Ini Ma, Produk Perawatan Kulit yang Wajib Dimiliki si Kecil

Perawatan kulit si Kecil juga memerlukan perhatian khusus Ma, tidak bisa sembarangan!

30 Januari 2019

Ini Ma, Produk Perawatan Kulit Wajib Dimiliki si Kecil
flickr.com/Dean Wissing

Mungkin bagi Mama yang baru saja memiliki seorang bayi, memilih produk perawatan kulit untuk si Kecil adalah hal yang membingungkan. Kulitnya yang sangat halus dan lembut perlu produk khusus yang dapat menjaganya.

“Kebersihan pada bayi ini sangat penting, karena masa ini termasuk yang paling rentan dalam satu siklus kehidupan,” kata dr. Bernie Endyarni Madise juga mangatakan, Sp.A(K). MPH, dalam acara media gatering bersama Pigeon di kawasan Menteng, Jakarta.

Perawatan kulit si Kecil juga memerlukan perhatian khusus, sebab kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif. “Dan kulit bayi ini masalahnya sangat beda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi ini bahkan 5 kali lebih tipis dibandingkan kulit dewasa, sehingga ia sifatnya sangat sensitif .” jelas dr. Bernie.

Nah, apa saja ya Ma produk perawatan kulit yang wajib dimiliki si Kecil? Berikut Popmama.com sudah merangkumnya untuk Mama.

1. Sabun mandi bayi

1. Sabun mandi bayi
flickr.com/ Valentina Powers

Sabun mandi adalah produk paling wajib dimiliki si Kecil, untuk menjaga kebersihan tubuhnya dari berbagai macam bakteri dan keringat yang menempel. Banyak sekali jenis sabun bayi yang beredar di pasaran mulai dari sabun batang, sabun cair samai head to toe yang bisa digunakan sebagai sabun dan sampo sekaligus.

Selain itu, pilihlah sabun yang mengandung bahan kimia paling sedikit dan sesuaikan dengan kebutuhan si Kecil ya Ma.

.

2. Sampo bayi

2. Sampo bayi
childit.gr

Selain tubuh, kulit kepala dan rambut si Kecil juga perlu dibersihkan agar ia tidak merasa gatal dan mudah menggaruk atau menangis. Meski sudah ada jenis sabun bayi head to toe, Mama juga perlu memiliki sampo khusus untuk si Kecil terlebih jika rambutnya lebat dan sudah mulai tumbuh.

Saat memilih sampo untuk bayi, sebaiknya Mama pilih sampo dengan label dan kandungan tear-free formula. Karena zat ini tidak akan menimbulkan rasa perih ketika sampo tidak sengaja mengenai mata si Kecil. 

Baca juga: 

Sampo untuk Bayi Rekomendasi Popmama.com

3. Minyak telon

3. Minyak telon
flickr.com/ Valentina Powers

Minyak telon sering kali digunakan untuk menghagatkan tubuh si Kecil setelah mandi. Produk ini tersedia dalam berbagai jenis mulai dari minyak sampai balsem telon.

Selain untuk menghangatkan, minyak telon juga bisa menghilangkan sedikit rasa sakit dan rasa gatal pada kulit. Namun, Mama harus tetap memperhatikan petunjuk penggunaan minyak telon dan jangan gunakan secara berlebihan ya, Ma.

Baca juga:

Rekomendasi 10 Minyak Telon untuk Bayi

Editors' Picks

4. Bedak bayi

4. Bedak bayi
flickr.com/ Austin Kirk

Bedak bayi tidak boleh luput dari produk perawatan kulit yang wajib dimiliki si Kecil. Selain tetap memberi keharuman, bedak bayi juga bisa menjaga kulit lebih kering dan mencegah biang keringat.

Gunakan bedak bayi secukupnya saja ya Ma, jagan sampai terlalu berlebihan atau terlalu sering. Karena dapat memicu infeksi ragi, gangguan pernapasan, iritasi mata bahkan dapat menyebabkan kanker. Jika, bedak bayi mengandung banyak bahan kimia berbahaya seperti talk.

Jenis bedak bayi juga mulai beragam ada yang bubuk dan ada yang padat. Sesuaikan dengan kebutuhan. Ingat juga jika Mama menggunakan bedak bayi bubuk janagn langsung tuangkankan pada tubuh bayi ya, tetapi taburkan ke tangan terlebih dahulu Ma.

Baca juga: 

Penderita Kanker Menangkan Gugatan Atas Bedak Bayi

5. Baby lotion

5. Baby lotion
flickr.com/ John and Rochelle Kean

Produk perawatan kulit yang satu ini juga sangat diperlukan untuk si Kecil agar menjaga kulitnya tetap lembab dan terhindar dari iritasi. Sebelum memilih, perhatikan dulu kandungan pada baby lotion. Pilihlah yang paling banyak mengandung bahan alami untuk mencegah alergi pada kulit. 

6. Baby cologne

6. Baby cologne
PublicDomainPictures/Vera Kratochvil

Kegunaan baby cologne hampir sama dengan kegunaan minyak wangi yang biasa digunakan orang dewasa. Namun, baby cologne mengandung beberapa kandungan khusus yang memang diperuntukan untuk bayi. Dalam penggunaanya, jangan langsung berikan baby cologne pada kulit bayi, tetapi baju yang digunakannya ya Ma.

Nah, itulah Ma produk perawatan kulit yang wajib dimiliki oleh si Kecil. Namun, Mama juga perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan kulitnya. Jangan lupa juga jauhan produk perawatan kulit dari jangkauan si Kecil setelah digunakan, agar terhindar dari yang hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!