Bayi 6,35 kg Lahir Setelah Sang Mama Keguguguran 19 Kali

Ada banyak faktor yang membuat bayi memiliki berat badan besar saat lahir

22 Oktober 2021

Bayi 6,35 kg Lahir Setelah Sang Mama Keguguguran 19 Kali
Youtube/9NEWS

Setiap bayi yang lahir memiliki berat badan dan tinggi badan yang berbeda-beda. Menurut World Health Organization (WHO), berat bayi baru lahir untuk laki-laki ada di angka 3,3 kg, sedangkan berat rata-rata bayi perempuan adalah 3,2 kg.

Namun, apa jadinya jika bayi lahir dengan berat badan dua kali dari berat badan rata-rata bayi yang baru lahir?

Hal ini dialami oleh sepasang suami istri Arizona, Amerika Serikat yang sedang bersukacita setelah kelahiran putranya.

Nah, kali ini Popmama.com akan mengulas mengenai kisah pasangan Cary and Tim Patonai yang melahirkan bayi dengan berat badan dua kali berat bayi normal.

Langsung saja simak informasinya yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Kisah pasangan yang dikaruniai bayi dengan berat di atas normal

1. Kisah pasangan dikaruniai bayi berat atas normal
Youtube/9NEWS

Pasangan suami istri Cary and Tim Patonai, mendapat kejutan setelah kelahiran putranya, Finnley, dengan berat badan 6,35 kg dan tinggi 60,3 cm. Finnley lahir pada 4 Oktober 2021, dua minggu lebih awal dari hari perkiraan lahir melalui persalinan operasi sesar. Hal ini tentunya mengejutkan dokter yang menangani kelahiran Finnley karena berat badannya cukup jauh dari normal, bahkan dua kali lipat dari berat rata-rata bayi lahir.

"Ya Tuhan ini besar sekali. 27 tahun aku bekerja, baru kali ini aku menangani kelahiran bayi dengan berat sebesar ini." kata dokter yang menangani kelahiran Finnley.

Orangtua Finnley sebelumnya telah menyiapkan baju untuk putranya yang baru lahir. Namun, semua baju tersebut tidak ada yang muat di tubuh Finnley karena bobotnya yang besar.

Kehadiran Finnley membuat orangtuanya terharu, setelah mengalami dua kali keguguran sebelum dikaruniai putra bungsunya. Sebelumnya, Cary juga telah mengalami 17 kali keguguran, sehingga dalam hidupnya ia telah mengalami keguguran sebanyak 19 kali. "Kejadian tersebut menghasilkan trauma bagi seluruh keluarga, terutama anak tertua kami. Setiap kehilangan, hati kecilnya akan hancur." ujar Cary.

Setelah semua yang dialaminya, Cary mengatakan bahwa dia dan suaminya sangat gembira dengan keluarganya yang kini terdiri dari lima orang.

2. Perbedaan rata-rata berat badan bayi luar negeri dan Indonesia

2. Perbedaan rata-rata berat badan bayi luar negeri Indonesia
Freepik/pvproductions

Pada umumnya, bayi lahir dengan berat dalam kisaran antara 2,5 kg hingga 4,5 kg. Namun, ada juga bayi yang lahir dengan berat badan lebih besar ataupun lebih ringan dibandingkan rata-rata. Berat badan bayi baru lahir bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis kelamin, ukuran tubuh orangtua, riwayat kesehatan ibu, dan gizi selama kehamilan. 

Selain itu, berat badan bayi lahir di tiap negara cenderung berbeda-beda. Misalnya, rata-rata berat lahir pada bayi keturunan Eropa adalah 3,5 kg, sedangkan bayi keturunan Asia Selatan dan Cina memiliki rata-rata berat sekitar 3,26 kg.

Di Indonesia, bayi rata-rata lahir dengan berat badan antara 2,9 kg hingga 3,6 kg. Untuk rata-rata berat badan bayi laki-laki berkisar antara 3 kg hingga 3,6 kg, sedangkan berat badan bayi perempuan berkisar antara 2,9 kg hingga 3,4 kg.

Hal ini bisa terjadi karena berat badan bayi lahir juga dipengaruhi oleh genetik ibu dan janin. Gen janin akan memengaruhi bagaimana janin tumbuh di dalam rahim, sedangkan gen ibu memengaruhi bagaimana lingkungan memengaruhi pertumbuhan janin.

3. Mengapa bobot bayi bisa sangat berat saat lahir?

3. Mengapa bobot bayi bisa sangat berat saat lahir
Freepik/KamranAydinov

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, ada banyak sekali faktor yang bisa memengaruhi berat badan bayi baru lahir. Bayi memiliki bobot yang berat saat lahir bisa jadi karena faktor genetik, kesehatan ibu atau kondisi medis yang menyebabkan janin tumbuh terlalu cepat.

Selain itu , berikut adalah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan berat badan lahir besar, dilansir dari Pregnancy, Birth and Baby:

  • Berat dan tinggi badan orang tua bayi.

  • Bayi laki-laki (bayi laki-laki cenderung lebih besar dari bayi perempuan).

  • Memiliki saudara yang lebih tua (kemungkinan makrosomia janin meningkat setiap kehamilan).

  • Memiliki riwayat melahirkan bayi dengan bobot besar.

  • Terlambat lahir lebih dari 2 minggu.

  • Ibu menderita diabetes selama kehamilan.

  • Ibu mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan atau obesitas.

  • Ibu telah berusia 30 tahun atau lebih

Namun, dalam beberapa kasus, berat lahir yang lebih besar dari normal tidak memiliki penyebab yang jelas.

Nah itulah informasi terkait bayi yang lahir dengan berat badan di atas normal. Ketika bayi lahir dengan berat badan di atas rata-rata, sebaiknya Mama tidak perlu merasa khawatir secara berlebihan. Karena pada dasarnya, dokter akan memberikan yang terbaik untuk Mama dan si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.