Viral, Seorang Mama Tenangkan Bayi Menangis dengan Hair Dryer

Mama bisa mencobanya untuk menenangkan si Kecil yang tengah menangis di rumah

5 Januari 2022

Viral, Seorang Mama Tenangkan Bayi Menangis Hair Dryer
Pexels/Laura Garcia

Salah satu persoalan yang sering dirasakan para orangtua adalah menghadapi bayi yang menangis. Terkadang tangisan si Kecil yang terus-menerus bisa membuat para orangtua cemas dan pusing. 

Cara orangtua mengatasi tangisan si Kecil pun beragam. Ada yang dengan menggendongnya, mengelus-elus tubuhnya, hingga cara yang paling praktis yaitu memberinya empeng.

Namun, ada sebuah unggahan video TikTok dari akun @miamiftahf yang sempat viral lantaran menampilkan cara unik seorang Mama menenangkan bayinya yang menangis. Ia tampak menggunakan hair dryer dan alat tersebut ampuh menghentikan tangisan bayinya. 

Mungkin Mama bertanya-tanya, bagaimana bisa hair dryer mampu menghentikan bayi yang menangis. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama.

Viral Video Seorang Mama Menenangkan Bayinya yang Menangis dengan Menggunakan Hair Dryer

Viral Video Seorang Mama Menenangkan Bayi Menangis Menggunakan Hair Dryer
TikTok/miamiftahf

Pada video yang diunggah pada Senin, 3 Januari 2022 lalu, terlihat seorang bayi yang sedang menangis sambil menggerakkan kaki dan tangannya.

Kemudian sang Mama mengeluarkan sebuah hair dryer dan menyalakannya di hadapan bayi yang sedang menangis tersebut.

Tak disangka, tangisan bayi yang sebelumnya keras seketika berhenti. Bayi langsung menjadi tenang saat mendengar suara yang dihasilkan dari mesin pengering rambut yang menyala. Bahkan, ia tampak mengantuk dan menguap saat mendengar suara tersebut.

Di tengah video, sang Mama mematikan pengering rambut yang membuat bayinya kembali menangis. Setelah pengering rambut dinyalakan kembali, bayi langsung menghentikan tangisannya dan kembali tenang. 

Video tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 700 ribu kali dan menuai beragam komentar warganet.

Lantas mengapa sebuah alat pengering rambut dapat menenangkan tangisan bayi? Simak penjelasan berikut yuk!

Editors' Picks

1. Bayi menyukai suara yang disebut dengan white noise

1. Bayi menyukai suara disebut white noise
Pexels/Enrique Hoyos

Tahukah Mama bahwa suara yang dihasilkan pengering rambut yang bisa menenangkan bayi termasuk white noise? Lantas, apa yang dimaksud dengan white noise?

White noise adalah suara yang dapat berupa suara hujan, hembusan angin, suara jangkrik, ombak, atau suara mesin tertentu seperti penyejuk ruangan, pengering rambut atau suara statis dari televisi. Suara-suara seperti ini sering digunakan untuk mengiringi seseorang tertidur agar lebih lelap.

White noise ini juga telah banyak digunakan oleh para orangtua untuk menenangkan tangisan bayi. Selain itu, suara white noise juga sering kali diputar sebagai pengantar tidur si Kecil agar kebih nyenyak.

2. Mengapa bayi menyukai white noise?

2. Mengapa bayi menyukai white noise
Pexels/Tu Nguyen

Dilansir dari Verywell Family, white-noise sapat menciptakan suasana seperti rahim Mama yang nyaman dan menenangkan bagi bayi. 

Suasana seperti rahim dapat mendorong bayi untuk menghentikan tangisannya dan membuatnya lebih tenang. Selain itu, white noise juga dapat membuat bayi tertidur lebih cepat dan dengan durasi yang lebih lama. 

Mengetahui bahwa white noise memiliki banyak manfaat yang sangat membantu orangtua, mungkin white noise terkesan seperti suara ajaib.

Tidak sesederhana itu, Ma! Ada penjelasan mengenai mengapa white noise begitu bermanfaat untuk menenangkan dan membantu bayi tertidur.

Pernahkah Mama perhatikan bahwa si Kecil tampaknya hanya tidur selama 20-30 menit? Saat bayi tertidur, mereka akan keluar masuk dari light sleep (kondisi saat bayi baru saja tidur) dan deep sleep (tidur nyenyak).

Saat berada di fase light sleep, bayi sangat mudah terbangun, yang menyebabkan ia kekurangan tidur dan menjadi lebih mudah rewel. 

Maka dari itu, white noise dapat membantu membungkam suara berisik yang dapat membuat bayi mudah terbangun, seperti suara pintu, suara percakapan orang, suara ponsel berdering, dan lain-lain. White noise akan memberikan kenyamanan dan mendorong bayi untuk kembali tidur nyenyak.

3. Kekurangan penggunaan white noise untuk bayi

3. Kekurangan penggunaan white noise bayi
freepik/pch.vector
bayi sedang menangis

Meskipun memiliki manfaat yang bisa membantu orangtua untuk menenangkan dan menidurkan bayi, namun masih ada kekurangan mengenai penggunaan white noise untuk bayi.

Bagi sebagian bayi, suara white noise tidak berpengaruh atau bahkan mereka tidak menyukai suara white noise.

Sementara itu, ada bayi yang sangat menyukai white noise sehingga dapat menyebabkan ketergantungan. Bayi yang ketergantungan white noise akan menjadi lebih sulit tidur jika tidak mendengar white noise sama sekali. 

Selain itu, jika white noise dinyalakan terlalu sering dan terlalu keras, maka akan menimbulkan risiko gangguan pendengaran bayi.

4. Tips aman menggunakan white noise sebagai penenang dan pengantar tidur bayi

4. Tips aman menggunakan white noise sebagai penenang pengantar tidur bayi
Pexels/Ivone De Melo

Ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan saat menggunakan white noise untuk si Kecil agar penggunaannya lebih aman dan mengurangi risiko gangguan pendengaran bayi, di antaranya adalah:

  • Jika Mama menggunakan mesin suara white noise, selalu baca petunjuk dan peringatan keselamatan yang tertera.

  • Jangan meletakkan mesin white noise di dekat kepala atau telinga bayi. Letakan sejauh mungkin dari tempat tidur bayi.

  • Jika Mama menggunakan white noise dari perangkat ponsel atau tablet, jangan pernah meletakkan di tempat tidur atau di dekat bayi.

  • Atur volume white noise tidak terlalu kencang agar tidak merusak pendengaran bayi.

  • Matikan white noise setelah bayi tertidur lelap.

  • Jangan gunakan white noise setiap saat.

Nah, itulah informasi seputar penggunaan white noise untuk menenangkan dan menidurkan bayi. White noise dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu bayi baru lahir mendapatkan tidur yang cukup.

White noise terbilang aman, terjangkau, dan tidak merusak pendengaran bayi, kecuali penggunaannya berlebihan dan tidak sesuai dengan petunjuk penggunaan. 

Selain itu, white noise bukanlah alat yang bisa digunakan secara terus menerus. Hal tersebut justru dapat membuat si Kecil ketergantungan. Jadi, secara perlahan biarkan si Kecil belajar untuk menenangkan diri sendiri dan tidur sendiri ya, Ma.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk