15 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

Jangan beli yang tidak begitu dibutuhkan si Kecil Ma!

7 Desember 2021

15 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Perlu Dibeli
Pexels/Pixabay

Menyambut kelahiran bayi memerlukan banyak persiapan. Selain Mama harus lebih siap secara fisik dan mental, Mama juga perlu membeli barang-barang perlengkapan yang dibutuhkan bayi.

Perlengkapan ini seharusnya memang sudah harus dibeli oleh Mama sebelum bayi lahir agar semua sudah siap ketika menyambut si Kecil.

Menjadi orangtua baru tentunya akan sedikit mengalami kebingungan barang apa saja yang harus dibeli. Jangan sampai membeli barang yang nantinya tidak terpakai. 

Bayi baru lahir memang membutuhkan perlengkapan yang tidak sedikit lho, Ma. Untuk itu, agar tidak terlalu bingung apa saja yang ingin dibeli, di bawah ini, Popmama.com telah merangkumnya untuk Mama. Yuk cari tahu barang apa saja Ma. 

1.Baju dan celana bayi

1.Baju celana bayi
Pexels/Sarah Chai

Untuk memberi kehangatan pada si Kecil, ia juga membutuhkan baju dan celana. Nah untuk membeli barang ini, ada baiknya Mama memilih jenis baju dan celana yang nyaman untuk si Kecil dari segi ukuran ataupun bahan. 

Kalau Mama masih bingung jenis baju apa saja, Mama bisa mulai membeli baju jumper pendek dan panjang yang disertai kancing di bagian bahunya. Kemeja dengan gaya kimono dan ada kancing di bagian bahu, piyama, celana pendek dan celana panjang. 

Untuk keperluan celana lainnya, Mama juga bisa membeli legging dengan bahan yang elastis. Jangan lupa untuk membeli sweater dan jaket yang memiliki kancing di depan ya, Ma. 

2. Sarung tangan, kaus kaki dan topi

2. Sarung tangan, kaus kaki topi
Freepik

Agar bayi tetap merasa hangat saat baru lahir, Mama setidaknya bisa menyiapkan beberapa pasang kaus kaki dan sarung tangan untuknya dengan bahan yang nyaman dan lembut. 

Selain membuat nyaman si Kecil ketika udara dingin, ini juga bisa mencegah si Kecil untuk tidak melukai wajah dan bagian tubuh lainnya dengan kukunya. 

3. Popok

3. Popok
Freepik

Bayi baru lahir biasanya akan menghabiskan banyak popok. Si Kecil akan ganti popok sebanyak 10-12 kali sehari, sehingga mama juga perlu stok popok yang banyak. Ada 2 pilihan popok yang bisa Mama pilih, yaitu popok sekali pakai atau popok kain. 

Popok sekali pakai memang akan memudahkan Mama karena tidak perlu dicuci lagi, sedangkan popok kain perlu dicuci dan bisa digunakan lagi. 

Kalau Mama ingin membeli popok sekali pakai, pilihlah khusus popok untuk bayi baru lahir, namun jika memilih popok kain, pilihlah yang terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap dan juga lembut untuk kulit bayi.

4. Bedung dan selimut

4. Bedung selimut
Freepik

Membeli bedung dan selimut jangan sampai terlewatkan, Ma. Bedung dan selimut bisa membuat bayi merasa hangat, nyaman dan terlindungi seperti ketika mereka berada di dalam rahim mama. Mama cukup membeli beberapa selimut dan bedungan bayi.

5. Perlengkapan untuk mengganti popok

5. Perlengkapan mengganti popok
Freepik

Bagi orangtua baru, perlengkapan bayi yang banyak bisa saja kelewatan dibeli. Nah, untuk yang satu ini perlu dibeli Ma.

Mengganti popok ternyata cukup banyak peralatannya. Misalnya bola kapas tanpa alkohol dan pewangi, krim popok jika diperlukan.

Tisu basah juga harus selalu tersedia untuk memudahkan Mama mengganti popok di mana saja tanpa perlu menggunakan air. Perlak yang kedap air juga perlu untuk digunakan alas si Kecil ketika ganti popok. 

6. Perlengkapan perawatanbayi

6. Perlengkapan perawatanbayi
Pexels/Polina Tankilevitch

Selain perlengkapan bayi, bayi baru lahir juga memerlukan perlengkapan perawatan untuk kulit mereka.

Sederhana saja seperti minyak telon untuk dioleskan setelah mandi dan kapan saja, minyak kayu putih  yang digunakan untuk mengatasi gatal-gatal ataupun perut kembung, sisir halus dan juga bedak. 

Nah biasanya beberapa brand memproduksi paket perawatan yang sudah lengkap dengan kebutuhan kulit bayi. Mama bisa memilih sesuai kebutuhan.

