Pertama di Dunia, Bayi Laki-Laki di Irak Lahir dengan 3 Penis

Tim medis terpaksa melakukan tindakan operasi pengangkatan alat kelamin

4 April 2021

Pertama Dunia, Bayi Laki-Laki Irak Lahir 3 Penis
Pexels/pixabay
Ilustrasi

Kabar mengejutkan datang dari seorang bayi asal Irak. Pasalnya, baru-baru ini sang Bayi diketahui lahir dengan tiga penis. Dilansir dari 7News, kasus ini merupakan catatan pertama dari anomali tubuh yang langka atau disebut dengan kasus triphallia.

Dilansir Daily Mail, ada sekitar 100 kasus Diphallia atau lahir dengan dua alat kelamin, tercatat di seluruh dunia. Tetapi menurut laporan InternationalJournal of Surgery Case Reports, kasus Triphallia ini baru pertama terjadi di Irak.

Lantas, apa yang menjadi penyebab sang Bayi lahir dengan tiga penis? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Editors' Picks

1. Diketahui sejak masih dalam kandungan

1. Diketahui sejak masih dalam kandungan
Freepik/serhii_bobyk

Dalam laporannya, orangtua bayi pernah melaporkan dugaan pembengkakan janinnya. Namun setelah tim dokter meneliti, bayi yang dikandung justru memiliki kelamin ganda.

Tim yang dipimpin oleh Dr Shakir Saleem Jabali, menulis dalam International Journal of Surgery Case Reports bahwa anak tersebut memiliki skrotum yang bengkak dan tonjolan kulit yang ditemukan menjadi dua penis ekstra.

2. Menjadi bayi pertama dengan kasus Triphallia

2. Menjadi bayi pertama kasus Triphallia
Pexels/kpaukshtite

Seperti yang sudah disebutkan, kasus Triphallia sendiri belum pernah dilaporkan sampai anomali tubuh sang Bayi diketahui. Tim medis pun hingga kini masih mencari tahu apakah bayi tersebut terpapar obat-obatan ketika berada dalam kandungan, atau alami kelainan genetik.

Meski penyebabnya hingga saat ini masih belum terpecahkan, pakar urologi setempat menerangkan bahwa tidak ada satu pun dari kelamin tambahan tersebut yang mempunyai uretra. Inilah yang membuat tim medis melakukan tindakan operasi pada sang Bayi.

Tndakan operasi pengangkatan kelamin ekstra yang melekat pada tubuh sang bayi dilakukan lantaran hanya satu alat kelamin sang bayi yang berfungsi. Sehingga dua lainnya yang melekat pada batang penis dan bawah skrotum harus diangkat melalui operasi karena tidak memiliki uretra.

    3. Saat ini sang bayi sudah berusia 3 bulan

    3. Saat ini sang bayi sudah berusia 3 bulan
    Freepik/senivpetro

    Setelah jurnal penelitian terhadap kasus tersebut dirilis, sang Bayi yang tak disebutkan identitasnya dan berasal dari suku Kursi tersebut kini sudah berusia tiga bulan. Sehingga sebelumnya tim medis sudah melakukan tindakan operasi pada bayi tersebut.

    Setelah dilakukan operasi pengangkatan, Dr Shakir Saleem Jabali selaku penulis jurnal berujar kini sang Bayi berhasil sembuh tanpa efek samping dan tidak ditemukan anomali lain pada organ tubuh lainnya.

    Itulah berita mengenai bayi laki-laki di Irak yang lahir dengan tiga penis. Semoga tidak ada lagi bayi yang mengalami hal tersebut ya, Ma.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.