TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Obat Penambah Darah untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Anemia

Ibu hamil mudah rentan mengalami anemia. Atasi dengan minum suplemen ini, Ma!

Freepik/ronnachaipark

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah (hemoglobin) dengan gejala mudah lelah dan sakit kepala. Ibu hamil memiliki risiko tinggi terkena penyakit anemia. Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi darah dengan jumlah yang banyak untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Anemia dapat mengakibatkan kesehatan selama masa kehamilan sampai menjelang persalinan menjadi terganggu. Kurangnya darah saat masa kehamilan juga berbahaya karena dapat menyebabkan persalinan prematur dan berat badan lahir rendah. Untuk itu harus segera mendapat penanganan dan rutin minum obat atau merk obat penambah darah ibu hamil.

Berikut ini Popmama.com telah rangkum obat penambah darah untuk ibu hamil guna mencegah anemia.

1. Etabion

Lazada.co.id

Etabion untuk ibu hamil adalah suplemen untuk mencegah dan mengobati kekurangan darah (anemia) dan membantu proses pembentukan darah. 

Suplemen yang mengandung ferro fumarat, vitamin C, asam folat, vitamin B12, Cu-sulfat, dan Mn sulfat ini hanya disarankan dikonsumsi satu kapsul perhari.

Umumnya, efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi Etabion adalah seperti feses berwarna hitam, mual, muntah, dan konstipasi. Jadi, jangan khawatir jika setelah mengonsumsi suplemen ini feser berwarna hitam, karena ini adalah hal yang normal. 

Namun, segera hubungi dokter jika feses berwarna hitam disertai dengan darah.

2. Ferofort

Tokopedia.com

Ferfort merupakan suplemen yang memiliki kandungan zat besi untuk mencegah terkena anemia. Suplemen ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Vitamin penambah darah untuk ibu hamil, Ferofort mengandung bahan-bahan yang berguna untuk mencegah anemia, yaitu ferronyl, asam askorbat, asam folat, vitamin B12, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, niacinamide, calcium pantothenate, zinc, dan lysine.

Bagi Mama yang ingin mengonsumsi ini untuk mencegah anemia saat kehamilan dapat meminumnya satu kaplet per hari setelah makan.

3. Feroglobin

vitabiotics.co.id

Feroglobin mengandung Fe 24 mg, Zn 12 mg, copper 2 mg (elemental), folic acid 500 mcg, vitamin B12 10 mcg, vitamin B6 5 mg.

Feroglobin diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah di dalam tubuh dan membantu mengatasi gejala anemia. Dengan formula slow release yang terdapat di Feroglobin dapat membantu tubuh untuk bisa menyerap vitamin dan mineral lebih banyak dan menekan efek samping dari komposisi.

Tablet tambah darah untuk ibu hamil dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan pasca operasi, mengatasi anemia dan menstruasi yang disebabkan kekurangan zat besi, dan sapat memperbaiki zat besi saat kehamilan dan setelah melahirkan

Tablet tambah darah ibu hamil yang satu ini dikonsumsi 1 tablet sehari dan dikonsumsi setelah makan, tidak boleh dikonsumsi bersama teh, kopi, atau susu.

4. Folavit

Tokopedia.com

Folavit merupakan suplemen yang mengandung asam folat atau vitamin B9. Suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan asam folat pada masa kehamilan. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai suplemen untuk mengatasi anemia.

Tak hanya anemia, bagi ibu hamil suplemen ini juga baik untuk menjaga pertumbuhan saraf dan otak pada janin yang di dalam kandungannya agar bayi terlahir secara normal.

Folavit berbentuk tablet yang setiap tabletnya mengandung dosis 400 mcg asam folat.

Bagi Mama yang sedang hamil dan ingin mengonsumsi suplemen ini, dapat mengonsumsinya dengan dosis 800 mcg setara dengan dua tablet dan diberikan satu kali sehari setelah makan.

5. Hemobion

Tokopedia.com

Tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama suplemen yang satu ini. Hemobion merupakan suplemen untuk menambah darah selama masa kehamilan dan laktasi.

Hemobion mengandung berbagai nutrisi, yaitu fe fumarate, asam folat, vitamin B12, kalsium pantotenat, kolekalsiferol, dan vitamin C. Hemobion juga termasuk suplemen yang dapat dikonsumsi tanpa adanya resep dari dokter. Namun, tetap mengikuti dosis yang sudah terdapat pada kemasannya.

Suplemen ini berbentuk kapsul dan dalam satu dus terdapat 10 kapsul. Bagi Mama yang ingin mengonsumsinya dapat meminum satu kapsul dalam sehari setelah makan.

    6. Hufabion

    Tokopedia.com

    Hufabion adalah suplemen mineral dan multivitamin yang memiliki manfaat untuk mengatasi anemia yang diakibatkan oleh kekuranga zat besi. Suplemen ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai tambahan nutrisi bagi yang kekurangan zat besi pada asupan makanan sehari-hari.

    Hufabion mengandung berbagai bahan yang baik untuk tubuh, yaitu ferrous fumarate, manganese sulfate, cupric sulfate, vitamin C, folic acid, dan vitamin B12.

