Tips dan Trik Agar Bayi Cepat Mengantuk

Apakah bayi Mama sulit tidur?

15 April 2018

Tips Trik Agar Bayi Cepat Mengantuk
static.pexel

Pada enam bulan pertama, fase tidur bayi masih sering kacau. Ia sering terbangun di malam hari, susah tidur begitu dibaringkan di kasur, dan sedikit-sedikit harus digendong. Mama dan Papa pasti dengan senang hati melakukannya. Tapi lama-lama khawatir juga lalu berpikir, bagaimana caranya agar Si Kecil cepat mengantuk dan kualitas tidurnya membaik.

Popmama.com punya sederet tips cerdas di bawah ini untuk atasi masalah tidur bayi. Mama bisa mencobanya agar Si Kecil segera terlelap kembali setelah terbangun. Simak yuk!

1. Berikan perbedaan kontras antara siang dan malam

1.	Berikan perbedaan kontras antara siang malam
Unsplash/insungyoon

Jam tidur bayi mestinya lebih panjang pada malam hari ketimbang siang. Tapi sayangnya, justru saat malam itulah ia banyak terbangun. Untuk membantu Mama, coba kenalkan padanya perbedaan kontras antara siang dengan malam. Tentu saja tidak bisa dengan penjelasan verbal, tapi melalui kondisi rutin.

Pada siang hari, biarkan pintu dan jendela kamar terbuka saat Si Kecil tidur. Suara televisi, kendaraan lewat, atau orang-orang rumah akan tetap terdengar. Lalu malam harinya, matikan semua sumber suara saat masuk jam tidur. Terapkan rutinitas ini setiap hari untuk membentuk pola tidur yang teratur.

2. Ajak berbaring, jangan terlalu banyak digendong

2.	Ajak berbaring, jangan terlalu banyak digendong
Unsplash/echogrid

Jika Mama terbiasa menggendong Si Kecil sampai ia mengantuk, ketika dipindahkan ke kasur malah membuatnya terbangun. Meski proses pemindahan sudah dilakukan selembut mungkin, ia bisa mengenali perbedaannya. Hal inilah yang membuatnya kurang tenang.

Sebaiknya ajak Si Kecil berbaring sambil mengajaknya berinteraksi. Lama-lama ia akan mengantuk dengan sendirinya karena suasana di sekitar terasa nyaman.

3. Pastikan popok dalam keadaan kering

3.	Pastikan popok dalam keadaan kering
Unsplash/picsea

Popok yang penuh atau cukup basah juga berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan. Sebelum menidurkan Si Kecil di kasur, pastikan popoknya dalam kondisi kering. Bisa juga balurkan minyak telon di bagian pantat dan perutnya untuk memunculkan sensasi hangat.

Editors' Picks

4. Buat ia dalam kondisi kenyang

4.	Buat ia dalam kondisi kenyang
publicdomainpictures

Bayi dalam kondisi kenyang akan lebih mudah mengantuk. Inilah alasannya menyusui sambil tiduran menjadi favorit para Mama. Kadang Si Kecil tertidur dengan sendirinya karena sudah merasa kenyang.

Cara ini sebaiknya juga dilakukan ketika Si Kecil terbangun. Segera susui ia untuk menghentikan tangis atau menenangkannya. Dengan begitu tidurnya akan lebih nyenyak dan berkualitas.

5. Lakukan pijatan lembut

5.	Lakukan pijatan lembut
unsplash/adroman

Memberikan pijatan lembut pada tubuh bayi juga bisa membuatnya cepat mengantuk. Pijat lembut kaki dan tangannya, dengan gerakan memutar seperti mengusap atau tepuk-tepuk pelan bagian pahanya. Cara ini dijamin sukses membuatnya nyaman dan segera terlelap.

6. Ciptakan suasana nyaman

6.	Ciptakan suasana nyaman
unsplash/michal9335

Poin yang paling penting adalah selalu menciptakan suasana nyaman di kamar. Langkah pertama tentu dengan menjaga kebersihan, memastikan sprei, selimut, dan sarung bantal dalam keadaan nyaman dipakai. Redupkan lampu di malam hari juga bisa membuatnya lebih tenang.

Begitu mendekati jam tidur, jauhkan mainan-mainan yang bisa menimbulkan gerak dan bunyi. Jika pada siang hari Si Kecil biasa tidur di boks dengan mainan menggantung di atas, untuk malam hari baringkan ia di ranjang Mama yang lebih luas dan tenang. Suasana nyaman juga bisa didapatkan dari aroma terapi yang menenangkan. Bisa dengan mengoleskan minyak kayu putih di perut dan ujung tangan-kaki.

Beberapa bayi memiliki kebiasaan tidur yang unik. Misalnya ia terlelap nyenyak dengan membenamkan wajahnya di ketiak Mama. Ada juga yang merasa nyaman jika tangannya bersentuhan dengan tangan Papa. Nah, hal-hal sepele ini sebaiknya Mama perhatikan. Kenyamanan yang diperolehnya dari kontak fisik dengan orangtua bisa meningkatkan kualitas tidur.

Selamat tidur!