10 Cara Mudah Menenangkan Bayi yang Rewel

Menangis, mengalami kolik, hingga perut sebah, Mama perlu tahu kenapa si Kecil resah

8 Mei 2021

10 Cara Mudah Menenangkan Bayi Rewel
Freepik/sergei_stock1977

Segala usaha sudah dilakukan untuk menenangkan bayi yang rewel, tapi Mama belum berhasil juga menenangkannya? Hal ini sangat wajar terjadi, karena satu-satunya cara berkomunikasi yang mereka tahu hanyalah tangisan.

Mama perlu mencari tahu penyebabnya saat si Kecil menangis terus. Namun jika Mama sudah memenuhi segala kebutuhannya, dan dia tetap manangis, coba saja cara menenangkan bayi rewel yang dirangkum Popmama.com berikut ini:

1. Coba bungkus dengan bedong

1. Coba bungkus bedong
Pexels/Baby Concept

Mama bisa mencoba cara ini untuk membuat si Kecil merasa aman. Para ahli berpendapat bahwa bedong dapat menenangkan bayi karena bisa menciptakan perasaan nyaman seperti di dalam rahim. Bedong juga dapat membuat bayi tetap merasa hangat seperti dalam pelukan.

2. Bantu menemukan sesuatu untuk diisap

2. Bantu menemukan sesuatu diisap
Pixabay/RitaE

Biasanya bayi menenangkan diri dengan melakukan isapan yang meski tidak mengisi perutnya tapi bisa menenangkan sarafnya. Bantu dia menemukan jari atau kepalan tangannya, atau berikan jari mama.

Empeng juga bisa membantu dalam hal ini. Namun harus dipertimbangkan untuk menunggu sampai proses menyusui sudah mantap sebelum memutuskan untuk memberikannya pada si Kecil.

3. Masukkan dalam gendongan

3. Masukkan dalam gendongan
Popmama.com/Anindita Budhi

Membawa si Kecil berjalan-jalan dalam gendongan juga jadi cara yang bagus untuk menenangkannya. Mereka menikmati perasaan dekat dan ritme langkah mama. Dengan gendongan, bayi akan merasa nyaman di dalam depakan, dan tangan mama masih bisa leluasa bergerak.

4. Goyangkan atau letakkan dalam ayunan

4. Goyangkan atau letakkan dalam ayunan
Freepik

Mama bisa menggendongnya sambil duduk di kursi goyang, atau meletakkanya dalam ayunan bayi. Jika menggunakan alat bermotor, pastikan untuk mengikuti instruksi keselamatan dan perhatikan batasan usia serta berat maksimal penggunanya.

Editors' Picks

5. Perdengarkan white noise

5. Perdengarkan white noise
Freepik/torwaiphoto

Beberapa bayi bisa tenang dengan mendengarkan suara mendesing yang berirama. Suara ini diperkirakan mengingatkan mereka akan suasana dalam kandungan. Mama bisa coba menyalakan vacuum cleaner, pengering rambut, atau kipas angin.

6. Menyanyikan lagu

6. Menyanyikan lagu
Unsplash/Ana Tablas

Si kecil tidak akan tahu apakah Mama menyanyi dengan nada yang tepat atau tidak, mereka hanya akan merasa Mama sedang mengalunkan lagi cinta untuknya. Saat ia sedang ngambek, Mama bisa coba nyanyikan lagu klasik sebagai pengantar tidur.

7. Mandikan dulu

7. Mandikan dulu
Pixabay/amyelizabethquinn

Beberapa bayi akan melunak saat mandi. Mama bisa mencoba memandikannya dengan air hangat, dan menjadikannya sebagai rutinitas untuk menenangkannya.

Mandi akan membuat si Kecil merasa lebih rileks sehingga bisa membuatnya merasa lebih tenang. Apalagi bila Mama memandikannya dengan menggunakan sabun dengan aroma-aroma yang menenangkan.

8. Berikan pijatan

8. Berikan pijatan
Pexels/shvetsa

Memijat bayi bisa jadi ritual yang menyenangkan, tak hanya bagi si Kecil, tapi juga bagi Mama. Cara ini pun bagus untuk menenangkan tangisannya. Mama bisa bereksperimen dengan lotion atau minyak pijat khusus untuk bayi, meskipun sebenarnya itu tak perlu.

Gunakan sentuhan lembut yang tegas, tapi tidak menggelitik. Pahami isyarat yang diberikan si Kecil. Biasanya bayi akan bereaksi ketika tekanan pijatan terlalu berlebihan.

9. Coba metode 'colic-carry'

9. Coba metode 'colic-carry'
Freepik/Phduet

Ketika bayi menangis terus-terusan, kadang yang dia butuhkan adalah tekanan pada perutnya atau yang dikenal sebagai colic-carry. Cara ini membantu meredakan gas dan kolik.

Baringkan si Kecil tengkurap dalam pelukan mama. Dekatkan kepalanya pada kepala mama, dan gosok punggungnya. Atau biarkan dia tidur telentang dan berikan gerakan mengayuh sepeda dengan posisi lutut mendekati perutnya. Lakukan 10 detik, lepaskan, dan ulangi beberapa kali.

10. Bawa ke luar

10. Bawa ke luar
Freepik/dashu83

Mungkin si Kecil hanya butuh suasana yang berbeda. Coba bawa dia ke luar rumah atau ruangan. Cahaya, udara, dan suhu berbeda, ditambah pemandangan, suara, dan bau yang baru, akan meningkatkan suasana hati setiap orang, termasuk bayi.

Itulah beberapa cara menenangkan bayi yang rewel. Well, bersenang-senanglah dengan si kecil, Ma. Meski masih bayi, dia pun bisa bosan dan hal itu juga bisa membuatnya rewel. Hiburlah mereka dengan berbagai hal yang menyenangkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.