6 Penyebab Munculnya Selaput Putih pada Mata Bayi Baru Lahir

Apakah munculnya selaput putih di mata bayi baru lahir berbahaya?

2 Juli 2022

6 Penyebab Muncul Selaput Putih Mata Bayi Baru Lahir
Maxpixel.net

Setiap Mama pasti mendambakan si Kecil terlahir dengan sehat. Namun nyatanya, ada saja hal yang terjadi pada si Kecil hingga membuat Mama khawatir, salah satunya yakni adanya selaput putih di mata bayi baru lahir.

Para Mama pasti bertanya-tanya, apakah keberadaan selaput putih tersebut berbahaya? Apa yang menjadi penyebab munculnya selaput putih di mata bayi baru lahir dan bagaimana cara mengobatinya?

Untuk mendapatkan penjelasan lengkap soal kondisi ini, simak rangkumannya dari Popmama.com yuk, Ma.

Penyebab Selaput Putih di Mata Bayi Baru Lahir

Penyebab Selaput Putih Mata Bayi Baru Lahir
Pexels/The Craft Wonder

Munculnya selaput putih pada mata bayi baru lahir sebenarnya merupakan hal yang umum dialami oleh si Kecil. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya penyumbatan pada saluran air mata bayi baru lahir.

Seperti dikutip Mom Junction, sekitar 20 persen bayi baru lahir mengalami penyumbatan pada saluran air matanya, meski kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 4-6 bulan.

Meski penyebab umum munculnya selaput putih di mata bayi yang baru lahir ialah saluran air mata yang tersumbat. Namun, tidak menutup kemungkinan, bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor lain.

Nah, berikut ini merupakan penyebab selaput putih di mata bayi baru lahir, di antaranya:

1. Konjungtivitis virus

1. Konjungtivitis virus
Freepik.com/jcomp

Kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh virus, iritasi, atau saluran air mata tersumbat.

Selain itu, konjungtivitis virus juga bisa terjadi karena bayi tertular virus dari cairan vagina mama saat proses persalinan. Konjungtivitis virus biasanya ditandai dengan mata merah, mata bengkak, dan muncul selaput putih secara terus menerus hingga bayi sulit membuka mata.

Editors' Picks

2. Konjungtivitis Bakteri

2. Konjungtivitis Bakteri
Pexels/Vidal Balielo Jr.

Selain disebabkan oleh virus, konjungtivitis juga bisa disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan adanya selaput putih di mata bayi baru lahir. Kondisi ini dapat menyebabkan mata si Kecil memerah dan terasa perih.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus, streptococcus, atau haemophilus.

3. Obstruksi duktus nasolakrimalis

3. Obstruksi duktus nasolakrimalis
pixnio.com

Obstruksi duktus nasolakrimalis atau saluran air mata yang tersumbat merupakan penyebab umum adanya selaput putih di mata bayi baru lahir. Kondisi ini terjadi ketika saluran hidung bayi tidak dapat mengeluarkan cairan dari mata.

Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dokter akan melakukan pijatan khusus pada bayi.

4. Alergi

4. Alergi
allergy-symptoms.org

Munculnya selaput putih pada mata bayi juga bisa disebabkan oleh alergi. Kondisi ini biasanya terjadi bila si Kecil sensitif terhadap perubahan dan faktor lingkungan, seperti serbuk sari, debu, atau asap.

Bila selaput putih tersebut muncul karena alergi, Mama bisa mengantisipasinya dengan menjauhkan si Bayi dari alergen pemicunya.

Selain itu, pastikan untuk memantau kondisi alergi bayi, Mama harus waspada agar bayi tidak mengalami anafilaksis atau alergi parah yang membuat si Bayi sampai kesulitan bernapas dan perlu dirawat di rumah sakit.

5. Tembel

5. Tembel
Katesurfs.com

Penyebab munculnya selaput putih pada mata bayi baru lahir selanjutnya yakni tembel. Tembel merupakan infeksi yang terjadi di dasar bulu mata yang disebabkan oleh staphylococcus aureus

Kondisi ini ditandai dengan timbulnya jerawat merah kecil yang bengkak di kelopak mata bawah. Pembengakakan pada area mata si Kecil mungkin saja disertai dengan keluarnya nanah berwarna kuning.

6. Cedera pada mata bayi baru lahir

6. Cedera mata bayi baru lahir
Freepik.com/rawpixel.com

Keluarnya selaput putih pada mata bayi juga bisa disebabkan oleh cedera pada mata bayi atau adanya akumulasi kotoran. Selain munculnya selaput putih pada mata, kondisi ini juga bisa menyebabkan kemerahan di sekitar pupil.

Itulah beberapa penyebab selaput putih di mata bayi baru lahir. Jika kondisi ini tidak berangsur membaik setelah 6 hingga 8 bulan, segera konsultasikan kondisi si Kecil ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk