6 Gerakan Peregangan untuk Mengeluarkan Gas dari Perut Bayi

Bantu bayi lakukan enam gerakan peregangan ini untuk melancarkan buang angin

28 Juli 2021

6 Gerakan Peregangan Mengeluarkan Gas dari Perut Bayi
Freepik/cookie_studio

Makanan, posisi, dan konsumsi obat-obatan tertentu menyebabkan gas dalam pencernaan bayi. Buang angin atau kentut adalah hal yang esensial untuk menghilangkan ketidaknyamanan perut bayi akibat penumpukan gas tersebut.

Selain membuatnya sendawa dan mengusap perutnya, Mama bisa membantu bayi mengeluarkan gas dari sistem pencernaannya dengan beberapa gerakan khusus. Penasaran? Baca informasi selengkapnya dalam artikel Popmama.com berikut ini!

1. Kaki ke pundak

1. Kaki ke pundak
Instagram.com/_shilohshalom

Gerakan ini dapat dilakukan dalam posisi awal bayi telentang. Pegang kedua pergelangan kaki bayi, tekuk lututnya ke arah atas dan perlahan regangkan kaki-kakinya terbuka ke arah pundak. Bayi akan terlihat seperti hampir melakukan roll belakang.

Tahan posisi kaki di dekat pundak selama delapan detik dan ulangi sekitar 2-3 kali.

2. Rol perut

2. Rol perut
Instagram.com/sky._.l.a.r

Jika bayi sering telentang, putar badanya hingga tengkurap dan bayi berada di atas perutnya. Biarkan bayi bergerak dalam posisi tersebut selama 30 detik sampai satu menit sebelum mengembalikannya ke posisi awal.

Editors' Picks

3. Kaki ke hidung

3. Kaki ke hidung
Instagram.com/abundantliferc

Gerakan ini mirip dengan gerakan pertama, namun tidak sama. Posisikan bayi telentang, pegang kedua pergelangan kakinya dan tekuk lututnya ke arah atas. Regangkan perlahan dengan posisi dua kaki rapat dan mengarah ke hidung.

Lakukan gerakan ini secara berulang hingga 2-3 kali.

4. Mengayuh di udara

4. Mengayuh udara
Instagram.com/belindas_bubba_time

Gerakan yang dikenal dengan istilah air cycling ini dilakukan dengan posisi awal bayi telentang. Pegang kedua pergelangan kakinya dan secara bergantian gerakkan seolah bayi sedang mengayuh sepeda.

Gerakkan kedua kakinya seperti mengayuh sepeda ke arah depan dan lakukan gerakan yang sama ke arah sebaliknya.

5. Kaki ke pinggang

5. Kaki ke pinggang
Instagram.com/belindas_bubba_time

Posisikan bayi dalam keadaan telentang lalu pegang kedua pergelangan kakinya. Regangkan perlahan kedua kaki bersamaan ke sisi kiri pinggangnya. Kemudian lakukan hal yang sama ke sisi kanan pinggangnya.

Tahan selama empat detik untuk setiap sisi pinggang dan ulangi hingga 2-3 kali.

6. Bergoyang

6. Bergoyang
Instagram.com/belindas_bubba_time

Selain dapat membantu bayi mengeluarkan gas dalam perutnya, gerakan ini juga dapat membuat bayi tertawa lho!

Posisikan bayi berdiri di paha atau perut mama dan biarkan mereka melompat kecil atau bergoyang ke atas dan ke bawah beberapa kali. Mama bisa mengajaknya bicara atau bercanda selama melakukan gerakan ini.

Itu dia enam gerakan peregangan untuk mengeluarkan gas dari perut bayi yang bisa Mama lakukan. Perlu diingat untuk memberi jeda dan tidak melakukan gerakan ini setelah bayi baru selesai menyusui atau makan agar ia tidak muntah ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.