Begini Cara Sentuhan Mama Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi Prematur

Memberikan kenyamanan seperti saat berada di rahim

6 Desember 2019

Begini Cara Sentuhan Mama Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi Prematur
Freepik/Yanalya

Memiliki bayi tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh Mama dan Papa, ini juga membawa berita baik bagi seluruh anggota keluarga serta teman-teman. Tak terkecuali bagi bayi yang memiliki kondisi lahir awal dari waktu perkiraan atau prematur.

Bayi dengan kondisi prematur memiliki perkembangan organ tubuh dan fisik yang lebih terlambat jika dibandingkan dengan bayi dengan lahir tepat pada waktu perkiraan. Memicu perkembangan otak bayi prematur ternyata dapat dilakukan dengan hal sederhana, yaitu dengan sentuhan lembut.

Sentuhan sangat penting bagi perkembangan si Bayi, namun menurut sebuah penelitian dari Nationwide Children's Hospital di Ohio, Amerika Serikat, seorang Mama harus memberikan sentuhan lembut atau menggendong bayi yang baru lahir.

Berikut informasinya yang telah dirangkum oleh Popmama.com

1. Respon bayi prematur terhadap sentuhan lebih rendah dibandingkan dengan bayi normal

1. Respon bayi prematur terhadap sentuhan lebih rendah dibandingkan bayi normal
Freepik/Freepic.diller

Beberapa peneliti dari Nationwide Children's Hospital di Ohio, berhasil mengamati 125 bayi dengan kondisi prematur dan jangka penuh untuk melihat cara mereka merespons sentuhan lembut.

Dari penelitian tersebut ditemukan, bayi prematur cenderung memiliki respons yang kurang terhadap sentuhan dibandingkan dengan bayi dengan lahir cukup umur.

Bayi prematur juga memiliki banyak prosedur medis yang memungkinkan bayi tersebut memiliki respon yang kurang terhadap sentuhan

2. Penelitian membuktikan sentuhan bisa meningkatkan perkembangan otak

2. Penelitian membuktikan sentuhan bisa meningkatkan perkembangan otak
Freepik/Freepic.diller

Menurut ketua peneliti, Dr. Nathalie Maitre, memberikan bukti bahwa sentuhan lembut dan suportif dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Seorang Mama di Ohio bercerita tentang bayi nya yang lahir dengan kondisi prematur. Awalnya ia merasa sedih, namun akhirnya ia memahami bahwa si Bayi mengalami peningkatan dengan diberikan sentuhan lembut dari orangtua dan suster dari rumah sakit.

Bayi tersebut merespon sentuhan lembut lebih kuat daripada bayi prematur yang kurang disentuh atau dipegang. Hal ini yang membuat Mama dari bayi tersebut menghabiskan setiap hari dengan menggendong bayi perempuannya yang baru lahir di sebelah mesin inkubator.

Editors' Picks

3. Sentuhan lembut membuat bayi prematur nyaman

3. Sentuhan lembut membuat bayi prematur nyaman
Pixabay/Fancycrave1

Dr Nathalie Maitre juga menambahkan bahwa bayi dengan kondisi prematur, dapat menerima sentuhan positif dan suportif dengan melakukan sentuhan kulit ke kulit oleh orangtuanya.

Hal ini penting untuk membantu otak mereka merspon sentuhan lembut. Sentuhan lembut merupakan cara yang serupa ketika bayi merasakan kenyamanan seperti ketika masih di dalam rahim Mama.

Jika orangtua tidak dapat melakukan hal ini dikarenakan kesibukan, rumah sakit memberikan pertimbangan untuk melakukan terapi okupasi dan fisik untuk memberikan pengalaman sentuhan dengan terapis yang melakukan dengan hati-hati dan berpengalaman.

4. Sentuhan positif bagi bayi sebaiknya diberikan sejak di NICU

4. Sentuhan positif bagi bayi sebaik diberikan sejak NICU
Freepik/Phduet

Melihat dari hasil penelitiannya, Dr. Maitre dan rekan-rekan penelitinya saat ini sedang merancang cara-cara baru untuk memberikan sentuhan positif bagi bayi yang baru lahir ketika sedang berada di NICU.

Sementara itu, sentuhlah dan manjakan si Bayi kesayangan Mama dengan sesuka hati. Karena sentuhan lembut orangtua kepada bayi dari kulit ke kulit penting bagi perkembangan otaknya.

Namun jangan lupa selalu mengingat untuk membersihkan tangan sebelum memegang si Bayi ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!