Tragis! Seorang Bayi Meninggal Setelah Terapi Akupresur oleh Dokter

Terapi yang maksudnya menyembuhkan malah berakibat fatal. Sedih...

10 Desember 2019

Tragis Seorang Bayi Meninggal Setelah Terapi Akupresur oleh Dokter
Pixabay/Suchart Sriwichai

Ketika si Bayi sakit, Mama mungkin seringkali bingung bagaimana cara menanganinya dengan tepat. Apalagi bayi yang masih sulit untuk mengucapkan apa yang dirasakan.

Dengan kemampuan serta pengalaman yang dimiliki seorang dokter, sehingga orangtua memilih untuk lebih percaya pada ahli kesehatan atau dokter anak di sekitar untuk membantu menyembuhkan si Bayi.

Namun sayangnya, seorang bayi berusia empat bulan yang berasal dari Tiongkok meninggal setelah seorang dokter mengobati penyakit batuknya dengan terapi akupresur.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi lengkapnya:

1. Karena usia masih 4 bulan membuat dokter memilih melakukan terapi daripada memberikan obat

1. Karena usia masih 4 bulan membuat dokter memilih melakukan terapi daripada memberikan obat
Freepik/Studiomay

Menurut salah satu media di China, orangtuanya sudah memperhatikan bahwa anak perempuannya yang masih bayi mulai batuk pada pagi hari tanggal 30 November. Sehingga orangtuanya membawa si Bayi ke dokter terdekat yang memeriksa tenggorokan dan paru-paru bayi tersebut.

Setelah diperiksa, kemudian dokter tersebut mengatakan bahwa semuanya tampak baik-baik saja dan tidak perlu memberikan obat atau suntikan kepada bayi tersebut karena usianya baru empat bulan.

Lalu dokter tersebut memberikan terapi pijat akupresur pada si Bayi selama 20 menit atau di departemen Pengobatan Tradisional Cina (TCM), menurut dokter dengan terapi akan cukup untuk mengobati batuknya.  

Akupresur adalah terapi yang digunakan sejak ribuan tahun yang lalu dari Tiongkok. Caranya dengan memberikan tekanan di beberapa bagian tubuh tertentu. Tekanan diberikan melalui siku, tangan, atau alat bantu khusus. Akupresur berbeda dengan akupuntur, karena tidak menggunakan jarum.

2. Usai diterapi, keluar gelembung merah muda dan bayi perempuannya mulai tidak sadarkan diri

2. Usai diterapi, keluar gelembung merah muda bayi perempuan mulai tidak sadarkan diri
Pixabay.com/1041483

Setelah dokter memberikan terapi akupresur, orangtua beserta si Bayi pulang. Namun, Sang Mama memperhatikan bahwa ada gelembung  merah muda yang terbentuk di lubang hidung bayi perempuannya.

Kemudian orangtuanya menyadari bahwa bayinya tidak mau bangun seperti pingsan. Hal ini membuat orangtuanya segera membawa bayi itu ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan kesehatan anaknya.

Editors' Picks

3. Setelah dilakukan pemeriksaan, bayi perempuan dinyatakan meninggal akibat kegagalan organ

3. Setelah dilakukan pemeriksaan, bayi perempuan dinyatakan meninggal akibat kegagalan organ
Newsheads.in

Setelah diberikan pemeriksaan lebih lanjut, sayangnya bayi perempuan tersebut dinyatakan meninggal. Menurut sertifikat kematiannya, kegagalan organ adalah penyebab kematiannya.

Pusat terapi akupresur tempat dimana bayi diberikan terapi, menanggapi peristiwa tersebut. Mereka mengatakan bahwa staf mereka memenuhi syarat dan menegaskan bahwa bayi itu dalam kondisi baik ketika dia meninggalkan pusat terapi.  

Mereka juga mengatakan bahwa mereka akan secara aktif bekerja sama dengan pihak berwenang untuk penyelidikan lebih lanjut.

4. Manfaat akupresur jika dilakukan dengan ahli yang berpengalaman dan kompeten

4. Manfaat akupresur jika dilakukan ahli berpengalaman kompeten
Freepik/jcomp

Akupresur dipercaya baik dalam merelaksasi serta mengobati beragam jenis penyakit. Akupresur bekerja dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh yang dipercaya dapat mengatasi penyumbatan aliran energi dan mengembalikan keseimbangan energi di tubuh.

Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dari terapi akupresur:

Meredakan rasa sakit

Akupresur dapat meredakan nyeri punggung, sakit kepala, atau nyeri pasca operasi. Hal ini disebabkan karena akupresur memancing tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang berguna untuk mengurangi rasa sakit sekaligus menimbulkan perasaan positif.

Membantu meringankan efek samping kemoterapi

Akupresur dapat membantu meringankan stres, mual, meredakan rasa sakit, meningkatkan energi, dan mengatasi konstipasi yang mungkin saja bisa terjadi sebagai efek samping dari pengobatan kemoterapi.

Mengurangi stres dan kecemasan

Berdasarkan suatu penelitian, diketahui bahwa pasien yang menjalani pengobatan pada psikolog untuk mengurangi depresi dan cemas mengalami perbaikan gejala setelah mengikuti terapi tambahan berupa akupresur secara rutin. Akupresur dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada pasien yang akan menjalani prosedur medis tertentu seperti operasi, cuci darah, dan kemoterapi.

Memperbaiki kualitas tidur

Terapi akupresur dapat mengatasi kualitas tidur karena terkait dengan efek hormon endorfin yang dilepaskan tubuh ketika menjalani terapi akupresur. Akupresur juga dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi, seperti pada penyakit arthritis.

Untuk mendapatkan terapi akupresur yang baik dan benar, lebih baik untuk mencari tahu rekomendasi pusat kesehatan serta bagaimana perawatan anak dari sumber-sumber terpercaya ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!