat menyusui dengan mengonsumsi obat berikut ini

Freepik/diana.grytsku

Demam adalah suatu kondisi dimana suhu tubuh mengalami peningkatan, akibat gangguan kesehatan tertentu. Biasanya demam menandakan bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja.

Selain suhu tubuh yang tinggi, Mama yang mengalami demam mungkin juga merasakan beberapa keluhan lain. Diantaranya, sakit kepala, nyeri di tubuh, nafsu makan menurun, dehidrasi, hingga kelelahan.

Kondisi ini tentu bisa bikin nggak nyaman ya. Terlebih saat Mama sedang dalam masa menyusui si Kecil. Nah jika Mama ingin mengatasinya dengan obat-obatan, berikut Popmama.com akan berikan 7 rekomendasi obat demam untuk Ibu menyusui yang bisa dicoba. Jangan sampai salah pilih ya!

1. Biogesic

guardianindonesia.co.id

Biogesic bisa jadi pilihan obat demam yang aman untuk ibu menyusui.

Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun dalam penggunaanya Mama harus berhati-hati dan lebih teliti ya. Sebab biogesic mengandung paracetamol yang diketahui bisa ikut keluar bersama ASI, meski dalam jumlah kecil.

Selain itu, sebaiknya hentikan pemakaian jika Mama mengalami tanda-tanda alergi seperti ruam, sakit tenggorokan dan gatal.

Obat biogesic bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 2.500 per blister.

2. Ibuprofen

blibli.com

Ibuprofen juga bisa menjadi obat untuk menurunkan demam pada Ibu menyusui. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin, yaitu suatu zat yang bisa memicu timbulnya gejala radang, termasuk nyeri, demam dan bengkak.

Ibuprofen merupakan obat golongan antiinflamasi non steroid (AINS), dimana obat ini punya efek samping antiinflamasi dan analgesik. Sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan medis.

Di pasaran, ibuprofen tersedia dalam bentuk tablet, kapsul dan sirup.

Obat ibuprofen bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 3.000 per strip.

3. Naproxen

heb.com

Naproxen merupakan obat golongan antiinflamasi non steroid (AINS) yang bisa bantu menurunkan demam. Penggunaannya pada Mama menyusui sebenarnya diperbolehkan. Hanya saja obat ini bisa terserap ke dalam ASI. Sehingga saat mengonsumsinya, Mama dianjurkan untuk tidak menyusui bayi untuk sementara waktu.

Jadi pastikan sebelum menggunakan obat naproxen, Mama sudah memerah ASI untuk memenuhi kebutuhan ASI untuk bayi ya. Obat naproxen bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 22.500 per tablet.

4. Panadol

panadol.com

Panadol merupakan salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala dan menurunkan demam. Beberapa variannya juga bisa meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Jika diminum sesuai aturan pakai, panadol dianggap aman untuk Ibu menyusui. Karena kandungan di dalamnya hanya terserap ke dalam ASI dalam jumlah kecil. Namun yang terbaik tentu melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Obat panadol bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 12.000 per blister.

5. Paracetamol

Shopee/apotekmeifarma

Rekomendasi obat panas untuk ibu menyusui selanjutnya yaitu paracetamol. Obat ini umum digunakan di Indonesia karena bisa membantu menurunkan demam serta meredakan nyeri.

Paracetamol tergolong obat bebas, dimana dalam tiap tabletnya mengandung 500 mg paracetamol. Meski kandungannya bisa terserap ke dalam ASI, tapi jumlahnya masih dianggap aman Ma, sehingga Mama menyusui bisa menggunakan obat ini.

Di pasaran Mama bisa menemukannya dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet, sirup, tetes, suppositoria dan infus. Obat paracetamol bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 4.500 per strip.

6. Sanmol

Tokopedia/century-online

Obat demam atau obat meriang untuk ibu menyusui adalah Sanmol. Sanmol mengandung paracetamol 500 mg. Obat ini bisa digunakan untuk menurunkan demam, serta meredakan nyeri seperti sakit kepala dan sakit gigi.

Dalam mengonsumsinya, Mama menyusui harus memperhatikan dosis dan cara pakainya ya. Sebab paracetamol yang terkandung di dalamnya bisa terserap ke dalam ASI. Itulah mengapa, dalam menggunakannya Mama perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Obat sanmol bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 1.600 per strip.

7. Trifamol

k24klik.com

Trifamol adalah obat demam ibu menyusui dan semua umur. Obat ini juga sekaligus bisa meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi dan nyeri ringan lainnya.

WHO merekomendasikan trifamol untuk digunakan bila suhu tubuh sudah benar-benar tinggi, dan membutuhkan terapi obat penurun panas.

Obat trifamol bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 4.500 per strip.

Nah demikianlah Ma, 7 rekomendasi obat demam untuk Ibu menyusui di apotik yang bisa Mama coba. Pastikan Mama menggunakan obat tersebut sesuai dengan petunjuk dan aturan pakai ya.

Baca juga:

 

The Latest