Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Bayi 4 Bulan? Ini Dia Jawabannya!

Bisa dicoba untuk bayi mama yang beratnya masih kurang dari berat ideal di usianya

26 Juli 2021

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Bayi 4 Bulan Ini Dia Jawabannya
Pixabay/Victoria_Borodinova

Setiap bayi memiliki perkembangannya yang berbeda-beda. Namun, Mama juga harus memerhatikan berat badan bayi. 

Menurut WHO, pada bayi usia empat bulan berat badan idealnya 5.3-7.1 kilogram untuk bayi laki-laki sedangkan untuk perempuan 5.68-6.35 kilogram. 

Mungkin Mama khawatir ketika berat badan bayi mama di bawah rata-rata atau yang seharusnya. Nah, Mama bisa ikuti cara-cara ini untuk menambah berat badan bayi sesuai dengan berat idealnya. 

Berikut ini Popmama.com akan memberikan informasi cara menambah berat badan bayi empat bulan. Catat, Ma! 
 

1. Terus berikan ASI Eksklusif rutin

1. Terus berikan ASI Eksklusif rutin
Pixabay/lgrodela

Seperti yang diketahui, pada usia 0 sampai 6 bulan Mama disarankan untuk memberikan ASI agar mencukupi nutrisinya, hal ini juga disebut dengan ASI eksklusif. 

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, ASI eksklusif untuk bayi mempunyai peranan penting, yakni meningkatkan ketahanan tubuh bayi. Sehingga mencegah bayi terserang berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan bayi.

Mama bisa memberikan ASI setiap dua sampai tiga jam sekali dengan durasi kurang lebih 20 menit. Namun, jika si Kecil sudah berhenti atau mengantuk terlebih dahulu, Mama disarankan untuk mengganti posisi menyusui dan biarkan si Kecil bersendawa dulu. 
 

Editors' Picks

2. Frekuensi menyusui lebih sering

2. Frekuensi menyusui lebih sering
Pixabay/badarsk

Ketika diberikan ASI, sebisa mungkin Mama menyusui sesering mungkin agar berat badan si Kecil lebih bertambah dan mengejar berat badan ideal. 

Mama bisa berikan ASI empat sampai enam kali dalam sehari. Mama tidak perlu takut jika ada yang mengatakan terlalu banyak memberi ASI dapat menyebabkan bayi menjadi obesitas, nyatanya ASI mengandung hormon yang dapat mencegah obesitas.

Pada usia ini, bayi juga biasanya sudah mulai belajar untuk komunikasi meskipun hanya lewat tangisan dan bahasa tubuh. Jika si Kecil menandakan haus dia akan berusaha untuk mengatakannya ataupun terlihat rewel. 
 

3. Biarkan si Kecil mendapatkan tidur yang cukup

3. Biarkan si Kecil mendapatkan tidur cukup
Pixabay/PublicDomainPictures

Semakin besar usia bayi, maka aktivitasnya semakin bertambah. Si Kecil juga sudah mulai bisa berguling dari posisi tengkurap ke telentang dan sebaliknya. Mama pun mungkin semakin asik mengajaknya bermain

Namun tetap harus diperhatikan pola tidurnya ya, Ma. Sebelum tidur, Mama bisa memberikan ASI terlebih dahulu terutama saat malam hari. Sebab memberikan ASI pada malam hari utamanya sebelum tidur akan membuat bayi tidur lebih nyenyak dan dapat menambah berat badan bayi.
 

4. Posisi menyusui yang tepat

4. Posisi menyusui tepat
Pixabay/AdinaVoicu

Jika menurut Mama sudah memberikan ASI cukup banyak, namun berat badan tidak kunjung bertambah, di mana masalahnya? 

Apakah posisi menyusui mama sudah tepat? Apakah posisi mulut bayi sudah melekat hingga ke bagian areola? Sebab menyusui tidak hanya melekat pada puting saja tetapi hingga bagian areola. Sehingga Mama harus memastikan terlebih dahulu si Kecil sudah melekat ke payudara.

Untuk lebih jelasnya dan menghindar keraguan, Mama dapat berkonstultasi dengan dokter ataupun ahli laktasi guna memastikan posisi menyusui sudah benar atau belum. 
 

5. Adanya kontak kulit antara Mama dengan si Kecil

5. Ada kontak kulit antara Mama si Kecil
Pixabay/PublicDomainPictures

Cara yang satu ini mungkin terdengar aneh bagi Mama. Namun, adanya kontak kulit atau skin to skin contact ini bisa menambah berat badan bayi lho, Ma. 

Dengan menggendong, si Kecil lebih terasa hangat dan membangun ikatan batin antara Mama dan bayi bisa lebih erat. Selain itu, juga dapat meningkatkan produksi ASI menjadi lebih banyak. 

Selain itu, menggendong bayi juga bisa mengurangi bayi menangis terus menerus atau ketika rewel sehingga bayi menjadi lebih nyaman.

Nah Mama bisa coba cara menambah berat badan bayi empat bulan, seperti di atas. Jangan lupa juga untuk memeriksa ke dokter mengenai perkembangan si Kecil, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.