Jangan Salah, Ini 4 Cara Merawat Bayi Prematur agar Cepat Gemuk!

Bayi prematur membutuhkan perhatian khusus agar tumbuh kembangnya bisa maksimal

3 Desember 2021

Jangan Salah, Ini 4 Cara Merawat Bayi Prematur agar Cepat Gemuk
Freepik/Praisaeng

Bayi yang lahir prematur biasanya memiliki berat badan lahir rendah. Kondisi tersebut sering membuat para mama khawatir akan risiko kesehatan yang bosa terjadi. Oleh karenanya Mama dan Papa wajib memerhatikan kenaikan berat badan bayi yang lahir prematur.

Dikutip dari Baby Center, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memastikan bayi prematur memiliki berat badan yang terus naik dari waktu ke waktu pertumbuhannya.

Berikut Popmama.com rangkum cara merawat bayi prematur yang lengkap!

1. Berikan makanan yang bergizi sesuai tahapan usia

1. Berikan makanan bergizi sesuai tahapan usia
Unsplash/Aditya Romansa

Memberikan bayi prematur ASI adalah salah satu hal penting dan bisa langsung dilakukan. ASI akan membangun kesehatan dan kekuatannya, membantu ususnya berkembang dan melindunginya dari infeksi. ASI kolostrum, susu pertama yang bergizi saat pertama kali bayi lahir bisa langsung diberikan. Kolostrum memberikan nutrisi terkonsentrasi dan berprotein tinggi.

Jika bayi tidak cukup kuat untuk menyusu secara langsung, maka Mama bisa memberikannya dengan memerah ASI dan diberikan kepadanya dengan menggunakan media lain seperti sendok atau pipet.

Ingat, baik memerah atau memberi bayi ASI secara langsung, pastikan Mama mengosongkan payudara agar ASI selalu diproduksi dengan cukup. Mama juga harus menjaga asupan makanan agar ASI kaya nutrisi untuk bayi.

Berbeda dengan bayi yang lahir normal, bayi prematur harus diberi makan sesuai jadwal. Jadi perhatikan kapan dia telah mendapatkan ASI-nya, dan beri dia ASI secara berkala.

Biasanya ASI diberikan setiap 2-3 jam sekali walaupun harus membangunkan bayi ketika dia tidur nyenyak. Setelah bayi berusia sekitar 4-5 bulan , lakukan konsultasi ke dokter bayi dan berbicara tentang MPASI (makanan pendukung ASI) untuk bayi.

Editors' Picks

2. Penuhi kebutuhan dasar bayi dengan baik

2. Penuhi kebutuhan dasar bayi baik
Unsplash/Jimmy Connover

Kontak dari kulit ke kulit menguntungkan untuk orangtua dan bayi prematur. Menggendong bayi dan bersentuhan langsung ke kulit juga bermanfaat untuk:

  • Membantunya menambah berat badan.
  • Menjaga kehangatan tubuhnya.
  • Mengatur detak jantung dan pernapasannya.
  • Membantunya menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur nyenyak.
  • Membantunya lebih sedikit menangis.
  • Memberikan kesempatan menyusui yang lebih baik.

Selanjutnya, pijat adalah bagian penting lainnya untuk membantu menambah berat badan bayi prematur. Bayi prematur dengan berat lahir rendah merespons dengan baik terhadap sentuhan atau belaian lembut. Menggunakan minyak akan memudahkan aktivitas pijat dan lebih nyaman untuk bayi. Namun, hal ini harus dengan persetujuan dokter anak ya.

3. Memantau perkembangan bayi secara teratur

3. Memantau perkembangan bayi secara teratur
Unsplash/Angela Duxbury

Menimbang dan mengukur bayi adalah cara yang berguna untuk memastikan bahwa ia tumbuh sesuai harapan. Secara umum, bayi akan ditimbang saat lahir dan secara teratur di minggu-minggu berikutnya. Setelah pulang, dokter akan memberi tahu frekuensi pemeriksaan lanjutan ke depannya.

Jika berat badan bayi tidak naik seperti yang diharapkan, dokter biasanya akan meninjau nutrisi dan rutinitas bayi yang biasa dia lakukan di rumah. Kemudian memberikan analisis apa saja yang harus diperbaiki atau ditambah.

Mama atau Papa diharapkan memiliki penilaian tersendiri yang akurat mengenai keadaan bayi selama di rumah ini. Pasalnya orangtua adalah orang yang paling mengenal bayi mereka dan yang paling paham mengenai perubahan apa pun dalam perilaku atau kesehatannya. Jika ada tanda-tanda yang mengkhawatirkan, segera bicarakan dengan dokter.

4. Merawatnya dengan penuh cinta

4. Merawat penuh cinta
Freepik/KamranAydinov

Memberi bayi mama dan papa banyak cinta, perhatian, dan kasih sayang akan membantunya tumbuh secara fisik dan emosional dengan baik. Jadi jangan lupa dan ragu untuk peluk, sentuh, tersenyum, dengarkan, dan bermain dengan bayi kapan pun Mama dan Papa bisa. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, dapat membantu bayi prematur berkembang terutama terkait berat badan mereka.

Ingat, jangan terlalu membandingkan berat badan bayi prematur dengan bayi lain pada usia sebenarnya. Mama perlu menggunakan usianya yang telah dikoreksi atau disesuaikan untuk menilai perkembangannya.

Itulah tadi cara merawat bayi prematur agar cepat gemuk yang bisa Mama dan Papa ikuti. Dengan tips ini, semoga kenaikan berat badan bayi prematur diharapkan lebih maksimal. Mama dan Papa juga jangan lupa berkonsultasi dan berkomunikasi dengan dokter kepercayaan untuk memantau sang Bayi ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.