TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Pilihan Camilan yang Sehat Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Apa saja makanan ringan yang bisa jadi pilihan Mama, ya?

Pexels/Bruce Mars

Saat hamil, rasanya ingin terus-menerus ngemil, Ma? Tenang, boleh saja kok. Yang terpenting, Mama memilih jenis camilan yang tepat.

Dengan begitu, ngemil tidak akan membahayakan kehamilan dan membuat berat badan Mama melonjak tak terkontrol.

Nah, bagi Mama yang sedang hamil di trimester pertama dan kedua, memilih camilan yang tepat juga dapat membantu meredakan morning sickness dan membuat tubuh tetap bertenaga.

Apa saja pilihan menu camilan yang sehat dikonsumsi saat hamil, ya? Berikut rangkuman informasinya, Ma:

1. Apel

Pexels/Aphiwat Chuangchoem

Apel adalah salah satu cemilan yang baik dikonsumsi saat hamil. Selain mudah dikonsumsi, buah ini juga praktis dan bisa dibawa kemana saja.

Buah merah dan tinggi kandungan air ini mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi.

Selain membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, serat yang dimiliki apel juga membantu melancarkan buang air besar.

Tak cuma itu, kandungan vitamin dan antioksidan yang dimiliki oleh apel juga baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mama dan juga si Kecil.

Sediakan selalu buah apel dalam tas Mama saat bepergian, ya! Jadi saat sedang ingin ngemil, cemilan sehat pun sudah tersedia.

2. Yoghurt

Pexels/Skitterphoto

Selain apel, yoghurt juga menjadi salah satu cemilan yang sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Salah satunya adalah karena kandungan bakteri baik yang dimilikinya.

Oleh sebab itu, yoghurt pun baik dikonsumsi karena diyakini dapat membantu mengatasi mual berlebihan alias morning sickness.

Probiotik dari yoghurt juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, Ma. Memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yoghurt pun bisa membantu memperkuat tulang.

Yodium yang dimiliki oleh yoghurt juga dapat membantu mendukung proses tumbuh kembang janin, Ma. Untuk mengurangi asupan gula berlebih, pilih yoghurt tanpa rasa alias plain, ya.

3. Pisang

Pexels/Pixabay

Buah lain yang baik dikonsumsi saat hamil adalah pisang. Memiliki tekstur yang lunak dan manis, buah ini dapat membuat perut menjadi nyaman. Terutama jika Mama sedang rentan mual.

Pisang pun seringkali dianggap sebagai salah satu buah yang mengenyangkan dan baik dijadikan cemilan, Ma.

Sama seperti apel, pisang juga praktis dan mudah dikonsumsi di mana saja. Jadi, Mama tak perlu repot-repot mengupas dulu untuk menyantapnya.

Memiliki kandungan karbohidrat, serat, antioksidan, dan kalium, buah ini pun sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mama.

Konsumsi pisang juga seringkali disebut-sebut dapat membantu mengurangi kram dan pembengkakkan kaki serta membantu mencegah anemia lho, Ma.

4. Roti gandum

Pexels/Buenosia Carol

Variasi camilan yang juga bisa menjadi pilihan Mama adalah roti gandum. Dibandingkan roti putih biasa, roti jenis ini memiliki kandungan serat yang lebih banyak.

Kandungan vitamin B yang dimiliki oleh roti gandum juga baik untuk ibu hamil, terutama yang memiliki keluhan mual dan muntah berlebihan.

Selain dikonsumsi langsung, Mama juga bisa memanggangnya terlebih dahulu. Beberapa jenis topping tambahan yang bisa Mama gunakan di antaranya stroberi, alpukat, atau telur.

Tambahan topping ini akan semakin menambah asupan nutrisi yang Mama konsumsi.

5. Olahan telur

Pexels/Markus Spiske Temporausch.com

Sebagai salah satu sumber protein, telur juga sangat baik untuk dijadikan menu cemilan ibu hamil.

Cara pengolahannya pun bermacam-macam, bisa diorak-arik, dadar atau direbus.

Tak cuma mengandung protein, telur juga diketahui mengandung tinggi vitamin A, vitamin D, yodium dan zat besi. Seperti diketahui, mengonsumsi zat besi dalam jumlah yang cukup sangat penting selama kehamilan.

Tidak hanya membantu mencegah anemia, tetapi juga membantu memastikan janin mendapat cukup oksigen dalam jumlah yang dibutuhkan.

Tapi ingat ya, Ma. Jika Mama ingin mengonsumsi telur, pastikan Mama mengolahnya sampai matang sempurna.

Telur yang dimasak setengah matang dikhawatirkan mengandung bakteri yang berbahaya bagi Mama dan juga janin.

6. Semangka

Pexels/Rawpixel.com

Kandungan air di dalam semangka sangat tinggi, sehingga turut membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh Mama. Selain itu, kandungan kalium semangka juga tinggi.

Mengonsumsi asupan yang kaya akan kalium sangat penting bagi ibu hamil untuk membantu menunjang tumbuh kembang janin.

Selain itu, mengonsumsi semangka juga membantu mengurangi rasa tak nyaman di perut serta pembengkakkan yang sering terjadi selama trimester kedua.

7. Salad buah

Pexels/Lisa Fotios

Jika Mama menyukai konsumsi campuran buah-buahan segar, salad buah bisa menjadi variasi menu yang baik. Pada dasarnya, buah-buahan kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin yang baik bagi tubuh.

Cobalah membuat cemilan salad buah yang terdiri dari campuran mangga, pir, apel, pisang, delima, dan alpukat.

Untuk menambah cita rasa, Mama bisa menambahkan yoghurt. Kombinasi ini tidak hanya sehat tetapi juga sangat enak lho, Ma.

The Latest