Macam-Macam Carrier Oil untuk Campuran Essential Oil

Memiliki manfaat untuk membantu essential oil agar bisa bertahan lebih lama di kulit

27 November 2021

Macam-Macam Carrier Oil Campuran Essential Oil
Popmama.com/Novy Agrina

Mama mungkin sudah sering mendengar essential oil yang memang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi apakah Mama tahu apa itu carrier oil? Carrier oil yang biasa dikenal dengan minyak pelarut adalah minyak nabati yang diperoleh dari metode pressing biji tumbuhan. 

Cicilia Elisabeth selaku Brand Manager Bonnels yang ditemui di IMBEX 2021 pada Jumat (26/11/2021) memberikan penjelasan mengenai cara penggunaan carrier oil serta jenisnya yang baik untuk digunakan. 

Sebelum menentukan carrier oil apa yang ingin Mama gunakan, ada baiknya Mama harus mempertimbangkan terlebih dahulu dari segi warna, penyerapan, tipe kulit dan keawetannya. Karena beberapa carrier oil bisa mengganggu wangi dari essential oil itu sendiri ketika dicampur. 

Nah, di bawah ini Popmama.com akan beri pilihan macam-macam carrier oil apa saja yang bisa digunakan untuk campuran essential oil.

1. Almond Oil (Minyak Almond)

1. Almond Oil (Minyak Almond)
Pexels/Mareefe

Salah satu carrier oil yang baik digunakan ialah almond oil atau minyak almond. Memiliki kandungan berbagai vitamin termasuk vitamin E, minyak almond berfungsi untuk melembapkan serta memberi nutrisi pada kulit. 

Minyak almond cocok untuk bayi yang memiliki kulit kering. Memiliki aroma kacang yang cukup kuat, ia akan menutupi wangi dari essential lainnya ketika dicampur.

Minyak ini biasanya digunakan sebagai minyak pijat untuk si Kecil, minyak mandi dan juga bahan sabun.

2. Avocado Oil (Minyak Alpukat)

2. Avocado Oil (Minyak Alpukat)
Pexels/Mikhail Nilov

Avocado oil atau minyak alpukat mengandung vitamin A,D, dan juga E yang memberikan manfaat antioksidan untuk kulit. Dikenal memiliki sifat pelembap yang amat baik. Minyak alpukat kaya akan oleic acid yang bisa membantu mengatasi kaki kering, pecah-pecah dan kulit kering. 

Selain itu, minyak alpukat juga berfungsi memperbaiki rambut yang kering dan juga rusak. Sayangnya minyak ini tidak coock untuk kulit berjerawat karena ia meningkatkan produksi minyak yang banyak. 

3. Coconut Oil (Minyak Kelapa)

3. Coconut Oil (Minyak Kelapa)
Pexels/Tijana Drndarski

Coconut oil mengandung asam lemak dan polifenol yang baik untuk digunakan sebagai minyak pijat ataupun sebagai skincare. Namun menggunakan minyak ini tetap harus diperhatkan lagi, karena bisa menimbulkan jerawat sebab ia bersifat menyumbat pori-pori. 

Editors' Picks

4. Olive Oil (Minyak Zaitun)

4. Olive Oil (Minyak Zaitun)
Pexels/Pixabay

Olive oil sudah tidak asing lagi didengar. Minyak yang dibuat dari minyak zaitun ini diawetkan terlebih dahulu dalam prosesnya supaya bisa digunakan sebagai carrier oil dan juga aromaterapi.

Sama halnya dengan coconut oil, olive oil tidak direkomendasikan untuk jenis kulit yang berjerawat walaupun fungsinya sebagai pelembap alami kulit.

5. Jojoba Oil (Minyak Jojoba)

5. Jojoba Oil (Minyak Jojoba)
Pexels/Mareefe

Jojoba oil salah satu dari sekian banyak minyak yang cocok untuk pijat dan digunakan sebagai pelembap. Karena ida dapat mengurangi produksi minyak di kulit. 

