Kompak! Begini Aksi Randi dan Tasya Kamila Mencukur Rambut Anaknya

Begini kegiatan terbaru Randi Bachtiar dan Tasya Kamila saat menjadi orangtua!

22 Mei 2019

Kompak Begini Aksi Randi Tasya Kamila Mencukur Rambut Anaknya
Instagram.com/babyaxioo

Pasangan yang telah dikaruniai anak pertama tentu membuat kehidupannya berubah ya, Ma. Begitu juga dengan pasangan Tasya Kamila dan Randi Bachtiar yang telah diberikan kebahagiaan baru atas kelahiran Arrasya Wardhana Bachtiar pada 13 Mei 2019 lalu. 

Sebagai orangtua baru, keduanya tentu masih sama-sama belajar dalam mengurus Rasya. Sama seperti orangtua lainnya, Tasya dan Randi melakukan beberapa aktivitas baru berdua secara kompak. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui berbagai aktivitas terbaru dari Tasya dan Randi setelah memiliki anak pertama, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa momen kehangatan keluarga ini. 

Penasaran seperti apa? Disimak yuk, Ma!

1. Kompak sebagai tim untuk memotong rambut anak pertama

1. Kompak sebagai tim memotong rambut anak pertama
Instagram.com/tasyakamila

Sebelumnya Tasya melalui InstaStory pribadinya berusaha untuk melakukan voting dengan pertanyaan, "apakah Arrasya harus potong rambut jabriknya?"

Selang beberapa jam setelah melakukan voting, dirinya bersama sang Suami kompak menjadi tim untuk memotong rambut Rasya. Putranya terlihat tidak menangis ketika Randi berusaha mencukur, menggunting dan menyisir rambut Rasya menjadi lebih rapi. 

"Pinter ya papanya nyukurin rambut anak bayinya. Good daddy," tulis Rama Bakar sebagai nenek dari Rasya. 

Rambut saat bayi saat masih di dalam kandungan dianggap rambut yang kotor nih, Ma. Tak jarang banyak orangtua ingin mencukur habis rambutnya agar rambut baru kembali tumbuh. 

Perlu diketahui bahwa rambut manusia akan melewati tiga fase pertumbuhan di antaranya fase tumbuh, fase istirahat dan fase lepas. Setiap helai rambut akan berada pada fase pertumbuhan yang berbeda-beda, sehingga seringkali terlihat ada area kulit di kepala bayi yang kurang lebat daripada sisi lainnya. 

Memotong atau tidak memotong rambut bayi baru lahir sebenarnya tidak memengaruhi kecepatan pertumbuhan atau bahkan membuat rambut semakin tebal. Hanya saja yang perlu diingat bahwa memotong rambut bayi baru lahir akan menjaga kebersihan kulit kepala. 

Baca juga: Makanan dan Minuman Ini Membantu Agar Rambut Bayi Terlahir Lebat

2. Menemani Arrasya berjemur di bawah sinar matahari

2. Menemani Arrasya berjemur bawah sinar matahari
Instagram.com/tasyakamila

Melalui InstaStory Tasya Kamila, dirinya merekam aktivitas dari suaminya ketika menemani Rasya saat sedang berjemur di bawah sinar matahari.

Ngejemur bayi dan dia juga ikut kejemur,” tulis Tasya Kamila di salah satu unggahannya. 

Dilansir dari FirstCry Parenting, matahari pagi sangat baik keena mengandung vitamin D alami. Paparan sinar matahari dengan menjemurnya secara rutin selama 15 menit dapat membuat kesehatan bayi lebih baik, apalagi dapat memperkuat tulang dan giginya. 

Proses menjemur bayi di bawah sinar matahari tidak hanya memberikan asupan vitamin D secara alami saja, namun ada beberapa manfaat positif lainnya seperti: 

  • Meningkatkan kadar serotonin yang selalu mampu menciptakan perasaan aman dan bahagia.
  • Meningkatkan kadar insulin, sehingga membantu dalam mencegah penyakit diabetes.
  • Menyehatkan sistem saraf dan meningkatkan imunitas bayi agar tumbuh menjadi lebih kuat. 
  • Mempercepat pembekuan darah karena vitamin D dapat membantu menghentikan aliran darah dengan cara mempertahankan tekanan darah. 
  • Mencegah penyakit kuning yang umumnya disebabkan oleh pertumbuhan bilirubin dan fungsi hati menjadi tidak terkontrol. 
  • Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat membantu produksi hormon melatonin yang berpengaruh pada proses tidur bayi. Jika kadar melatonin di tubuh cukup, maka kualitas tidur si Kecil juga baik. 

Banyak sekali manfaat ketika menjemur si Kecil di bawah sinar matahari ya, Ma!

Baca juga: Wah, Ternyata Ada Bahaya Mengintai Jika Menjemur Bayi Terlalu Lama

Editors' Picks

3. Mengadakan acara tasyakur aqiqah

3. Mengadakan acara tasyakur aqiqah
Instagram.com/tasyakamila

Kegiatan lain dilakukan oleh Tasya dan Rendi setelah kelahiran anak pertamanya yaitu mengadakan tasyakur aqiqah. 

Acara tasyakur aqiqah anak kami Arrasya Wardhana Bachtiar beberapa hari yang lalu tepat 7 hari ia lahir. 

Dikutip dari Aqiqah Berkah. acara yang dilakukan oleh pasangan muda ini sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat dan anugerah Allah karena dihadirkan seorang anak dalam kehidupan berkeluarga. 

Tujuan dan manfaat dari aqiqah akan tercapai bila upacara atau pelaksanaannya diimbangi dengan perasaan tulus dan ikhlas, apalagi sejalan pada adab aqiqah yang telah ditetapkan. 

Umumnya pelaksanaan aqiqah juga akan ditandai dengan pemotongan rambut bayi. Pelaksanaan pemotongan rambut ini oleh Rasulullah SAW telah menjadi sunah untuk  dilakukan pada hari ketujuh sejak kelahiran anak.

Baca juga: 6 Ide Tema untuk Acara Aqiqah si Kecil

4. Menikmati kualitas hubungan bersama anak selama proses menyusui

4. Menikmati kualitas hubungan bersama anak selama proses menyusui
Instagram.com/tasyakamila

“Mengasihi” begitulah sebuah tulisan dari Tasya yang menggambarkan aktivitas memberikan ASI kepada putra pertamanya. Sebagai Mama baru, Tasya terlihat sangat menikmati proses memberikan ASI kepada Rasya. 

Pemberian ASI selama proses menyusui tentunya dapat membantu proses tumbuh kembang serta kesehatan bayi. Tak hanya itu ASI juga dapat memberikan manfaat lain, seperti: 

  • Sebagai makanan alami yang pertama, ASI dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi. 
  • Membantu dalam mempercepat tumbuh kembang bayi, mulai dari perkembangan sensorik dan kognitif. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa nilai IQ bayi akan lebih tinggi ketika ASI diberikan secara eksklusif. 
  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Apalagi pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan tanpa pemberian susu formula dapat mengurangi angka kematian bayi yang disebabkan oleh penyakit seperti diare, radang paru-paru dan mampu mempercepat proses penyembuhan.

Itulah beberapa aktivitas yang dilakukan oleh Tasya Kamila dan Randi Bachtiar sebagai orangtua baru setelah dikaruniai anak laki-laki. Semoga pasangan ini bisa menjadi orangtua terbaik untuk Rasya ya, Ma. 

Tetap semangat untuk Tasya dan Randi!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!