5 Bahaya Memakaikan Bando Bayi Baru Lahir, Bisa Hambat Pertumbuhan

Untuk mempercantik penampilan bayi perempuan, banyak Mama memakaikan aksesori seperti bando

15 Juli 2021

5 Bahaya Memakaikan Bando Bayi Baru Lahir, Bisa Hambat Pertumbuhan
Freepik

Ketika Mama memiliki bayi perempuan, Mama tentu ingin mendandani si Kecil agar terlihat semakin cantik. Untuk mempercantik penampilannya, Mama akan memakaikan aksesori seperti headband atau pita rambut. Bayi yang memakai aksesori rambut tentu terlihat semakin cantik dan menggemaskan. 

Namun, mendandani bayi perempuan tidak bisa dilakukan secara sembarangan ya, Ma. Apabila Mama tidak tepat saat memakaikan aksesori rambut di kepalanya, tentu itu bisa menyebabkan rasa tidak nyaman hingga menyakiti si Kecil. 

Oleh karena itu, Mama perlu memahami terlebih dahulu kemungkinan bahaya yang bisa ditimbulkan saat Mama memakaikan aksesori rambut pada si Kecil.

Lantas, apa saja kemungkinan bahaya yang bisa dirasakan bayi? Berikut ini Popmama.com rangkum lima bahaya memakaikan bando bayi. 

1. Menghambat pertumbuhan tulang tengkorak

1. Menghambat pertumbuhan tulang tengkorak
Freepik

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tengkorak bayi memiliki tujuh tulang. Dikutip dari You’re Mom, tujuh tulang di tengkorak bayi diikat oleh sambungan lunak yang ditutupi oleh selaput. Hal ini berfungsi untuk melindungi tengkorak bayi dari tekanan. 

Tekanan yang terlalu kuat pada tengkorak bayi bisa menghambat pertumbuhan tengkorak. Padahal, otak yang bertambah besar akan berpengaruh pada pertumbuhan ukuran tengkorak si Kecil.

Beberapa ahli kesehatan juga mengklaim bahwa bando bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

Oleh karena itu, Mama perlu berhati-hati saat memakaikan bando. Pilihlah bando yang tidak terlalu kencang agar tidak mengganggu pertumbuhan tengkorak si Kecil. 

Editors' Picks

2. Bisa tertelan

2. Bisa tertelan
Freepik

Seiring bertambahnya usia, bayi akan suka mengeksplor benda-benda di sekitarnya, termasuk memasukkan hampir semua benda ke mulutnya. Apabila bayi menggunakan bando yang sangat tipis dan halus, maka tidak mungkin bayi akan menelannya hingga menyebabkan tersedak. 

Apabila bayi tidak dapat memasukkan bando ke mulutnya, si Kecil juga bisa mengambil manik-manik atau hiasan bunga di bando, kemudian dimasukkan ke mulut. Itulah sebabnya, Mama perlu mengawasi si Kecil apabila ingin memakaikan headband

3. Menutupi ubun-ubun

3. Menutupi ubun-ubun
Freepik

Pemakaian bando juga bisa menutup ubun-ubun bayi. Saat ini, beberapa ahli kesehatan hanya mengklaim tentang pengaruh bando pada perkembangan otak bayi. Meski begitu, belum ada larangan khusus untuk pemakaian bando. Namun, bukan berarti Mama bisa memakaikan bando setiap saat. 

Mama tetap harus memerhatikan bando yang dipakaikan di kepala bayi. Hindari meletakkan bando di atas ubun-ubun karena bisa menghambat kerja ubun-ubun sebagaimana mestinya. 

4. Menyebabkan nyeri

4. Menyebabkan nyeri
Freepik

Kemungkinan masalah selanjutnya adalah bando menimbulkan rasa nyeri pada kepala bayi, terutama jika ukurannya tidak sesuai dengan kepala si Kecil. Apabila ukuran bando terlalu kecil, tentu bayi akan merasa tidak nyaman karena kepalanya terasa tertekan. 

Selain ukuran bando, bahan dasar bando juga memengaruhi kemungkinan masalah yang ditimbulkan. Bahan yang terlalu kasar bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala bayi, terutama bayi yang memiliki kulit cukup sensitif. 

5. Menjerat leher bayi

5. Menjerat leher bayi
Freepik

Terakhir, kebiasaan menarik-narik headbandjuga bisa menjerat leher bayi. Sebab, bando yang terus ditarik akan merosot ke leher dan berpotensi menjerat leher si Kecil. 

Bayi tentu saja belum bisa mengomunikasikan rasa tidak nyamannya saat memakai bando. Oleh karena itu, Mama perlu lebih peka dan mengawasi si Kecil yang memakai bando. Jangan memilih bando yang tidak sesuai dengan ukuran kepala bayi dan terbuat dari bahan yang kasar. 

Mama juga sebaiknya tidak memakaikan bando terlalu sering ke kepala bayi. Pakaikan bando ketika hendak bepergian saja. Biarkan kepala bayi bisa bergerak bebas dan lebih nyaman tanpa bando ketika berada di rumah. 

Nah, itulah bahaya memakaikan bando pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.