Gemas, Bayi Baru Lahir Diberikan Pelindung Wajah untuk Cegah Covid-19

Pelindung wajah dapat melindungi bayi dari percikan droplet penyebab Covid-19

17 April 2020

Gemas, Bayi Baru Lahir Diberikan Pelindung Wajah Cegah Covid-19
Instagram.com/jktinfo

Penularan virus corona bisa terjadi di mana saja dan pada siapa saja, termasuk bayi yang baru lahir. Itulah salah satu hal yang dikhawatirkan para Mama yang akan melahirkan.

Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, RSIA Tambak, Jakarta, memberikan pelindung wajah atau face shield pada setiap bayi yang baru lahir. Bayi-bayi mungil tersebut tampak menggemaskan lho, Ma.

Meski menggunakan pelindung wajah selama berada di rumah sakit, bayi-bayi baru lahir tersebut terlihat sangat nyaman dan tidak terganggu.

Diberikan atas inisiatif pihak rumah sakit

Diberikan atas inisiatif pihak rumah sakit
Instagram.com/jktinfo

Pelindung wajah tersebut diberikan sebagai bentuk inisiatif pihak rumah sakit untuk mencegah penularan virus corona.

Menurut dr. Pulung M. Silalahi, SpA, dokter spesialis anak, RSIA Tambak, yang berhasil diwawancara oleh pihak Popmama.com pada hari Kamis (16/2/2020), pemberian pelindung wajah tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen para dokter untuk menjaga bayi baru lahir dari ancaman virus corona.

“Meski jumlahnya sedikit, tapi sudah ada bayi yang tertular virus corona, tentu kami tidak ingin bayi-bayi baru lahir ini ikut tertular virus corona, apalagi kalau masker mulut kan tidak bisa dipakaikan pada bayi karena khawatir mereka sesak napas dan tidak nyaman,” kata dr. Pulung.

Editors' Picks

Membuat para Mama merasa tenang

Membuat para Mama merasa tenang
Instagram/JonathanBorba

Penggunaan pelindung wajah pada bayi baru lahir tersebut juga membuat para Mama merasa tenang. Awalnya, banyak Mama yang khawatir untuk melahirkan bayi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Inisiatif pemberian pelindung wajah untuk bayi ini membuat para Mama akhirnya merasa lega dan lebih tenang.

Apalagi pihak rumah sakit juga memberikan pelindung wajah bayi yang bisa mereka bawa pulang. Jadi mereka tetap bisa menggunakannya pada si Kecil kapanpun dibutuhkan.

Dibuat secara mandiri oleh perawat

Dibuat secara mandiri oleh perawat
Unsplash/Jonathan Borba

Pelindung wajah yang digunakan oleh para bayi dibuat secara mandiri oleh para perawat di RSIA Tambak. Hal tersebut dilakukan guna memastikan setiap face shield yang diberikan terjamin kehigienisannya.


 

Protokol persalinan saat pandemi virus corona

Protokol persalinan saat pandemi virus corona
Unsplash/Jimmy Connover

Mewabahnya virus corona saat ini tentu saja mengubah banyak prosedur di rumah sakit. Begitupun dengan protokol proses persalinan.

“Kami melakukan screening pada setiap ibu yang mau melahirkan di sini, mulai dari risiko penularan, hingga rapid test dan tes lab lainnya sesuai kebutuhan, hal ini dilakukan guna memastikan keamanan semua pasien dan petugas di rumah sakit,” papar dr. Pulung.

dr. Pulung berharap setiap rumah bersalin menjalankan protokol tersebut untuk menjamin keselamatan semua pihak dan membuat setiap Mama yang akan bersalin merasa lebih tenang.

Mama tidak perlu khawatir

Mama tidak perlu khawatir
Unsplash/Angela Duxbury

Mama yang sebentar lagi akan melahirkan sebaiknya tidak perlu khawatir dengan proses persalinan yang akan dihadapi kelak. Mama bisa berkonsultasi dengan dokter yang selama ini menangani Mama, bagaimana antisipasi dokter agar Mama dan si Kecil tidak berisiko tertular virus corona saat melahirkan nanti.

Mama boleh menyampaikan kekhawatiran Mama. Mama juga bisa menanyakan pada pihak rumah sakit bagaimana proses bersalin di rumah sakit tersebut di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan banyaknya informasi yang Mama peroleh, Mama bisa terhindar dari rasa panik berlebih, yang justru bisa menghambat proses persalinan.

Jadi tetap tenang dan semoga persalinan Mama berjalan lancar, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.