Berbagi Pengalaman, Tiara Pangestika Ungkap Drama Penggunaan Car Seat

Tiara Pangestika punya cara tersendiri agar anak pertamanya tidak rewel saat berada di car seat

17 November 2020

Berbagi Pengalaman, Tiara Pangestika Ungkap Drama Penggunaan Car Seat
Instagram.com/tiarapangestika

Hari-hari di kehidupan Arief Muhammad dan Tiara Pangestika semakin berwarna setelah kelahiran anak pertamanya yang bernama Ibrahim Wishaka El Emran pada Jumat (5/6/2020) lalu. 

Setelah melahirkan putra pertamanya, Tipang pun sering membagikan beberapa cerita terkait keseharian saat mengurus si Kecil di Instagram pribadinya. Belum lama ini, Tipang juga membagikan cerita mengenai anak laki-lakinya yang akrab disapa Baim, ketika menggunakan car seat selama melakukan perjalanan dengan mobil. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa cerita dari Tiara Pangestika terkait penggunaan car seat untuk anak pertamanya, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Kira-kira seperti apa ceritanya ya, Ma? 

Editors' Picks

1. Tiara Pangestika menyediakan banyak mainan untuk mengatasi kebosanan putranya saat berada di car seat

1. Tiara Pangestika menyediakan banyak mainan mengatasi kebosanan putra saat berada car seat
Instagram.com/tiarapangestika

Melalui InstaStory pribadinya, Tipang sempat membagikan pengalaman drama car seatanak pertamanya melalui unggahan foto serta video. 

Di 60 menit pertama, Baim terlihat masih tenang dan nyaman ketika berada di car seat. Lewat 60 menit, Tipang mengabadikan putranya sudah mulai gelisah. Kegelisahan Baim tersebut berusaha diatasi oleh Tipang agar putranya tidak rewel atau menangis selama perjalanan. 

"Lewat 60 menit mulai gelisah, saatnya keluarkan satu mainan," tulis Tipang dalam unggahannya. 

Selang beberapa menit kemudian, Baim pun kembali bosan padahal sudah diberikan mainan. Tipang langsung menggantikan mainan putranya dengan jenis yang lain. 

"Tiap 10 menit mulai harus ganti mainan. Sampai akhirnya, bobo. Mulai pinter ya, nak. Udah kenal bosan," tulis Tipang. 

Perlu Mama ketahui bahwa cara Tipang ini bisa ditiru kepada anak-anak yang baru memiliki pengalaman berada di car seat selama perjalanan. Mainan bisa membantu mengalihkan perhatian si Kecil agar tidak mudah rewel dan menangis saat berada di mobil. 

2. Arief dan Tiara Pangestika tidak memaksakan putranya duduk di car seat hingga sampai di tujuan

2. Arief Tiara Pangestika tidak memaksakan putra duduk car seat hingga sampai tujuan
Instagram.com/tiarapangestika

Sebagai seorang mama, Tipang sudah semakin memahami jenis tangisan anak pertamanya. Baim sudah bisa menangis manja apalagi saat sudah bosan berada di car seat. 

"Kalau yang ini masih aman nangisnya. Nangis nangis manja, bosan minta dikeluarin (dari car seat). Kalau dia nggak nyaman, nangisnya nggak seperti ini," tulis Tipang. 

Ketika mengajak putranya bepergian jauh menggunakan mobil, biasanya Arief dan Tipang memiliki kebiasaan untuk berhenti terlebih dahulu setiap dua jam sekali. Pasangan ini tidak ingin memaksakan Baim untuk terus duduk di car seat hingga sampai ke tempat tujuan mereka.

"Kalau perjalanan lebih dari dua jam, biasanya kita akan berhenti dulu buat stretching," ucapnya. 

Cara pasangan ini bisa ditiru agar si Kecil terhindar dari rasa bosan atau kurang nyaman, apalagi gerakannya sangat terbatas selama berada di car seat. 

3. Bagaimana caranya agar bayi bisa nyaman duduk di car seat? 

3. Bagaimana cara agar bayi bisa nyaman duduk car seat 
Instagram.com/tiarapangestika

Penggunaan car seat menjadi standar keselamatan berkendara yang harus dilakukan orangtua saat membawa anak-anaknya bepergian dengan mobil. Aturan tersebut telah diterapkan di beberapa negara, salah satunya Australia. 

Car seat menjadi sangat penting karena dapat melindungi si Kecil dari berbagai risiko cedera apabila mengalami kecelakaan lalu lintas. 

Mama pun perlu mengetahui beberapa cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman ketika si Kecil didudukkan di car seat, antara lain: 

  • Selalu periksa sabuk pengaman si Kecil di car seat. Pastikan penggunaan sabuk pengaman tidak terlalu ketat dan bagian-bagian sekitar car seat tidak ada yang menekan salah satu tubuh bayi. 
  • Posisikan car seat dengan tepat, sehingga si Kecil juga terlindungi dari silau matahari. Selain itu, pastikan agar si Kecil tidak langsung terpapar angin AC karena akan membuatnya mual selama perjalanan.
  • Alihkan perhatian si Kecil agar tidak mudah bosan selama berada di car seat. Apabila sudah mulai bosan, cobalah untuk memutarkan musik favoritnya agar si Kecil terhibur. 

Selain itu, Mama perlu memastikan kalau posisi duduk si Kecil selama berada di car seat membuatnya nyaman. Ketahuilah bahwa posisi duduk yang salah akan membuat anak-anak kurang bisa bernapas dengan baik, apalagi kalau penggunaan sabuk pengaman terlalu kencang.  

Walau car seat sangat membantu ketika membawa bayi bepergian jauh menggunakan mobil, namun usahakan agar si Kecil tidak dibiarkan terus tertidur terlalu lama. 

Menurut Canadian Pediatric Society, orangtua perlu berhenti sejenak dan melonggarkan tali pengikat atau melepas ikatan agar bayi setelah beberapa waktu perjalanan agar bayi tetap merasa nyaman. Ketika sedang berada di rest area, cobalah meluangkan waktu untuk mencari udara segar agar si Kecil tidak mudah bosan. 

Perlu diingat bahwa bayi tidak boleh dibiarkan terus tertidur di car seat pada saat berangkat hingga sudah sampai tujuan dalam durasi yang lama. 

Itu dia beberapa cerita dari Tiara Pangestika sekaligus informasi terkait penggunaan car seat untuk bayi. Semoga ada informasi atau pengetahuan baru yang bisa diambil ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.