Jojoba oil mudah sekali menyerap dan tidak menyumbat pori-pori, itulah sebabnya ia menjadi minyak yang baik untuk pijat. 

6. Bonnels Massage Oil

6. Bonnels Massage Oil
Popmama.com/Novy Agrina

Bonnels soothing massage oil merupakan perpaduan dari tiga carrier oil, yaitu coconut oil, jojoba oil dan juga olive oil

Memiliki manfaat untuk membantu menjaga kelembapan kulit serta membantu menghaluskan kulit, ini cocok sekali digunakan untuk si Kecil dari usia newborn hingga dewasa nanti.

7. Cara penggunaan carrier oil

7. Cara penggunaan carrier oil
Pexels/Alesia Kozik

Carrier oil  biasanya digunakan terlebih dahulu dengan metode massage sebelum menggunakan essential oil. Cicilia mengatakan bahwa essential oil tidak boleh digunakan langsung, sehingga diperlukan carrier oil sebagai massage oil.

"Kondisi kulit kan berbeda-beda, jadi kami menyarankan untuk menggunakan carrier oil terlebih dahulu," ucapnya. 

Ia juga menambahkan kandungan terbaik untuk carrier oil ialah yang memiliki kandungan bahan-bahan alami sehingga aman di kulit. 

"Essential oil dipakai dengan cara massage, tapi tidak boleh langsung, jadi harus pakai massage oil (carrier oil) dulu. Carrier oil yang terbaik ialah yang kandungannya bahan-bahan alami juga," tambahnya. 

Untuk usia bayi baru lahir hingga dengan 6 bulan, penggunaan carrier oil ialah mencampurkan 1-2 tetes essential oil ke dalam 1 sdm carrier oil sebelum dipijatkan ke area tubuh si Kecil. 

Sedangkan untuk anak di atas 6 bulan, ialah dengan mencampurkan 3-5 tetes essential oil ke dalam 1 sdm carrier oil sebelum digunakan. 

8. Manfaat carrier oil yang dicampurkan dengan essential oil

8. Manfaat carrier oil dicampurkan essential oil
Popmama.com/Novy Agrina

Carrier oil yang biasa dicampurkan dengan essential oil ini tidak memiliki bau, sehingga ia tidak mengganggu fungsi dari essential oil ketika dicampurkan. 

Carrier oil yang dicampurkan dengan essential oil memiliki manfaat untuk membantu essential oil agar bisa bertahan lebih lama di kulit. Sehingga penyerapan essential oil pada tubuh menjadi lebih optimal.

Penggunaan carrier oil akan memperkecil kemungkinan kulit mengalami reaksi sensitif seperti kulit kemerahan, terbakar atau ruam.

Cicilia sendiri menyebutkan keunggulan dari carrier oil yang dimiliki Bonnels ialah tidak hanya sebagai essential oil saja, tapi juga bisa digunakan untuk pijat bayi, anak dan pijat laktasi atau oksitosin.

"Carrier oil di kami kegunaannya tidak hanya untuk essential oil, karena produk ini manfaatnya untuk mama, jadi carrier oil di kami untuk massage juga. Mungkin kalau Mama lagi menyusui, untuk pijat laktasi atau oksitosin," ucapnya. 

Demikian informasi mengenai macam-macam carrier oil yang bisa digunakan, serta cara pemakaiannya untuk si Kecil. Semoga bermanfaat untuk Mama. 

Selama IMBEX 2021 berlangsung produk Bonnels dapat ditemui di booth Buiboo bersama produk ibu dan anak lainnya yaitu Soleram, Nyonya Nursing Wear, Letter in Pine, Sabine ang Heem, dan Mononom.

6 Produk lokal ini menjadi bagian dari end-to-end retail ekosistem yang dibangun oleh Hypefast. Banyak diskon yang ditawarkan selama pameran berlangsung pada 26-29 November 2021. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk