7 Rekomendasi Alat Penyedot Dahak Bayi

Pilihlah alat penyedot dahak bayi yang terjamin kualitasnya ya, Ma!

12 Oktober 2021

7 Rekomendasi Alat Penyedot Dahak Bayi
babycenter.com

Saat bayi sedang sakit, Mama pasti akan cemas dan khawatir dengan kondisinya. Sebisa mungkin Mama melakukan segala cara demi kesembuhan si Kecil.

Salah satu penyakit yang sering dialami bayi adalah pilek dan batuk berdahak. Dahak atau lendir yang ada pada hidung dan tenggorokan bayi akan menyumbat saluran pernapasannya sehingga membuat ia tidak nyaman, bahkan kesulitan untuk tidur dan beristirahat. 

Salah satu cara yang dapat Mama lakukan untuk membantu melegakan pernapasan bayi saat sedang batuk pilek adalah dengan mengeluarkan dahaknya dengan alat khusus penyedot dahak bayi. Namun, pastikan Mama memilih alat penyedot dahak bayi yang aman dan jelas kualitasnya. 

Nah, Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi alat penyedot dahak untuk bayi. Langsung saja disimak ya, Ma!

1. Baby Safe Nasal Aspirator NAS01

1. Baby Safe Nasal Aspirator NAS01
Dok. Baby Safe

Alat penyedot lendir bayi selanjutnya adalah  Baby Safe Nasal Aspirator NAS01 yang dapat menyedot lendir (ingus) dari hidung bayi, sehingga pernafasan bayi menjadi lebih lega. Ujung aspirator pada alat ini terbuat dari bahan silikon yang  lembut sehingga tidak melukai hidung bayi. Tube aspirator terbuat dari bahan silikon elastis sehingga cukup mudah untuk digunakan. 

Setiap bagian pada alat ini dapat dilepaskan untuk memudahkan Mama untuk membersihkannya. Alat ini juga dilengkapi dengan tutup, sehingga lebih higienis. 

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menekan atau pencet bagian badan tube silikon kemudian masukkan ujung penyedot secara perlahan ke lubang hidung bayi. Setelah itu, lepaskan pencetan untuk menghisap lendir (ingus) ke dalam tube.

Alat ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 27.500.

2. Baby Safe Nasal Aspirator NAS02

2. Baby Safe Nasal Aspirator NAS02
Dok. Baby Safe

Baby Safe Nasal Aspirator merupakan alat penyedot lendir bayi yang memiliki  ujung aspirator terbuat dari bahan silikon yang  lembut dan aman bila tersentuh hidung bayi. Alat ini juga dilengkapi dengan tabung untuk menampung  lendir dan spon untuk menyerap lendir.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu:

  • Tempatkan pipa mulut di mulut Mama dan dengan perlahan  masukkan ujung aspirator ke salah satu lubang hidung bayi.

  • Sedot dengan perlahan  pipa mulut tanpa melepaskan ujung aspirator dari lubang hidung bayi. Lendir yang keluar akan  terkumpul di dalam aspirator.

  • Setelah selesai, buka semua  bagian dan buang lendir secara higienis dari aspirator

Mama bisa membeli alat penyedot lendir ini dengan harga kisaran Rp 32.000.

Editors' Picks

3. Little Giant Nasal Aspirator

3. Little Giant Nasal Aspirator
Dok. My Best

Little Giant Nasal Aspirator merupakan alat penyedot lendir bayi yang penggunaannya dapat disesuaikan secara manual. Alat ini juga memiliki desain yang simpel dan mudah dibawa bepergian.  Selain itu, bahan yang digunakan juga sudah BPA free sehingga aman untuk bayi. 

Cara penggunaannya adalah dengan meletakan mulut pipa kelubang hidung bayi dan menghisap melalui bagian mulut Mama. Mama bisa mendapatkan alat ini dengan harga Rp 52.000.

