Kisah Baim Wong Bantu Evakuasi Bayi Usia 1 Bulan saat Banjir

Bagaimana kisah lengkapnya?

22 Februari 2021

Kisah Baim Wong Bantu Evakuasi Bayi Usia 1 Bulan saat Banjir
Instagram.com/baimwong

DKI Jakarta dan sekitarnya diterjang banjir setelah hujan deras pada Jumat (19/2/2021) malam hingga Sabtu (20/2/2021) dini hari. Ketinggian banjir pun beragam, bahkan ada rumah yang tenggelam akibat banjir. 

Misalnya di Bintaro, Tangerang Selatan, ketinggian banjir bahkan hampir menutupi atap rumah warga. Oleh karena itu, warga pun harus dievakuasi dari rumah untuk mengungsi. 

Tak ingin berdiam diri di rumah, artis Baim Wong juga turun ke lapangan untuk membantu evakuasi warga di wilayah Bintaro. Baim juga membagikan kisahnya saat membantu evakuasi warga dalam video di akun Youtube Baim Paula, Minggu (21/2/2021). Baim bahkan berkesempatan untuk mengevakuasi bayi berusia satu bulan. 

Seperti apa kisahnya? Popmama.com telah merangkum kisah Baim Wong yang membantu evakuasi korban banjir seperti berikut.

Editors' Picks

1. Naik perahu karet

1. Naik perahu karet
Freepik/bilanol
ilustrasi banjir

Proses evakuasi tidak berjalan mudah sehingga Baim Wong harus naik perahu karet bersama sejumlah petugas untuk mencapai rumah warga. Menurut penjelasan Baim, ketinggian banjir mencapai tiga meter. 

Dalam tayangan video di akun Youtube-nya, tampak puing-puing dan sampah yang mengambang di air banjir. 

“Jadi, kemarin itu sekitar tiga meter di sini (ketinggian banjir). Mungkin sekarang sudah satu meter 20 sentimeter. Sampahnya banyak banget di sini, kasihan,” kata Baim ketika berada di atas perahu karet. 

2. Bantu lansia turun dari lantai 2 rumah

2. Bantu lansia turun dari lantai 2 rumah
Freepik/poemsuk

Warga yang pertama kali dievakuasi adalah seorang laki-laki lansia yang tengah menderita diabetes. Laki-laki itu juga sulit berjalan dan hanya bertahan di lantai dua rumahnya selama banjir. 

Baim bersama warga sekitar kemudian membantu lansia tersebut untuk turun dari lantai dua rumahnya. Secara perlahan, laki-laki paruh baya itu pun melangkahi balkon rumah sembari digendong warga. 

Baim kemudian memanjat tembok rumah yang berada di sebelah rumah korban banjir tersebut untuk memastikannya bisa turun dengan selamat. 

“Enggak apa-apa Pak, aman,” ujar Baim sambil memastikan lansia tersebut bisa sampai di perahu karet. 

3. Bantu evakuasi ibu dan bayi usia 1 bulan

3. Bantu evakuasi ibu bayi usia 1 bulan
Pixabay/terimakasih0
ilustrasi

Proses evakuasi pun berlanjut hingga petugas menemukan seorang ibu dan bayinya berusia satu bulan yang terjebak banjir. Ibu dan sang Bayi itu bahkan harus menapaki atap seng untuk keluar dari rumah menuju perahu karet. 

Dengan sigap, Baim kemudian membantu evakuasi dengan mengambil bayi itu dari tangan ibunya. Dia terlebih dahulu membawa sang Bayi ke perahu karet. 

“Sini ya, bismillah ya,” kata Baim sambil mengulurkan tangannya untuk menggendong bayi usia 1 bulan itu. 

Untuk menenangkan bayi, Baim juga mengajak si Kecil berbincang. 

“Enggak boleh nangis ya,” ujar Baim sambil memeluk dan menatap bayi tersebut. 

Sementara itu, Baim tetap menggendong bayi sembari menunggu sang Mama turun dari rumahnya menuju perahu karet. Petugas kemudian membawa ibu dan bayi tersebut ke puskesmas setempat untuk mengungsi. Dalam perjalanan menuju puskesmas, Baim tetap menggendong bayi tersebut. 

Demikian kisah Baim Wong saat mengevakuasi korban banjir berusia satu bulan. Selama proses evakuasi, Baim tetap menggunakan masker dan sesekali menyemprotkan hand sanitizer. Pandemi virus corona tidak menghalangi Baim untuk turut serta menolong korban banjir. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.