    Suplemen ini juga dapat dikonsumsi tanpa menggunakan resep dari dokter. Namun, harus tetap mengikuti anjuran penggunaan yang terdapat pada kemasan.

    Bagi Mama yang sedang hamil dapat mengonsumsi suplemen ini satu kapsul dalam sehari dan diminum setelah makan.

    7. Sakatonik

    Sakatonik.co.id

    Rekomendasi suplemen selanjutnya adalah Sakatonik, Ma. Sakatonik mengandung vitamin B1, vitamin B12, vitamin B6, vitamin C, nikotinamid, ca-pantotenat, na-hipoposfat, Mn-sulfat, dan ferro sulfat untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada keadaan anemia.

    Selain itu, suplemen ini juga bisa membantu memelihara kesehatan dan sebagai suplementasi vitamin dan mineral.

    Suplemen yang satu ini tidak memiliki efek samping yang serius. Namun, segera hentikan pemakaian jika terjadi reaksi alergi, Ma.

    8. Sangobion

    Sangobion.co.id

    Sangobion sudah dikenal sejak lama sebagai suplemen penambah darah, Ma. Sangobion merupakan suplementasi zat besi, multivitamin dan mineral pada keadaan anemia (kurang darah).

    Setiap satu kapsul Sangobion mengandung ferrous gluconate 259 mg (setara dengan 30 mg elemental zat besi), copper sulphate (setara dengan elemental Cu) 50 mcg, asam Folat 400mcg, vitamin C 50 mg, vitamin B12 7.5 mcg, dan vitamin B6 1.7 mg.

    Ferrous gluconate adalah sediaan zat besi yang merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

    Suplemen yang telah bersertifikat halal ini tersedia dalam dua jenis, yaitu tablet dan sirup.

    9. Nature Plus Iron

    naturalfarm.id

    Nature Plus Iron adalah suplemen yang bermanfaat untuk membentuk hemoglobin (Hb) pada sel darah merah, mencegah dan membantu mengatasi anemia, membantu meningkatkan sistim imunitas dan menghasilkan energi, serta menjaga kesehatan sistim pencernaan, mata, rambut, kulit dan kuku.

    Tablet penambah darah untuk ibu hamil ini hanya boleh dikonsumsi satu tablet per hari sesudah makan. Setiap satu tablet mengandung 20 mg iron.

    Mama perlu tahu bahwa mengonsumsi iron dapat menimbulkan warna hitam pada feses. Jadi, jangan khawatir jika feses mama berwarna hitam setelah mengonsumsi suplemen yang satu ini.

      10. Tonikum Bayer

      Tokopedia.com

      Tonikum Bayer merupakan suplemen makanan yang mengombinasikan multivitamin, mineral, dan zat besi. Suplemen ini diperuntukkan selama masa kehamilan, menstruasi, masa pertumbuhan, dan lansia.

      Tonikum Bayer mengandung bahan yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu zat besi, kalsium, mangan, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin C. Kandungan yang ada di dalam suplemen ini dapat menambah darah di dalam tubuh.

      Oleh sebab itu, Tonikum Bayer bisa digunakan untuk mengatasi penyakit anemia yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi.

      Bagi Mama yang ingin mengonsumsi suplemen penambah darah untuk ibu hamil ini bisa meminumnya dengan dosis satu sendok makan atau 15 ml dalam satu kali sehari.

          Buah untuk Penambah Darah Ibu Hamil

          Pexels/Matheus Cenali

          Selain obat-obatan di atas, Mama juga bisa mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan untuk menambah darah secara alami. Berikut adalah buah-buahan darah untuk penambah darah ibu hamil:

          1. Buah jeruk

          Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C, Ma. Vitamin C pada jeruk dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Dengan rutin mengonsusmi buah jeruk, tubuh mama akan dengan mudah menyerap zat besi yang dibutuhkan.

          2. Buah pisang

          Buah yang identik dengan warna kuning ini mengandung zat besi dan mineral yang bisa menambah darah pada ibu hamil. Selain itu, buah pisang juga mengandung potasium, kalium, serat, magnesium, dan berbagai macam vitamin. 

          3. Buah delima

          Sudah bukan rahasia lagi jika buah delima kaya akan kandungan zat besi yang baik untuk tubuh. Sebagai penambah darah, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi segelas jus buah delima setiap hari.

          4. Buah kurma

          Buah yang banyak ditemukan di bulan Ramadan ini juga termasuk dalam daftar buah yang bermanfaat sebagai penambah darah ibu hamil. Kurma tidak hanya meningkatkan kadar hemoglobin tetapi juga dapat meningkatkan kadar energi mama.

          5. Buah apel

          Buah apel juga bisa membantu meningkatkan darah ibu hamil. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi satu buah apel setiap hari agar terhindar dari anemia dan masalah kesehatan lainnya.

          Nah, itulah beberapa obat penambah darah untuk ibu hamil dan buah-buahan yang dapat Mama konsumsi selama masa kehamilan. Semoga Mama dan janin sehat selalu, serta terhindar dari terkena penyakit anemia.

          Baca juga:

          The Latest