4. Mothercare Nasal Aspirator

4. Mothercare Nasal Aspirator
Dok. Mothercare

Rekomendasi selanjutnya adalah Mothercare Nasal Aspirator yang bisa melancarkan hidung mampet pada bayi. Alat ini menggunakan hisapan lembut untuk membuka sumbatan hidung.

Ada 2 jenis desain alat penyedot lendir ini, yaitu yang cocok untuk bayi baru lahir dan untuk balita. Selain itu, alat ini juga mudah dibersihkan dan tidak perlu menggunakan air hangat. Cara membersihkannya cukup dengan pisahkan bagian-bagian aspirator dengan membuka tutupnya. Kemudian cuci bagian-bagian aspirator dengan air sabun.

Alat ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 100.000.

5. Mucus Extractor OneMed

5. Mucus Extractor OneMed
Onemedstore.id

Mucus Extractor OneMed adalah alat penyedot lendir bayi yang bekerja secara manual. Alat ini berbentuk tabung yang dilengkapi dengan selang kecil. Alat ini memiliki kapasitas 20ml dan ukuran selang FR-10 serta dibungkus dengan kemasan yang steril.

Alat ini bisa digunakan untuk menyedot lendir atau dahak bayi yang dilakukan di daerah hidung dan mulut. Cara penggunaannya cukup simpel, yaitu dengan memasukan selang yang tidak ada tonjolannya kedalam hidung atau mulut bayi, kemudian ditarik sambil disedot. Pastikan jangan memasukkan selang lebih dari 5 cm ke dalam mulut, dan jangan sampai 3 cm ke dalam hidung.

Mama bisa mendapatkan alat ini dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp 5.500.

6. Pigeon Nose Cleaner

6. Pigeon Nose Cleaner
Dok. Pigeon.co.id

Pigeon memiliki 2 pilihan alat penyedot dahak bayi, yaitu Nose Cleaner dan Nose Cleaner Tube Type. 

Pigeon Nose Cleaner memiliki bentuk pompa yang lonjong dan terbuat dari campuran karet alami dan karet styrene-butadiene. Sedangkan bagian atas atau selangnya terbuat dari karet silikon sintetis berbentuk lurus memanjang yang dilengkapi penutup yang terbuat dari polipoprilen.

Cara penggunaan alat ini cukup mudah, yaitu:

  • Gendong bayi saat menggunakan alat Nose Cleaner.

  • Jangan pernah menekan pompa karetnya saat bagian selang lembutnya dimasukkan dalam lubang hidung bayi.

  • Pompa karet harus ditekan sebelum memasukkannya ke dalam lubang hidung bayi.

Alat penyedot dahak ini dibanderol dengan harga Rp. 87.600.

7. Pigeon Nose Cleaner Tube Type

7. Pigeon Nose Cleaner Tube Type
Dok. Pigeon.com.my

Pigeon Nose Cleaner Tube Type merupakan penghisap lendir di hidung bayi dengan menggunakan selang silikon dan wadah penampung yang aman untuk digunakan pada hidung bayi. Wadah penampung memungkinkan ingus atau lendir tetap tersimpan dalam botol untuk mencegah aliran balik. Selain itu, alat ini didesain dengan botol transparan agar mudah untuk mengamati ingus yang keluar.

Cara menggunakannya, yaitu:

  • Gendong bayi dan lakukan penghisapan hanya saat bayi sedang tenang. 

  • Masukkan bagian mulut tube ke dalam mulut saat menggendong bayi dengan satu tangan. 

  • Pegang botol dengan tangan yang bebas, dan dengan lembut masukkan bagian ujung bulat selangnya ke dalam lubang hidung bayi sehingga tertempel sempurna. 

  • Selalu mulai proses penghisapan secara lembut dan perlahan hingga semua ingus terhisap. 

Mama bisa membeli alat ini dengan harga kisaran Rp. 112.700.

Nah, itulah beberapa rekomendasi produk alat penyedot lendir pada bayi. Pastikan pilih alat yang berkualitas demi kenyamanan dan keamanan si Kecil ya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.