Ibu Menyusui Makan Pedas, Benarkah Bisa Bikin Bayi Rewel?

Cari tahu di sini!

15 Mei 2022

Ibu Menyusui Makan Pedas, Benarkah Bisa Bikin Bayi Rewel
Freepik

Banyak busui yang percaya kalau mengonsumsi makanan pedas selama menyusui akan berdampak negatif pada bayi, salah satunya membuat bayi jadi rewel. Konsumsi makanan pedas seringkali dikaitkan dapat memicu masalah pencernaan pada bayi, seperti kolik dan diare.

Hal itulah yang akhirnya membuat Mama menghindari makanan pedas selama masa menyusui. Tapi, perlukah sampai demikian? Benarkah ibu menyusui yang makan makanan pedas bisa membuat bayinya jadi rewel?

Mari kita cari tahu lebih lanjut kebenaran soal ini dan kupas tuntas penyebab bayi rewel bersama Popmama.com.

Editors' Picks

Benarkah Bayi Jadi Rewel jika Ibu Menyusui Konsumsi Makanan Pedas?

Benarkah Bayi Jadi Rewel jika Ibu Menyusui Konsumsi Makanan Pedas
Pexels.com/naimbic

Tidak diragukan lagi, makanan pedas memang bisa menggugah selera makan. Sensasi rasa panas dan terbakar pada lidah dan mulut membuat makanan ini digemari oleh banyak orang, termasuk ibu menyusui.

Namun, ada anggapan bahwa konsumsi makanan pedas selama menyusui bisa bikin bayi jadi rewel. Hal ini kemudian membuat ibu menyusui jadi menahan keinginannya untuk mengonsumsi makanan pedas.

Padahal, mengonsumsi makanan pedas selama menyusui sebenarnya tidak apa-apa. Dikutip dari Verywell Health, hingga saat ini, hanya ada sedikit penelitian yang membuktikan kalau mengonsumsi makanan tertentu dapat membuat bayi jadi rewel.

Benar adanya kalau makanan pedas dapat mempengaruhi rasa ASI mama, akan tetapi hal ini tidak sampai memicu masalah pencernaan si Kecil yang membuat ia jadi rewel.

Penyebab Bayi Rewel Sesungguhnya

Penyebab Bayi Rewel Sesungguhnya
Pixabay/joffi
Penyebab bayi menangis terus menerus.

Bukan makanan pedas, ternyata ada banyak faktor yang membuat bayi rewel. Dikutip dari Mayo Clinic, ini beberapa penyebabnya:

  • Kolik,

  • Lapar,

  • Kesepian,

  • Kelelahan,

  • Merasa tidak nyaman,

  • Ingin digendong,

  • Kepanasan,

  • Kedinginan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Menyusui jika Makan Pedas

Hal Perlu Diperhatikan Ibu Menyusui jika Makan Pedas
Unsplash/Pablo Merchán Montes

Makanan pedas yang dikonsumsi mama selama masa menyusui memang tidak berpengaruh pada pencernaan si Kecil. Namun, usai menyantap makanan pedas, Mama tetap harus memperhatikan reaksi si Kecil saat menyusu.

Pasalnya, beberapa bayi sangat sensitif terhadap capsaicin yang terkandung dalam cabai. Sensitivitas terhadap zat ini kemudian dapat menyebabkan diare pada si Kecil.

Selain itu, Mama juga harus memperhatikan apakah ada gejala lain yang muncul, seperti si Kecil tampak kesakitan, tinja si Kecil berlendir atau berwarna hijau, sembelit, dan tidak mau menyusu.

Bila hal ini terjadi, maka pertimbangkanlah untuk membatasi makanan pedas yang Mama konsumsi. Meski begitu, gejala-gejala ini tidak semua berkaitan dengan respons tubuh si Kecil terhadap makanan pedas. Bisa jadi karena si Kecil mengalami alergi pada makanan tertentu.

Untuk itu, selain membatasi konsumsi makanan pedas, busui sebaiknya juga membatasi asupan minuman yang mengandung kafein, minuman beralkohol, serta makanan yang dapat memicu alergi, seperti seafood.

Setelah mengetahui kebenaran dari anggapan konsumsi makanan pedas selama menyusui bisa bikin bayi jadi rewel adalah tidak benar, Mama tidak perlu menghindari makanan pedas lagi.

Tapi, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan penuh gizi agar kebutuhan nutrisi si Kecil dapat tercukupi dengan baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk