Tips agar Bayi Tidak Menggigit Puting saat Menyusu

Tumbuh gigi merupakan salah satu faktor penyebab bayi menggigit puting

25 September 2021

Tips agar Bayi Tidak Menggigit Puting saat Menyusu
Freepik/cookie_studio

Menyusui bayi merupakan momen yang baik untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan anak. Namun, terkadang ada hal-hal yang mengganggu proses menyusui seperti puting sang ibu digigit oleh bayi yang dapat menyebabkan rasa sakit. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi menggigit puting ibu saat sedang menyusu. Menggigit bisa menjadi bentuk respons terhadap perubahan posisi bayi saat sedang menyusu. Selain itu, bayi mungkin menggigit puting ibu karena sudah terbiasa menggigit mainan atau benda lainnya sehingga melakukan hal serupa pada puting ibu.

Selain itu, beberapa bayi menggigit puting saat sedang menyusu sebagai bentuk frustasi karena ASI yang keluar sedikit. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa bayi mendapat makanan yang cukup. Ibu yang sedang menyusui juga harus memperhatikan pola makan untuk menjaga suplai ASI tetap tercukupi.

Biasanya masalah ini dapat teratasi dengan sendirinya saat bayi mulai belajar bagaimana menahan lidah dan mengendalikan gigi baru mereka. Namun, ada beberapa tips yang dapat Mama lakukan untuk mencegah bayi menggigit puting saat sedang menyusu. 

Untuk mengetahui tipsnya, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama. Langsung saja dibaca yuk, Ma!

1. Memberikan sesuatu yang dingin untuk dikunyah sebelum menyusui

1. Memberikan sesuatu dingin dikunyah sebelum menyusui
Pexels.com/AMSW Photography

Dilansir dari National Childbirth Trust, beberapa Mama yang memberikan sesuatu yang dingin untuk dikunyah bayi sebelum menyusu dapat mengurangi kemungkinan mereka untuk menggigit puting. 

Mama bisa menggunakan waslap dingin atau finger food seperti buah-buahan yang dingin untuk diberikan pada si Kecil. Cara ini efektif dilakukan terutama bagi bayi yang baru tumbuh gigi dan sedang belajar mengunyah.

2. Lepaskan puting jika bayi mulai menggigit

2. Lepaskan puting jika bayi mulai menggigit
Freepik/valuavitaly

Jika bayi mulai menggigit, segera lepaskan puting dari mulutnya. Hal ini dilakukan untuk mengajari bayi bahwa menggigit puting saat menyusu merupakan tindakan yang salah. 

Mama bisa juga menatap mata bayi sambil mengatakan "tidak boleh gigit, nak" atau "jangan digigit, ya". Lama-kelamaan bayi akan mengerti bahwa menggigit puting merupakan hal yang salah. Kemudian setelah itu Mama boleh melanjutkan lagi menyusui bayi hingga ia mengerti dan tidak menggigit puting lagi.

Editors' Picks

3. Berikan makanan padat untuk dikunyah

3. Berikan makanan padat dikunyah
Freepik/valuavitaly

Saat bayi dalam proses pertumbuhan gigi, gusinya mungkin akan terasa gatal dan tidak nyaman sehingga selalu ingin mengunyah sesuatu. Maka dari itu, bayi sering kali menggigit puting ibu ketika sedang menyusu. 

Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan memberikan makanan yang dapat dikunyah oleh bayi. Mama bisa memberikan biskuit bayi atau buah-buahan untuk dikunyah. Cara ini juga efektif untuk menstimulasi pertumbuhan gigi pada bayi. 

4. Menyusui dengan posisi yang tepat

4. Menyusui posisi tepat
Freepik/cookie_studio

Selain faktor pertumbuhan gigi, posisi menyusui yang salah juga dapat menyebabkan bayi menggigit puting ibunya. Bayi bisa menggigit puting sebagai pertanda bahwa posisinya tidak nyaman sehingga mulutnya berada pada area yang tidak tepat.

Mama bisa menyusui pada posisi sedikit berbaring agar dapat mendorong bayi untuk menyusu lebih dalam. Jika Mama merasa posisi menyusui tidak nyaman, cobalah untuk mencari posisi yang santai dan rileks sehingga bayi pun ikut merasa nyaman.

5. Memberi perhatian lebih pada bayi

5. Memberi perhatian lebih bayi
Freepik/senivpetro

Saat menyusui si Kecil, cobalah berikan perhatian seperti memberikan sentuhan lembut serta tatap wajahnya yang sedang menyusu. Hal ini akan membuat bayi merasa nyaman dan tentunya dapat mengurangi gigitan.

6. Jangan langsung berteriak jika bayi tiba-tiba menggigit

6. Jangan langsung berteriak jika bayi tiba-tiba menggigit
Freepik/shurkin_son

Jika bayi tiba-tiba menggigit puting ibu tentunya akan terasa menyakitkan. Hal ini mungkin membuat ibu refleks berteriak karena terkejut. Namun, sebaiknya hindari berteriak saat bayi menggigit puting karena akan membuat bayi terkejut dan malah menggigit puting lebih keras. Selain itu, berteriak saat sedang menyusui juga dapat menyebabkan bayi menolak untuk menyusu pada payudara ibunya.

Nah itulah tips agar bayi tidak menggigit puting saat sedang menyusu. Mama tidak perlu khawatir karena seiring berjalannya waktu, bayi akan belajar untuk mengendalikan lidah dan giginya saat sedang menyusu hingga tidak menggigit puting lagi. Tetap semangat dalam menyusui si Kecil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.