Prihatin, Bayi Baru Lahir di Nganjuk Terkonfirmasi Positif Covid-19

Penyakit Covid-19 bisa menyerang siapa saja, mulai bayi hingga orang dewasa.

28 Oktober 2020

Prihatin, Bayi Baru Lahir Nganjuk Terkonfirmasi Positif Covid-19
www.ohiohomebirth.com

Penyakit Covid-19 bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang tua. Seperti diberitakan, seorang bayi berjenis kelamin perempuan yang baru lahir di Nganjuk, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19. 

Bayi itu termasuk satu dari 12 kasus Covid-19 di Nganjuk dalam dua hari terakhir. Berikut rangkuman Popmama.com tentang bayi positif Covid-19 tersebut.

Editors' Picks

1. Tertular dari sang Ibu

1. Tertular dari sang Ibu
www.babystepsonline.net

Bayi tersebut diketahui tertular virus corona dari ibunya. Informasi tersebut juga dibenarkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Nganjuk, Hendriyanto. 

Dia mengatakan, sebanyak 12 kasus positif Covid-19 di Nganjuk dalam dua hari terakhir terdiri dari enam perempuan dan enam laki-laki. 

Selain bayi, ada pula satu pasien laki-laki berusia 10 tahun asal Kecamatan Patianrowo yang juga terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Ada bayi perempuan baru sehari dilahirkan asal Kecamatan Kertosono, terkonfirmasi positif setelah tertular ibunya," kata Hendriyanto.

2. Update data kasus Covid-19 di Nganjuk

2. Update data kasus Covid-19 Nganjuk
www.fswomensspecialists.com

Kasus Covid-19 di Nganjuk terus meningkat. Jumlah akumulatif pasien Covid-19 hingga Selasa (27/10/2020) mencapai 595 kasus. 

Sebanyak 498 orang dari total keseluruhan kasus telah dinyatakan sembuh. Sedangkan sebanyak 61 orang dilaporkan meninggal dunia akibat Covid-19. 

"Untuk yang dirawat di sejumlah rumah rujukan dan rumah darurat sebanyak 33 orang," ujar Hendriyanto. 

Seiring peningkatan kasus harian Covid-19 tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 Nganjuk terus intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Tentu hal itu dilakukan dalam upaya menyadarkan dan menjaga kesehatan masyarakat agar tidak tertular virus berbahaya tersebut. Yakni meminta warga memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau 3M," tutur Hendriyanto.

Gejala Bayi Terkonfirmasi Covid-19

Gejala Bayi Terkonfirmasi Covid-19
missmum.at

Dokter Adam Prabata sebagai Kandidat Doktor Medical Science di Kobe University, Jepang menjelaskan gejala yang dialami bayi yang tertular Covid-19 dari ibunya. 

Melalui Instagram pribadinya @adamprabata, dr. Adam mengatakan memang belum banyak pembahasan mengenai bayi baru lahir yang tertular Covid-19.  

"Baru-baru ini, terdapat beberapa penelitian baru tentang penularan Covid-19 pada bayi baru lahir," ucap dr. Adam dalam unggahannya.  

Berdasarkan rangkumannya, sekitar 70,5 persen penularan dapat terjadi setelah bayi terlahir ke dunia, lalu 17,3 persen penularan pada bayi baru lahir terjadi saat persalinan.  

Selain itu, sekitar 12,2 persen virus bisa menular pada bayi baru lahir karena terjadi penularan kongenital. Artinya bayi tertular Covid-19 saat masih di dalam kandungan.  

Menurut dr. Adam, bayi baru lahir bisa mengalami penularan kongenital Covid-19 karena virus berada di darah tali pusar atau darah bayi pada 12 jam pertama setelah lahir atau pada cairan ketuban sang Mama. 

Adam menyampaikan, diketahui terdapat 55 persen bayi baru lahir yang terinfeksi Covid-19 memiliki gejala. Gejala yang timbul umumnya berupa demam, gangguan pencernaan, hingga gangguan saraf. 

"52 persen mengalami gejala pernapasan, 44 persen mengalami gejala demam, 36 persen mengalami gejala pencernaan dan 18 persen mengalami gejala saraf," begitulah keterangan dari dr. Adam.  

Selain itu, dijelaskan bahwa 64 persen bayi baru lahir dengan Covid-19 memiliki gambaran paru yang abnormal. Sebanyak 38,2 persen bayi baru lahir dengan kondisi positif Covid-19 butuh masuk ke ruang ICU.  

Oleh sebab itu, Mama yang sedang hamil pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan sehingga si Kecil yang baru lahir bisa tetap sehat serta terhindar dari ancaman virus corona. 

Itulah informasi mengenai bayi baru lahir di Nganjuk yang tertular Covid-19. Semoga setelah kejadian ini tidak ada lagi bayi yang tertular virus corona ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.