Mana yang Lebih Baik untuk Bayi, Tidur di Ruang Terang atau Gelap?

Mama bisa membiasakan menempatkan si Kecil di ruang gelap saat bayi telah tertidur lelap

29 September 2020

Mana Lebih Baik Bayi, Tidur Ruang Terang atau Gelap
Pexels/Tookapic

Salah satu kebutuhan utama bayi yang baru lahir adalah tidur. Kualitas tidur yang baik bermanfaat bagi tumbuh kembang si Kecil. Jika bayi mama kurang tidur, maka si Kecil bisa rewel seharian dan memengaruhi aktivitas mama. 

Saat malam hari, Mama dapat membiarkan si Kecil tidur terpisah di kamarnya sendiri atau bersama mama dalam satu kamar yang sama. Hanya saja, sebagian besar mama mungkin masih bingung sebaiknya lampu kamar dibiarkan menyala atau dimatikan ya saat si Kecil tidur?

Berikut Popmama.comakan menjelaskan kondisi lampu yang cocok untuk bayi yang baru lahir. 

Editors' Picks

Ruangan Gelap Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Bayi

Ruangan Gelap Bermanfaat Pertumbuhan Bayi
Unsplash.com

Beberapa ahli menyarankan agar bayi yang baru lahir tidur di ruang gelap atau memiliki cahaya redup. Alasannya, pada malam hari tubuh bayi memproduksi hormon melatonin. Hormon tersebut bermanfaat untuk mengontrol siklus bangun dan tidur si Kecil. Apabila hormon melatonin diproduksi secara optimal, maka bayi bisa memiliki siklus tidur yang baik dan berpengaruh baik pada tumbuh kembangnya. 

Tidur di Ruangan Terang Membuat Tidur Bayi Terganggu

Tidur Ruangan Terang Membuat Tidur Bayi Terganggu
pediatricsotayranch.com

Selama sembilan bulan bayi berada dalam rahim dengan pencahayaan yang redup. Oleh karena itu, kondisi kamar dengan cahaya terang akan membuat tidur bayi terganggu. Bayi akan mudah terbangun saat tidur di ruang terang. 

Bayi yang baru lahir pun masih belajar untuk membedakan siang dan malam. Kondisi ruangan yang gelap akan membantu si Kecil belajar perbedaan siang dan malam serta waktu untuk tidur. Jika Mama terus membiasakan bayi untuk tidur di ruang gelap, maka secara tidak langsung Mama juga mengajarkan si Kecil untuk tidur dengan jadwal yang konsisten. 

Tidur di Ruang Terang Diperbolehkan Hingga Usia 2 Bulan

Tidur Ruang Terang Diperbolehkan Hingga Usia 2 Bulan
www.freepik.com

Bayi sebenarnya tak masalah tidur di ruang terang hingga berusia dua bulan. Selanjutnya, Mama harus membiasakan si Kecil tidur di ruang gelap agar tubuhnya bisa memproduksi hormon melatonin secara optimal. Membiasakan si Kecil tidur di ruang gelap juga mengajarkan penyesuaian diri dengan ritme tidur orang dewasa. 

Meskipun demikian, jangan biarkan bayi berusia di bawah dua bulan untuk tidur seorang diri di kamarnya dengan kondisi pencahayaan yang gelap. Sebab, kondisi tersebut bisa membuat si Kecil takut.

Itulah kondisi pencayahaan kamar yang baik saat bayi tidur. Mama bisa membiasakan menempatkan si Kecil di ruang gelap saat bayi telah tertidur lelap. Ruangan gelap memang pilihan terbaik untuk bayi, namun di sisi lain Mama juga harus memerhatikan durasi tidur si Kecil sesuai usianya, ya. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.