5 Manfaat Pentingnya Mengajak Bicara Bayi Sejak Baru Lahir

Yuk, tetap ajak bicara si Kecil meski ia belum memahaminya

17 Oktober 2021

5 Manfaat Penting Mengajak Bicara Bayi Sejak Baru Lahir
Freepik/cookie_studio

Anak menjadi anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap pasangan. Sebagai anugerah yang diberikan Tuhan, setiap orangtua tentu diharuskan untuk merawat dan mendidik anak semaksimal mungkin.

Salah satunya dengan mengajak anak berbicara sebagai bentuk perkenalan komunikasi sejak usia dini. Begitu pula yang dilakukan pada bayi yang baru saja dilahirkan.

Komunikasi yang dilakukan bayi yang baru lahir umumnya hanya didapat melalui senyum, tertawa, atau tangisan saat ia merasa tidak nyaman. 

Meski belum memahami dan belum bisa merespon ucapan orangtuanya saat diajak bicara, namun mengajak bicara bayi ternyata memiliki peranan penting dan manfaat baik untuk tumbuh kembangnya, Ma.

Untuk mengetahui manfaatnya, kali ini Popmama.com telah merangkum apa saja manfaat berkomunikasi dengan bayi sejak baru lahir.

1. Mencegah bayi rewel

1. Mencegah bayi rewel
Freepik/cookie_studio

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa bayi cenderung mengeluarkan tangisan ketika merasa tidak nyaman ataupun lapar sebagai bentuk komunikasi pertama mereka.

Saat bayi mama menangis dan rewel, mengajak bicara rupanya bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Meski belum bisa merespon dan memahami apa yang diucapkan, namun adanya afeksi dari orangtuanya melalui obrolan dapat membantu mencegah bayi menjadi rewel, Ma.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kemampuan bahasa

2. Meningkatkan kemampuan bahasa
Pexels/Laura Garcia

Saat kecil, anak sudah banyak mendengar kosa kata baru yang ia dapat dari orangtua maupun orang sekitar yang mengajaknya bicara. Dengan rutin mengajak bicara bayi mama sejak baru lahir, ini juga bermanfaat baik untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa yang mereka miliki sejak usia dini, Ma.

3. Membuatnya lebih cerdas

3. Membuat lebih cerdas
Freepik/valuavitaly

Meneruskan poin sebelumnya, saat bayi mulai diajak berbicara, ini juga akan menjadi satu cara dalam meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini lantaran banyaknya kosa kata maupun ungkapan baru yang ia dengar dari orangtuanya.

Meski belum sepenuhnya memahami, namun seiring bertambahnya usia anak, maka nantinya ia akan memahami pentingnya berkomunikasi untuk tumbuh kembangnya.

4. Membantu anak belajar bicara

4. Membantu anak belajar bicara
Freepik/Jcomp

Jika sejak baru lahir sudah dibiasakan untuk diajak berbicara, maka ini juga akan dengan mudah membantunya belajar berbicara. Seiring bertambahnya usia, anak pun mulai mengikuti apa yang dilakukan orangtuanya. Meski baru sepatah dua patah kata, namun dengan rutin melakukannya akan membantu anak lebih cepat dalam belajar bicara.

5. Memperkuat bonding antara orangtua dan anak

5. Memperkuat bonding antara orangtua anak
Freepik/jcomp

Manfaat penting terakhir adalah meningkatkan kedekatan atau bonding antara orangtua dan anak. Saat Mama atau Papa mengajak bicara anak, ini akan membuat kedekatan dengan mereka semakin terbangun. Sebab kedekatan antara orangtua dan anak sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembang anak yang maksimal di kemudian hari.

Itulah 5 manfaat pentingnya mengajak bicara bayi sejak baru lahir. Jangan mengira bayi belum bisa diajak berkomunikasi, Ma. Justru komunikasi dengan anak bisa dimulai sejak ia baru dilahirkan ke dunia ini.

Yuk, tetap ajak bicara anak untuk membantu proses tumbuh kembang mereka, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.