5 Cara Merawat Kulit Bayi yang Super Kering

Beberapa bayi memiliki kulit yang sangat kering, ini cara merawatnya

29 Januari 2020

5 Cara Merawat Kulit Bayi Super Kering
Freepik

Dalam iklan, selalu terlihat bagaimana kulit bayi sangat lembut dan kenyal. Jauh dari itu, ada banyak juga bayi yang memiliki kulit kering dan membutuhkan perawatan khusus. 

Tidak setiap bayi lahir dengan kulit sempurna. Ada juga yang lahir dengan sifat kulit kering dan butuh penanganan khusus. 

Disusun Popmama.com seperti yang dikutip dari Good Housekeeping, berikut beberapa cara merawat kulit bayi yang super kering. 

1. Rutin memberi pelembap

1. Rutin memberi pelembap
Freepik

Menurut kepala dokter anak di Children's Hospital of Philadelphia (CHOP), Katie Lockwood, M.D., hal yang paling penting adalah rutin memberi pelembap pada bayi. 

Menurutnya, Pelembap bisa membantu kulit bayi menjadi lebih terhidrasi. Bayi yang memiliki kulit normal, perlu dioleskan pelembap satu kali sehari. 

Sedangkan jika kulit si Kecil lebih kering dari biasanya, bisa menambah frekuensi pelembapnya menjadi beberapa kali dalam sehari. 

2. Agar efektif, beri pelembap segera setelah selesai mandi

2. Agar efektif, beri pelembap segera setelah selesai mandi
Pexels/Henley Design Studio

Waktu terbaik memberikan pelembap pada si Kecil adalah sesaat setelah mandi. Menurut Katie, kulit bayi cenderung lebih kering saat mereka selesai mandi karena pengaruh suhu air dan sabun yang digunakan. 

Jadi, sangat penting untuk segera mengeringkan tubuh bayi dan langsung memberikan pelembap pada kulitnya. 

Editors' Picks

3. Kurangi penggunaan deterjen dan sabun mandi

3. Kurangi penggunaan deterjen sabun mandi
www.thespruce.com

Kulit bayi yang kering bisa juga disebabkan oleh sabun mandi dan deterjen pencuci bajunya yang salah. Beberapa bahan kimia di dalam sabun mandi dan deterjen bisa membuat kulit iritasi dan alergi. 

Maka dari itu, pilih deterjen dan sabun yang berbahan aman, hipoalergenik, dan yang mengandung pewangi atau parfum sebab bisa menyebabkan kulit kering.  

Bagi bayi yang berkulit kering, melewatkan sabun tak apa. Apalagi jika mereka belum banyak bergerak dan berkeringat. Memandikan si Kecil dengan air bersih saja tak masalah karena bisa menjaga kelembapan alami kulitnya. 

4. Biasakan berendam di air hangat

4. Biasakan berendam air hangat
planetawesomekid.com

Menurut informasi terbaru, anak yang memiliki kulit kering hendaknya diajak berendam di dalam air hangat. Tak perlu lama, cukup 10 menit saja. 

Ini bisa dilakukan secara rutin setiap hari. Dengan begitu, kulit anak jadi lebih terjaga kelembapannya. 

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah berendam di air hangat yang tanpa sabun. Setelahnya, langsung diberikan pelembap untuk mengunci kelembapan kulit si Kecil. 

5. Pilih pelembap yang bentuknya krim pekat

5. Pilih pelembap bentuk krim pekat
www.freepik.com

Jika si Kecil memiliki beberapa area super kering di kulitnya sampai seperti bersisik, maka gunakanlah ointment atau salep pelembap.  

Pilihlah salep yang bebas dari parfum dan pewarna. Salep yang berbentuk krim kental, biasanya lebih melindungi kulit daripada yang bertekstur cair. Untuk rekomendasi krim atau salep pelindung kulit bayi, bisa dibaca di artikel berikut ini, Rekomendasi Krim Pelindung Kulit Bayi yang Sangat Kering.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit si Kecil yang kering. Asal telaten, kulit anak yang kering bisa perlahan terhidrasi dengan baik. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!