5 Hal Penting yang Harus Dilakukan saat Memulai MPASI Pertama Bayi

Jangan panik, Ma! Yuk, siapkan hal-hal ini sebelum MPASI pertamanya

15 Oktober 2021

5 Hal Penting Harus Dilakukan saat Memulai MPASI Pertama Bayi
Unsplash/hui sang

ASI merupakan asupan nutrisi satu-satunya yang diperlukan oleh bayi sejak baru lahir. Namun, ketika bayi mama sudah memasuki usia 6 bulan, umumnya mereka sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Proses pemberian MPASI adalah pengalaman pertama bayi dalam berkenalan dengan ragam bentuk dan rasa makanan yang ada. 

Tetapi pada kenyataannya, tak sedikit Mama yang merasa bingung dan stres dengan persiapan MPASI yang harus dimulai si Kecil. Terlebih saat bayi mama menolak makanan yang sudah disiapkan, tentu membuat Mama semakin bingung, bukan?

Jika Mama mengalami hal tersebut, jangan langsung panik ya! Kali ini Popmama.com telah merangkum 5 hal penting yang harus Mama perhatikan untuk mempersiapkan MPASI pertama bayi.

Disimak dan persiapkan sebelum waktunya yuk, Ma!

1. Biasakan anak untuk makan dengan posisi yang benar

1. Biasakan anak makan posisi benar
Pixabay.com/5686750

Umumnya, bayi usia 6 bulan sudah mulai bisa didudukan. Saat memasuki MPASI pertamanya, Mama bisa melatih si Kecil untuk duduk di baby chair atau stroller sebagai kebiasaan baik sejak dini yang perlu ditanamkan.

Namun, jika si Kecil belum bisa duduk dengan benar, Mama bisa memberikan menyanggah baby chair atau stroller miliknya dengan bantal. Tujuannya adalah agar ia bisa bersandar dan tidak dalam posisi tiduran atau digendong ya, Ma.

Editors' Picks

2. Jangan memaksa anak, berikan jeda saat makan

2. Jangan memaksa anak, berikan jeda saat makan
Freepik/Prostooleh
Ilustrasi

Sebagai permulaan, mungkin si Kecil juga akan merasa kaget dan bingung dengan makanan pertamanya. Untuk itu, Mama bisa memberikan jeda padanya selama 10-15 menit untuk melanjutkan makannya lagi.

Namun ketika ia sudah menolak makanannya, maka sebaiknya hentikan dan bisa dicoba hari berikutnya ya, Ma. Hindari memaksa si Kecil untuk terus menghabiskan makannya yang justru bisa membuatnya trauma.

Selain itu, Mama juga bisa memberikan rentang waktu kepada si Kecil yang baru menyantap MPASI pertamanya. Hal ini bertujuan apakah bahan makanan tertentu memicu reaksi alergi atau tidak.

3. Memberikan makan 1-2 jam setelah menyusu

3. Memberikan makan 1-2 jam setelah menyusu
Freepik/Javi_indy

Sesuai dengan namanya yakni makanan pendamping ASI, makanan ini diberikan sebagai asupan nutrisi tambahan selain dari ASI. Sehingga saat anak sudah merasa cukup dengan ASI yang diberikan, Mama bisa memberikan menu MPASI pertamanya selama 1-2 jam setelah ia menyusu.

Jadi, MPASI bukan menjadi halangan untuk anak berhenti menyusu ya, Ma!

4. Memerhatikan jadwal MPASI pertamanya

4. Memerhatikan jadwal MPASI pertamanya
Pexels/AMSW Photography

Namanya proses, tentu tidak instan. Begitu pula dengan memberikan MPASI pertama pada si Kecil. Harus dengan kesabaran dan bertahap. Memerhatikan waktu makan anak juga penting dipersiapkan sebagai permulaan MPASI pertamanya.

Berdasarkan informasi waktu pemberian MPASI yang dimuat di laman Kementrian Kesehatan RI, telah diatur jadwal makan bayi usia 6 bulan. Berikut panduan yang bisa Mama perhatikan:

  • Pukul 06.00: Jadwal ASI. Si Kecil bisa minum ASI sampai cukup.
  • Pukul 09.00: Jadwal MPASI. Makanan yang bisa Mama berikan adalah puree buah atau jus dengan takaran 2-3 sendok makan. Selanjutnya bisa ditingkahkan secara perlahan takaran makanan hingga 125 ml MPASI setiap makan.
  • Pukul 12.00: Jadwal ASI. Berikan ASI sampai si Kecil merasa cukup, Ma.
  • Pukul 15.00: Jadwal MPASI kedua. Menu yang bisa Mama berikan masih sama yakni puree buah atau jus. Takarannya 2-3 sendok makan dan Mama bisa meningkatkan secara perlahan hingga 125 ml MPASI setiap makan.
  • Pukul 18.00: Jadwal ASI sampai si Kecil merasa cukup.
  • Pukul 21.00: Jadwal ASI sampai si Kecil merasa cukup.

5. Tidurkan terlebih dahulu jika mengantuk di jam makan

5. Tidurkan terlebih dahulu jika mengantuk jam makan
Pixabay/Daniela Dimitrova

Jika sudah memasuki jam makannya namun si Kecil terlihat mengantuk, sebaiknya Mama menidurkannya terlebih dahulu. Sebab memberi makan saat si Kecil mengantuk juga tidak baik dan justru akan membuatnya menjadi malas-malasan saat makan.

Saat sudah tertidur, nantinya ia akan merasa lebih lapar dan besar kemungkinan makan yang Mama siapkan pun akan lebih cepat ia terima tanpa cranky. Jadi memudahkan pekerjaan Mama juga tentunya.

Itulah 4 hal penting yang perlu dipersiapkan untuk menyambut MPASI pertama bayi mama. Jangan langsung panik dan bingung ya, Ma. Yuk, persiapkan semuanya secara perlahan dan tetap semangat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.