Jangan Panik! Ini Tanda Bayi Sedang Tumbuh Gigi

Bayi yang sedang tumbuh gigi seringkali menjadi rewel

18 Januari 2021

Jangan Panik Ini Tanda Bayi Sedang Tumbuh Gigi
Freepik

Pertumbuhan gigi pada bayi terjadi paling cepat di usia tiga bulan, paling lama di usia 12 bulan, dan paling umum terjadi di usia enam bulan. Dalam proses pertumbuhannya, bayi akan menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan yang seringkali sulit dipahami, terutama oleh Mama dan Papa baru.

Mulai lima hari sebelum gigi muncul, Mama mungkin akan menemui beberapa gejala. Penting untuk mengetahui gejala-gejala tersebut sedini mungkin untuk melakukan tindakan yang diperlukan.

Untuk itu, berikut Popmama.com paparkan lima tanda bayi tumbuh gigi yang patut dikenali. Yuk, simak informasinya!

1. Rewel dan mudah marah

1. Rewel mudah marah
Freepik/cubacuba31

Si Kecil jadi sering rewel dan semakin mudah marah? Bisa jadi ia merasa tidak nyaman karena giginya sedang tumbuh.

Menjadi sedikit rewel dari biasanya adalah tanda tumbuh gigi yang normal. Namun, Mama tetap harus peka dan segera memeriksakan bayi ke dokter apabila Ia menjadi sangat kesal atau mulai menunjukkan kesakitan yang tidak biasa.

Editors' Picks

2. Mengeluarkan liur

2. Mengeluarkan liur
Unsplash/GiftHabeshaw

Salah satu tanda tumbuh gigi yang paling umum pada bayi berusia enam bulan adalah sering ngiler atau mengeluarkan air liur, yang dapat dimulai paling cepat dua bulan sebelum gigi tumbuh melalui gusi.

Hati-hati ya, Ma. Peningkatan produksi air liur dan kebiasaan ngiler berpotensi menyebabkan ruam di dada atau wajah bayi, terutama dagunya. Tetap jaga kebersihan bayi dengan rajin membersihkan air liur yang mengalir ke luar dari mulutnya.

3. Mengunyah dan menggosok gusi

3. Mengunyah menggosok gusi
Freepik/User6014584

Apabila Mama mulai melihat bayi sering melakukan gerakan seolah sedang mengunyah, menggigit benda, atau menggosok gusinya dengan tangan, kemungkinan besar gigi bayi sedang tumbuh.

Tanda umum tumbuh gigi adalah bayi menggigit atau mengunyah mainan atau jari mereka. Bayi akan sering mengunyah benda keras, lebih sering mengisap jarinya daripada biasanya atau menggosok gusi dan telinganya.

4. Gusi bengkak dan sensitif

4. Gusi bengkak sensitif
Unsplash/Christian Hermann

Saat tumbuh gigi dan sebelum gigi tumbuh, bayi mama mungkin mengalami gusi yang bengkak dan sensitif, terutama di area tempat gigi akan ke luar.

Pembengkakan ringan pada gusi ini seringkali menghasilkan tekanan, yang menyebabkan banyak gejala tumbuh gigi lainnya, seperti munculnya bitnik-bintik putih kecil pada gusi bayi tepat sebelum munculnya gigi.

5. Penurunan nafsu makan

5. Penurunan nafsu makan
Unsplash/life is fantastic

Berbagai rasa sakit dan tekanan yang dirasakan bayi ketika sedang tumbuh gigi membuatnya merasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, tidak jarang bayi menolak makan atau mengalami penurunan nafsu makan untuk makanan tertentu, khususnya makanan padat. Mama bisa menyiasatinya dengan memberikan makanan yang lembut atau makanan yang selama ini menjadi favoritnya.

Itu dia lima tanda bayi tumbuh gigi yang patut Mama kenali. Apabila bayi menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan, segera periksakan pada dokter ahli kepercayaan mama, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.