Editors' Picks

7. Kelambu

7. Kelambu
Enrique Hoyos

Kulit bayi baru lahir sangat sensitif apabila terkena nyamuk, Ma. Perlengkapan bayi yang satu ini ini bisa dibeli untuk melindunginya dari hewan yang bisa menganggunya. 

Belilah kelambu dengan jaring-jaring kecil yang sangat rapat agar nyamuk kecil pun tidak bisa masuk untuk menggigit si Kecil.

Kelambu bisa dipasangkan di tempat tidurnya. Kelambu ini akan membuat bayi merasa nyaman ketika tidur karena tidak ada gangguan. 

8. Perlengkapan mandi

8. Perlengkapan mandi
Pexels/RODNAE Productions

Kulit bayi baru lahir yang masih cukup sensitif membutuhkan perlengkapan serta produk yang berbahan khusus dibuat untuk kulitnya. Mama perlu membeli produk yang tidak menimbulkan iritasi ataupun alergi. 

Saat ini sudah banyak sekali produk yang menyediakan paket lengkap perlengkapan mandi untuk si Kecil seperti shampo, sabun, bahkan lap mandi untuk mengeringkan badannya. Selain itu, belilah bak mandi agar Mama tidak kesulitan ketika memandikan si Kecil.

9. Tempat tidur bayi

9. Tempat tidur bayi
Pexels/Alicia

Mungkin sebagian orangtua ingin tidur bersama dengan si Kecil setelah lahir, namun mempersiapkan untuk membeli tempat tidur bayi juga harus dilakukan.

Tidak perlu yang memiliki ranjang, setidaknya si kecil memiliki tempat khusus untuk dirinya sendiri agar leluasa bergerak. 

Tempat tidur bayi penting karena merupakan tempat yang paling aman untuk si Kecil tidur selama 6 bulan pertama kehidupannya. Sediakan juga beberapa seprai berbahan lembut sebagai alas tempat tidurnya.

10. Gunting kuku dan cotton bud

10. Gunting kuku cotton bud
Pexels/Enrique Hoyos

Gunting kuku salah satu perlengkapan bayi yang harus dibeli. Bayi baru lahir biasanya memiliki kuku yang panjang, dikhawatirkan itu akan melukai wajahnya nanti. 

Cotton buds digunakan Mama untuk membersihkan area luar telinga pada si Kecil, sehingga ini perlu masuk ke daftar list belanja perlengkapan bayi ya, Ma. 

11. Obat-obatan

11. Obat-obatan
Pexels/Polina Tankilevitch

Untuk jenis obat-obatan yang harus dibeli, ini perlu dikonsultasikan dulu ke dokter Ma. Mama bisa tanyakan obat apa yang sesuai untuk anak jika mengalami sakit seperti demam dan juga kolik.

Pemberian obat pada bayi baru lahir tentunya harus dilakukan secara hati-hati sekali dan sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. 

12. Tas bayi

12. Tas bayi
pexels/Sarah Chai

Ketika menjadi orangtua, Mama akan berfokus untuk membeli tas bayi yang memiliki banyak ruang penyimpanan. Ini karena bayi memiliki banyak kebutuhan yang harus dibawa ketika sedang berada di luar rumah.  

Misalnya saja ketika bepergian, Mama harus sediakan beberapa celana serta baju di dalam tas, diapers yang juga sangat dibutuhkan si Kecil. 

13. Mainan dan hiburan

13. Mainan hiburan
Freepik

Mainan dan hiburan juga termasuk ke dalam perlengkapan bayi baru lahir. Tidak perlu mahal, tetapi Mama bisa belikan mainan yang dapat merangsang perkembangan otaknya. 

Jika sewaktu-waktu di perjalanan anak menangis atau butuh dihibur, maka Mama sudah menyiapkan mainan di dekatnya yang bisa menghibur si Kecil. Mainan juga bisa membantu mereka dari rasa bosan. 

14. Botol susu

14. Botol susu
Pexels/Burst

Perlengkapan bayi yang satu ini sepertinya tidak pernah ketinggalan untuk dibeli semua orangtua ketika memiliki bayi.

Walaupun Mama tidak berencana untuk memberikan susu formula, botol menjadi perlengkapan yang harus dimiliki. Misalnya untuk memberi ASI perah.

15. Deterjen khusus bayi

15. Deterjen khusus bayi
Pexels/Anna Shvets

Deterjen untuk mencuci baju orang dewasa dengan baju si Kecil ternyata berbeda Ma.

Karena deterjan yang biasa digunakan terbuat dari bahan-bahan kimia yang belum cocok untuk kulis si Kecil yang sangat sensitif. Hal ini dikhawatirkan akan memberikan efek pada kulit bayi nantinya. 

Jadi pilihlah deterjen khusus untuk mencucui baju si Kecil agar pakaian mereka aman dari kandungan kimia. 

Itulah tadi beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Mama tidak perlu bingung lagi ya untuk membeli yang mana.

Semoga informasi di atas membantu Mama yang sedang menantikan kelahiran ataupun yang baru saja memiliki bayi. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.