Viral Wajah Bayi Baru Lahir Ditusuk Pensil demi Bentuk Lesung Pipi

Hal ini terjadi karena kepercayaan terhadap mitos

2 Juli 2022

Viral Wajah Bayi Baru Lahir Ditusuk Pensil demi Bentuk Lesung Pipi
Tiktok.com/@nnanggggg_

Ada banyak mitos yang dipercayai oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah mitos mengenai lesung pipi yang bisa dibentuk sejak bayi. Mitos ini mengatakan kalau pipi bayi yang baru lahir ditusuk-tusuk dengan sebuah benda, maka kelak ia akan memiliki lesung pipi.

Hal ini pula yang terjadi pada bayi yang baru lahir asal Sulawesi Tengah. Videonya ditusuk dengan menggunakan pensil eyeliner pun viral seketika dan mendapat berbagai reaksi dari masyarakat.

Berikut ini rangkuman informasi mengenai wajah bayi baru lahir ditusuk pensil demi bentuk lesung pipi yang sudah Popmama.com rangkum untuk Mama.

1. Video bayi ditusuk pensil viral di berbagai media sosial

1. Video bayi ditusuk pensil viral berbagai media sosial
Tiktok.com/@nnanggggg_

Pada tanggal 1 Juli 2022, sebuah video bayi ditusuk pensil membuat gempar warganet. Pasalnya, pada video tersebut terlihat pipi seorang bayi yang dibedong dengan kain batik ditusuk dengan sebuah pensil yang diduga merupakan pensil eyeliner.

Tak hanya dilakukan satu kali, orang dewasa dalam video yang menusukkan pensil tersebut tampak melakukan hal itu berkali-kali pada si Bayi. Bayi yang kulitya masih begitu merah ini pun terlihat tidak nyaman dan kesakitan.

Editors' Picks

2. Alasan hal itu dilakukan adalah untuk membentuk lesung pipi

2. Alasan hal itu dilakukan adalah membentuk lesung pipi
Tiktok.com/@nnanggggg_

Pada video ini terlihat pensil ditusukkan ke salah satu bagian pipi bayi yang bernama Rizky Praditya itu. Setelah tusukan pertama, bayi tersebut pun kembali ditusuk dengan pensil kedua di bagian pipinya sebelahnya.

Tujuan dari ditusukkannya pensil pada wajah bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut diduga karena kepercayaan terhadap mitos untuk membentuk lesung pipi. Mitos ini memang sudah lama dipercaya masyarakat, namun perlu diketahui bahwa untuk memiliki lesung pipi tentu tidak bisa dibuat-buat apalagi dengan ditusuk pensil.

3. Tanggapan dokter mengenai video viral ini

3. Tanggapan dokter mengenai video viral ini
Tiktok.com/@aymanalts

Saking viralnya video ini, salah satu dokter pun ikut menanggapi dan memberikan edukasi mengenai mitos membentuk lesung pipi pada bayi ini.

Pada videonya, dokter Ayman Alatas mengatakan bahwa lesung pipi bisa terjadi karena ada anomali otot zigomatik mayor yang terbagi menjadi dua. Ia pun mengatakan seseorang bisa memiliki lesung pipi karena adanya faktor genetik.

"Lesung pipi ini terjadi karena faktor genetik ya, guys. So, sebetulnya secara teori ditusuk-tusuk seperti itu ya nggak bakal mempngaruhi kalau nggak ada genetik yang membentuk si lesung pipi tersebut," jelasnya.

Ia juga mengatakan jika benar-benar ingin memiliki lesung pipi, setiap orang bisa mendapatkannya dengan cara melakukan operasi pembentukan lesung pipi. Namun, ia mengatakan kalau ini bukanlah hal yang penting.

4. Banyak masyarakat yang geram karena video ini

4. Banyak masyarakat geram karena video ini
Pexels/freestocks.org

Video yang kini sudah ditonton oleh lima juta penonton dalam waktu satu hari itu terang saja menimbulkan banyak reaksi dari warganet. Beberapa diantaranya mengaku kesal serta kasihan saat melihat tindakan yang dilakukan pada bayi di video tersebut.

"Kasian itu bayinya baru lahir, kita yang bukan orng tuanya aja gak tega lihatnya massa yg bikin tidak pikir itu bayi rasa sakit atau tdk😳😳," tulis akun @bestyyyy56.

"mba tp lesung pipi itu turunan, kalok mbanya atau suaminya ada pasti nurun 😭😭," tulis akun @bbygirl 🐣✨.

"Masih ada percaya begitu??? 😳😳 Duhh gustiiiii," tulis @Peachy.babe22.

Beberapa dari warganet pun ikut melakukan stitching pada video tersebut untuk menunjukkan lesung pipi alami yang mereka miliki. "Asli. Original. Dikasi sama Gusti Allah," ujar akun @mimialintadi0.

Nah, itulah tadi rangkuman informasi tentang wajah bayi baru lahir ditusuk pensil demi bentuk lesung pipi. Semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk