Cara Menyeduh Susu Formula yang Benar

Menyeduh susu formula dengan cara yang salah dapat mengganggu kesehatan si Kecil lho, Ma

5 Oktober 2021

Cara Menyeduh Susu Formula Benar
Pexels/MART PRODUCTION

ASI adalah asupan nutrisi terbaik untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Namun, terkadang Mama perlu menggunakan susu formula untuk menggantikan ASI karena alasan tertentu, seperti masalah pada puting atau mengalami masalah kesehatan lain.

Dalam memberikan susu formula untuk si Kecil, Mama perlu bijak dalam memilih jenis susu formula yang tepat.

Selain itu, pastikan Mama menyeduh susu formula dengan cara yang benar. Jika susu formula diseduh dengan cara yang salah, justru akan menyebabkan masalah pada kesehatan pada bayi.

Nah kira-kira Mama sudah tahu belum bagaimana cara menyeduh susu formula yang benar? Untuk mengetahuinya, kali ini Popmama.com akan membahas mengenai cara menyeduh susu formula yang benar. Langsung saja simak rangkuman berikut ini ya, Ma!

1. Siapkan peralatan dan susu formula bubuk

1. Siapkan peralatan susu formula bubuk
freepik/abimagestudio

Hal yang pertama kali Mama lakukan dalam menyeduh susu formula adalah menyiapkan susu formula bubuk dan peralatan yang dibutuhkan, seperti sendok takar, termometer, dan botol susu. Pastikan juga meja tempat Mama akan membuat susu formula untuk bayi sudah dalam keadaan bersih

2. Bersihkan peralatan dan cuci tangan hingga bersih

2. Bersihkan peralatan cuci tangan hingga bersih
Pexels/Burst

Sebelum menyeduh susu formula, Mama harus mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Selain itu, penting juga untuk memastikan kebersihan peralatan yang akan digunakan untuk menyeduh susu formula. 

Mama bisa menggunakan alat khusus untuk sterilisasi botol susu atau bisa juga dengan merebus botol dengan merendamnya dalam air panas. Namun, merebus dan merendam di air panas tidak mensterilkan botol, tetapi hanya mendisinfeksi. Bakteri mungkin masih hidup setelah direbus. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan steriliser demi terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Editors' Picks

3. Masak air hingga mendidih

3. Masak air hingga mendidih
Freepik/freepik

Setelah peralatan sudah steril, selanjutnya adalah rebus air minum hingga mendidih. Jika sudah mendidih, biarkan air di dalam panci tertutup selama 10-15 menit hingga suhunya turun menjadi 70 derajat celcius.

Setelah itu, tuangkan air ke dalam botol susu sesuai dengan takaran. Biasanya, terdapat garis takaran pada botol bayi sehingga memudahkan Mama untuk menuang air sesuai takaran.

perhatikan perbandingannya ya, Ma antara banyaknya air dan susu.

4. Tuang susu bubuk sesuai dengan takaran

4. Tuang susu bubuk sesuai takaran
Pexels/MART PRODUCTION

Langkah selanjutnya adalah menuangkan susu bubuk ke dalam botol susu sesuai dengan takaran. Mama bisa membaca takaran yang tertera pada kemasan susu formula. 

Susu harus diseduh dengan takaran yang pas karena jika tidak, dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan bayi.

Jika takaran susu yang diberikan kurang, dapat membuat kandungan nutrisinya berkurang. Namun jika susu terlalu kental, malah bisa menyebabkan bayi mengalami diare atau sembelit dan kesulitan buang air besar.

5. Kocok dan diamkan hingga suhunya turun

5. Kocok diamkan hingga suhu turun
Freepik/rawpixel.com

Langkah selanjutnya adalah mengocok susu hingga larut di dalam botol susu yang sudah tertutup rapat. Kemudian, Mama bisa tes suhu susu dengan cara meneteskan sedikit pada kulit. Jika suhu masih terasa terlalu panas untuk bayi, Mama bisa mendiamkan susu sebentar hingga suhunya turun.

6. Susu siap diberikan pada bayi

6. Susu siap diberikan bayi
Unsplash/Lucy Wolski

Jika suhu susu sudah pas, segera berikan kepada bayi. Jika bayi tidak menghabiskan susu formula yang telah Mama buat setelah lebih dari 2 jam, sebaiknya buang susu tersebut.

Simpan kembali susu formula bubuk yang belum diseduh kedalam wadah yang tertutup rapat dan simpan di tempat yang tidak lembap.

Nah itulah cara menyeduh susu formula untuk bayi. Pastikan juga baca petunjuk yang tertera pada kemasan susu. Jika Mama membuat dan menyimpan susu formula dengan cara yang tidak tepat, maka akan berisiko susu terkontaminasi kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan bayi. Jadi, pastikan selalu berhati-hati demi keselamatan si Kecil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.