Lakukan Sejak Dini, Tips Mudah Membangun Ikatan Emosional dengan Bayi

Tips ini akan membuat Mama semakin dekat dengan si Kecil

6 Mei 2021

Lakukan Sejak Dini, Tips Mudah Membangun Ikatan Emosional Bayi
Unsplash/Wesley Tingey

Sadarkah Mama bahwa gestur senyuman, peniruan gerak, hingga tangisan sebenarnya adalah upaya bayi untuk berkomunikasi? Mama akan terkejut jika mengetahui betapa sadar, tanggap, aktif, dan progresifnya jangkauan perhatian mereka sejak lahir.  

Interaksi dan hubungan sosial yang baik antara Mama dan bayi memberi dampak positif bagi perkembangan emosional, kognitif, dan syaraf si Kecil. Bayi akan senang mendengar Mama berbicara, bernyanyi atau bercerita untuk mereka dan akan meniru ekspresi wajah mama sejak usia dini.

Jangan abai! Lakukan lima cara membangun ikatan emosional dengan bayi a la Popmama.com berikut ini.

1. Jangan pelit sentuhan

1. Jangan pelit sentuhan
Pixabay/adinavoicu

Kontak langsung dari kulit ke kulit seperti sentuhan, belaian, dan pelukan memiliki efek menenangkan sehingga mampu mengurangi stres dan baik bagi detak jantung serta pernapasan bayi.

Pastikan Mama memberikan sentuhan untuk bayi setiap hari.

Editors' Picks

2. Ajak bayi berbicara

2. Ajak bayi berbicara
Freepik

Memang, mereka belum mampu memahami atau membalas perkataan mama. Tapi, bayi sangat tertarik dengan suara.

Oleh karena itu, banyaklah berbicara dengan tutur lembut agar bayi terbiasa dengan getaran suara mama sejak dini dan mengasosiasikannya sebagai hal positif.

3. Bacakan cerita

3. Bacakan cerita
Freepik

Masih berhubungan dengan ketertarikan bayi pada suara, Mama disarankan untuk rajin membacakan cerita pada bayi dari awal hingga akhir meski ia belum mampu memahami. Silakan gunakan properti atau elemen pendukung lainnya untuk membuat sesi cerita selalu menarik.

Ketika dilakukan dengan baik dan konsisten, sesi cerita ini akan menjadi rutinitas quality time yang berkesan mendalam bagi Mama dan bayi.

4. Habiskan waktu bersama

4. Habiskan waktu bersama
Pixabay/smpratt90

Luangkan waktu berkualitas sebanyak mungkin dengan bayi untuk melakukan hal-hal menyenangkan bersama. Bahkan tidak harus selalu terpusat pada bayi, Mama bisa melibatkan bayi pada aktivitas mama lainnya.

Selain ikut bermain dengan mainannya, silakan ajak bayi untuk ikut berolahraga, melukis abstrak, bernyanyi atau bermain alat musik, membuat kue, menyiram tanaman, bermain dengan hewan peliharaan, dan aktivitas mama lainnya selama keamanan bayi tetap terjaga.

5. Jaga ketenangan bayi

5. Jaga ketenangan bayi
Pixabay/imagesbg

Sejak dini, jadilah salah satu sumber ketenangan si Kecil. Apabila bayi tidak nyaman, kesal, atau terganggu, pastikan Mama ada untuk menenangkannya.  Ikatan emosional baik akan terbentuk kuat karena Mama konsisten memberikan rasa damai baginya sejak bayi.

Itulah lima cara membangun ikatan emosional dengan bayi. Ikatan emosional adalah sensasi yang tumbuh tulus dan perlahan. Wajar apabila dalam prosesnya tidak selalu mulus dan penuh tantangan. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang terdekat atau dokter ahli jika terasa terlalu sulit ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.