Bisa Dilakukan Sejak Dini, Ini 5 Cara Melatih Bayi Tengkurap

Setiap bayi membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk bisa tengkurap

16 April 2021

Bisa Dilakukan Sejak Dini, Ini 5 Cara Melatih Bayi Tengkurap
Freepik

Bayi umumnya membutuhkan waktu sekitar lima sampai enam bulan untuk bisa tengkurap. Sebelumnya, bayi akan belajar menggeser badan atau menggerakkan lengan dan kaki hingga akhirnya berguling dan tengkurap. 

Perlu diketahui bahwa setiap bayi membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk bisa tengkurap. Ada yang bisa tengkurap lebih cepat pada usia 3-5 bulan, namun sebagian bayi lainnya terlambat tengkurap hingga usia 6-7 bulan. Salah satu penyebab bayi terlambat tengkurap adalah lahir secara prematur. 

Bayi lahir prematur membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan ototnya dibanding bayi lahir cukup bulan. Lantas, adakah cara untuk melatih si Kecil untuk bisa tengkurap?

Mama bisa melakukan lima cara melatih bayi tengkurap yang dirangkum Popmama.com di bawah ini.

1. Melatih tummy time

1. Melatih tummy time
Freepik/yaoinlove

Faktanya tengkurap bisa dilatih sedini mungkin sejak bayi berusia satu bulan. Cara tersebut biasa disebut tummy time. Mama bisa melatih tummy time selama lima menit setiap harinya. Lakukan cara tersebut secara berulang hingga bayi bisa tengkurap dengan sendirinya. 

Namun, Mama tak bisa melakukan tummy time secara sembarangan. Pastikan otot bayi terutama lehernya sudah kuat karena si Kecil harus mengangkat kepalanya sendiri. Tummy time juga harus diawasi karena bisa berisiko menyebabkan sudden infant death syndrome (SIDS). 

Bayi mungkin merasa tidak nyaman ketika melakukan tummy time. Oleh karena itu, Mama harus melatihnya secara hati-hati, bisa mulai tengkurap di atas dada mama sebelum di kasur atau lantai. Jika bayi mulai merasa tidak nyaman, sebaiknya jangan memaksa si Kecil untuk melakukannya.

Editors' Picks

2. Mengganti posisi menyusui

2. Mengganti posisi menyusui
Freepik/yaoinlove

Bayi umumnya secara otomatis mencari lokasi puting payudara ketika waktunya menyusu. Oleh karena itu, Mama bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk melatih bayi tengkurap. 

Mama bisa memposisikan bayi tengkurap di perut saat hendak menyusu. Posisi tersebut bisa membuat bayi merasa nyaman hingga memacu si Kecil untuk bergerak ke arah puting payudara. 

Bayi akan melatih keseimbangan dengan sendirinya selama Mama masih mengawasinya. Sebab, ketika Mama mengawasi si Kecil, itu menandakan ada interaksi antara Mama dan bayi.  

3. Bantu bayi berguling hingga tengkurap

3. Bantu bayi berguling hingga tengkurap
Freepik/user11472009

Telah disinggung sebelumnya bahwa bayi akan menggeser badan atau menggerakkan lengan dan kaki hingga akhirnya berguling ke posisi tengkurap. Namun, saat hendak tengkurap untuk pertama kali, bayi akan mengalami kesulitan membalikkan badan mereka.

Oleh karena itu, Mama bisa membantu mendorong tubuh si Kecil secara perlahan hingga berguling ke posisi tengkurap. Saat hendak tengkurap, bayi biasanya akan rewel karena merasa posisinya tidak nyaman. Mama bisa memberikan semangat kepada si Kecil dengan memberikan ekspresi lucu atau kata-kata positif. 

4. Menarik perhatian bayi dengan mainan

4. Menarik perhatian bayi mainan
Freepik/yuliaisupova

Cara lainnya untuk melatih bayi tengkurap adalah menarik perhatian si Kecil dengan menaruh mainan di depannya. Mainan lucu bisa memperbaiki suasana hati bayi yang mudah bosan dan merasa tidak nyaman ketika tengkurap. 

Mama bisa memilih mainan berwarna cerah atau mainan yang menimbulkan bunyi-bunyian. Selain memperbaiki suasana hati bayi, menaruh mainan biasanya mampu melatih si Kecil untuk tengkurap dengan sendirinya. Bayi pun akan belajar mengangkat kepala hingga menopang badan menggunakan lengan. 

5. Jangan terlalu sering menggendong bayi

5. Jangan terlalu sering menggendong bayi
Freepik/User6014584

Apabila Mama ingin melihat si Kecil cepat tengkurap, maka jangan terlalu sering menggendong bayi atau menaruhnya di stroller. Kebiasaan tersebut dikhawatirkan bisa membatasi kesempatan dan kemauan bayi untuk menggerakkan tubuh dan melatih kekuatan ototnya. 

Melatih bayi tengkurap memang membutuhkan cara khusus agar si Kecil tidak mudah bosan dan patah semangat. Terpenting adalah Mama jangan cepat menyerah ketika si Kecil terlambat tengkurap.

Yuk, latih bayi tengkurap!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.