7 Hal Hebat dan Ajaib yang Dilakukan Bayi Setelah 1 Jam Dilahirkan

Tak hanya menangis, bayi bisa melakukan 7 hal hebat yang bisa bikin Mama terkejut! Luar biasa deh!

7 Juli 2018

7 Hal Hebat Ajaib Dilakukan Bayi Setelah 1 Jam Dilahirkan
Pixabay/789083

Bisa apa bayi manusia 1 jam setelah ia dilahirkan? Bayi manusia, memang tidak seperti bayi kuda yang bisa langsung berdiri atau bayi jerapah yang langsung mencari makan sendiri. Sementara bayi manusia terlihat tidak melakukan apa pun selain menangis. Eh, tapi ternyata ada beberapa hal yang bisa ia lakukan sebagai bentuk penyesuaian terhadap dunia di luar rahim.

Ketika persalinan terjadi tanpa penggunaan obat atau bentuk intervensi medis lainnya, Mama bisa menyaksikan bagaimana tubuh bayi melakukan adaptasi yang membuat dirinya bisa melakukan banyak hal dalam 1 jam pertama setelah ia dilahirkan.

Mungkin Mama sudah pernah mendengar pentingnya inisiasi dini dan momen pribadi ibu dan anak di satu jam pertama setelah persalinan.

Mengapa begitu sangat penting?

Karena di momen satu jam pertama setelah kelahirannya adalah momen penting bagi bayi untuk beradaptasi mengikuti alur yang dipandu oleh otaknya, sehingga fungsi organnya bisa bekerja dengan baik.

Popmama.com akan merangkum hal-hal yang bisa dilakukan oleh bayi setelah satu jam pertama ia dilahirkan. Mama, siap-siap terkejut sekaligus terharu, deh karena buah hati Mama bisa melakukan 7 hal hebat ini!

1. Menenangkan dirinya sendiri

1. Menenangkan diri sendiri
Pixabay/Public Domain Pictures

Setelah menangis kencang saat dilahirkan, di beberapa menit pertama bayi akan dengan cepat berubah menjadi lebih tenang bahkan menjadi diam.

Mama tidak perlu panik, karena itu tandanya bayi sudah masuk ke dalam tahap menenangkan dirinya sendiri. Selama tahap relaksasi ini, ditandai dengan gerakan mulut dan tangan bayi yang menjadi jauh lebih rileks dari sebelumnya.

Berkat pelukan hangat yang Mama berikan kepada Si Kecil, dapat membantunya untuk mengatur napas, mengatur suhu tubuh serta detak jantungnya.

2. Punya naluri mencari makan

2.  Pu naluri mencari makan
Unsplash/bullmoose

Inisiasi Menyusu Dini atau yang biasa disingkat IMD adalah salah satu rekomendasi WHO tentang standar makanan bagi bayi.

IMD adalah proses membiarkan bayi dengan nalurinya sendiri menyusu dalam 1 jam pertama setelah lahir, bersamaan dengan kontak kulit (skin to skin contact) antara kulit ibu dengan kulit bayi.

IMD memiliki manfaat yang begitu banyak untuk bayi. Mulai dari menurunkan risiko kedinginan, membantu bayi melawan bakteri, membuat napas dan detak jantung bayi lebih stabil, dan manfaat baik lainnya bagi bayi.

3. Menyerap nutrisi dari tali pusar

3. Menyerap nutrisi dari tali pusar
Pexels/pixabay

Ketika bayi masih berada di dalam rahim, melalui tali pusar bayi bisa mendapatkan dan terpenuhi asupan nutrisi serta oksigen yang diambil dari tubuh Mama.

Seorang dokter keluarga, Dr. Allan Bruckheim, menyebutkan bahwa ketika bayi lahir, tali pusar mengandung oksigen bercampur darah, serta asupan nutrisi bagi bayi yang diambil dari ari-ari.

Jadi, meskipun tali pusar bayi telah dipotong, bayi masih bisa menyerap manfaat dari tali pusar, lho.

Hebat ya!

Editors' Picks

4. Membakar lemak

4. Membakar lemak
Pixabay/Public Domain Pictures

Lemak tidak hanya identik dengan berat badan yang berlebih.

Ternyata lemak juga memiliki manfaat terlebih bagi bayi yang baru lahir. Berbeda dengan lemak yang ada pada tubuh manusia dewasa, bayi memiliki lemak khusus yang hanya ada pada janin dan bayi yang baru lahir.

Lemak alami ini dipersiapkan untuk menghangatkan tubuh bayi karena suhu di dunia di luar rahim lebih dingin dibandingkan dengan suhu di dalam.

Meskipun membutuhkan selimut agar tidak kedinginan, tubuh bayi sendiri sudah diatur sedemikian rupa agar tetap hangat.

5. Mengosongkan cairan di dalam paru-paru

5. Mengosongkan cairan dalam paru-paru
Pexels/Wayne Evans

Sesaat setelah bayi keluar dari rahim, dia akan menghirup napas pertamanya. Nah, untuk menghirup napas pertama kali, hal itu akan membuat bayi terlihat seperti ia akan muntah. Namun, sebenarnya tidak.

Ketika baru lahir paru-paru bayi dipenuhi cairan. Oleh karenanya, untuk bisa menghirup oksigen dengan normal, ia harus mengeluarkan cairan tersebut terlebih dulu. Tekanan pada dada bayi saat ia meluncur keluar dari jalan lahir, juga akan membatu cairan paru-paru tadi keluar.

Jadi, saat melihat bayi bereaksi seperti ingin muntah Mama tak perlu khawatir ya.

6. Pup "benda-benda" aneh

6. Pup "benda-benda" aneh
thedaisyfoundation.com

Dilansir dari laman Parents menyebutkan, bahwa pup pertama bayi yang baru dilahirkan akan berisi material yang dicerna bayi selama berada di dalam rahim.

Mama akan menemukan seperti kulit sel yang terkelupas, lendir, air, cairan ketuban, juga cairan empedu pada pup pertama bayi. Setelah semua yang bayi cerna saat masih di dalam rahim keluar, komposisi aneh yang ada pada pup bayi akan segera menghilang dalam beberapa hari.

7. Melindungi dirinya sendiri

7. Melindungi diri sendiri
Pexels/Public Domain Pictures

Bayi yang baru lahir tubuhnya akan diselimuti oleh zat yang bentuk dan warnanya menyerupai keju.

Zat ini disebut vernix caseosa yang berfungsi melindungi kulit bayi serta membantu kulit tubuh bayi beradaptasi dengan udara yang ada di luar rahim.

Menurut Pusat Bioteknologi dan Informasi, bayi yang baru lahir sangat bergantung pada lapisan zat yang menyerupai keju tersebut selama beberapa jam pertama kehidupannya.

Tak hanya itu, zat tersebut juga membantu kulit bayi agar tetap terhidrasi, melindungi kulit bayi dari kuman, bahkan membantu bayi mengenali aroma tubuh Mama.

Jadi, setelah mengetahui manfaat zat lengket yang melingkupi tubuh bayi saat lahir, Mama akan menunda memandikannya sesaat Si Kecil lahir, kan? 

Hebat kan, anak mama!