TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Benarkah Minum Soda Bisa Mencegah Kehamilan?

Benar atau tidak, ya, minum soda bisa mencegah kehamilan?

Freepik/rawpixel.com

Minuman bersoda memang menjadi salah satu minuman favorit untuk melepas dahaga. Selain menyegarkan, minuman ini memiliki berbagai pilihan rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Di balik kenikmatan rasanya yang menyegarkan, namun katanya, mengonsumsi minuman bersoda tidak dianjurkan bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan. Katanya, minuman bersoda dapat menunda kehamilan.

Lantas, benarkah minum soda bisa mencegah kehamilan? Mari simak ulasan Popmama.com mengenai benar tidaknya soda bisa cegah kehamilan berikut ini, Ma!

Benarkah Minum Soda Bisa Mencegah Kehamilan?

Pexels

Minuman soda merupakan salah satu minuman dengan pemanis buatan yang perlu kamu hindari jika sedang melakukan program hamil. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Boston University School of Public Health.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa konsumsi minuman dengan pemanis buatan setiap hari, seperti soda dapat berpengaruh pada infertilitas dan bisa mencegah kehamilan.

Selain itu, mengutip Medical Health News, konsumsi minuman karbonat atau soda dapat menyebabkan terjadinya menstruasi dini dan membuat kualitas air mani berkurang.

Maka itu, bagi kamu dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya batasilah mengonsumsi soda dan minuman manis lainnya.

Bukan hanya bisa mencegah kehamilan, minuman soda juga berpengaruh buruk bagi kesehatan kamu  dan meningkatkan risiko obesitas yang kemudian akan membuat kamu rentan mengalami penyakit degeneratif, seperti jantung koroner, diabetes melitus, serta penyakit ginjal.

Lantas, apa penyebab minum soda bisa mencegah kehamilan?

1. Kandungan gula dalam soda

Pexels

Kandungan gula dalam minuman ini merupakan faktor utama kenapa soda bisa mencegah kehamilan. Setidaknya ada 54 ml gula yang terkandung dalam 400 ml soda.

Jumlah yang mengejutkan bukan? Padahal, kebutuhan gula harian tubuh kamu hanya separuh dari kandungan gula dalam soda. 

Selain itu, soda juga mengandung aspartam (gula buatan) yang dapat memberikan efek negatif bagi tubuh, termasuk berpengaruh pada tingkat kesuburan dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

2. Tinggi kalori

Freepik/rawpixel.com

Minuman bersoda merupakan minuman tinggi kalori yang bila dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan kamu mengalami kenaikan berat badan.

Seperti yang diketahui, kamu dengan berat badan berlebih memiliki kadar lemak lebih tinggi di dalam tubuhnya. Hal ini kemudian dapat menyebabkan lebih banyak hormon estrogen terbentuk, yang menjadi penyebab tingkat kesuburan kamu menurun.

Itulah informasi soal kenapa minum soda bisa mencegah kehamilan terjadi. Perlu diingat, konsumsi minuman manis dapat berdampak buruk bagi kesehatan, baik kamu sedang menjalani program kehamilan maupun tidak. Maka itu, kurangi konsumsi minuman ini dan perbanyakan minum air putih demi kesehatan.

Baca juga:

Produk kehamilannya bisa lihat di sini ya

Yuk Beli di sini untuk nutrisi Ibu Hamil

The Latest