Mengapa Bayi Rewel Setiap Mandi? Ini Alasannya!

Ini dia 6 alasan bayi menangis saat dimandikan

22 Juli 2021

Mengapa Bayi Rewel Setiap Mandi Ini Alasannya
Freepik/Sviatkovskyi

Mandi adalah salah satu rutinitas menjaga kebersihan bayi yang harus dibiasakan oleh Mama sejak 24 jam setelah kelahirannya. Banyak bayi yang tenang bahkan bersemangat setiap sesi mandi, namun tidak sedikit juga bayi yang menunjukkan ketidaknyamannya sepanjang dimandikan.

Jika dibiarkan, ketidaknyamanan ini dapat menyebabkan bayi tidak suka atau malas mandi dalam jangka waktu yang berkepanjangan hingga rentan terkena penyakit kulit atau bau badan.

Untuk dapat mengatasinya, Mama harus tahu terlebih dahulu enam penyebab bayi rewel saat mandi. Baca selengkapnya dalam artikel Popmama.com berikut ini, yuk!

1. Lapar

1. Lapar
Freepik/cookie_studio

Bayi belum bisa mengatakan dengan jelas bahwa ia lapar. Untuk itu dia akan berusaha mengomunikasikannya dengan cara menangis, rewel, atau marah.

Jika bayi mama rewel selama bahkan setelah selesai dimandikan, kemungkinan besar ia lapar. Untuk mencegahnya, Mama sebaiknya menyusui atau memberikan bayi makan satu jam sebelum sesi mandi. Mandi dalam jarak waktu yang terlalu dekat setelah makan juga dapat membuat bayi mual.

2. Bak mandi yang tidak nyaman

2. Bak mandi tidak nyaman
Freepik/pch-vector

Perhatikan bagian alas bak mandi bayi yuk, Ma!

Sebagian bak mandi tidak menyediakan alas yang nyaman ditempati sehingga menyulitkan bayi untuk duduk dengan tenang. Baik dari bahan yang terlalu licin atau terlalu kasar hingga kontur yang menyakitkan bokong atau punggung bayi, semua akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Jadi, pastikan Mama hanya menggunakan bak mandi yang nyaman untuk si Kecil, ya.

Editors' Picks

3. Perubahan suhu

3. Perubahan suhu
Freepik/pch.vector

Segala perubahan ekstrem masih menakutkan untuk bayi. Salah satunya adalah perubahan suhu drastis yang dirasakan ketika langsung dimasukkan ke dalam bak mandi berisi air dingin. Ingat, bayi juga belum optimal dalam mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Selain itu, mandi terlalu lama atau tidak segera menutupi tubuh bayi dengan handuk setelah mandi juga dapat membuat mereka tidak nyaman karena hilangnya panas tubuh secara cepat hingga menyebabkan kedinginan.

4. Area mata terkena air atau sabun

4. Area mata terkena air atau sabun
Pexels/Pixabay

Jika Mama memandikannya dengan terburu-buru atau tidak hati-hati, cipratan air atau sabun dapat memasuki area mata bayi. Tidak hanya membuatnya kaget, bayi juga dapat merasa tidak nyaman karena mata terasa perih dan ketakutan.

Selalu mandikan bayi dengan lembut dan hati-hati serta gunakan produk-produk yang tidak perih di mata untuk berjaga-jaga.

5. Kelelahan sebelum mandi

5. Kelelahan sebelum mandi
Pixabay/pavelkraus

Mama mungkin mengajaknya bermain atau beraktivitas terlalu banyak sebelum mandi sehingga bayi kelelahan. Lagi-lagi, bayi belum bisa mengekspresikan rasa lelahnya dengan vokal. Untuk meluapkannya, bayi akan menangis atau menjadi rewel.

Mama sebaiknya tidak mengajak bayi bermain dengan dengan aktif saat menjelang waktu mandi.

6. Problematika kulit

6. Problematika kulit
Freepik/nipol

Sebagian bayi memiliki masalah kulit yang membuatnya tidak nyaman setiap terkena kontak dengan air. Eksim, jamur, atau alergi produk adalah beberapa contohnya. Pada kasus ini, Mama disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan dan alternatif membersihkan bayi yang tepat.

Nah, itulah enam penyebab bayi rewel saat mandi. Kira-kira dari enam alasan di atas, mana yang memicu bayi mama tidak nyaman dan rewel saat mandi?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.